jakarta-selatan

Ini Detail Suzuki Swift Sport Terbaru

  • Sep 13, 2017
  • 3168 Dilihat

Suzuki Swift Sport akhirnya menampakkan diri di Frankfurt Motor Show 2017. Versi kencang generasi terbaru Suzuki Swift memiliki tongkrongan lebih lebar, ceper dan agresif. Diklaim oleh Swift Sport chief engineer, Masai Kobori, generasi teranyar ini dirancang lebih ringan, kencang dan lebih merangsang dari segala aspek.


Bukan lagi sekadar hatchback biasa, Swift Sport merupakan hot hatch yang juga siap melibas aspal sirkuit. Pengembangannya pun tak main-main. Segala sektor ditingkatkan, agar Swift Sport masuk dalam teritori melawan hot hatch lain.


Suzuki Swift Sport 2017 (3)


Performa jelas menjadi perhatian utama Suzuki. Mereka berupaya menciptakan rasio torque-to-weight atau perbandingan antara torsi dan bobot yang pas. Berarti harus menghasilkan torsi besar dan bobot kendaraan ringan. Dengan mengandalkan mesin BOOSTERJET berkapasitas 1,4-liter, tenaga tercapai 140 PS dan torsi sebesar 230 Nm.


Tergolong kecil dan terdengar biasa. Itu sebabnya, dibutuhkan penghematan bobot besar-besaran agar tercipta rasio torsi maksimal. Berat versi sport dari generasi terbaru Swift ini hanya 970 kg, atau lebih ringan 80 kg dibanding Swift Sport terdahulu. Hasilnya, rasio torque-to-weight sebesar 4,2 kg/Nm. Menjadikannya sangat kompetitif dengan hot hatch di atas kertas.




Suzuki-Swift_Sport-2018-1024-0a
Mesin Suzuki Swift Sport Boosterjet bertenaga 140 PS

Seluruh output mesin, tetap tersalur menuju roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan. Transmisi ini masih sama seperti digunakan Swift Sport terdahulu. Hanya mengalami tuning ulang agar perpindahannya bisa lebih cepat dari rasio gear yang sudah tergolong rapat. Terbayang betapa nikmatnya perpindahan gigi Swift Sport.


Bobot ekstra-ringan merupakan kontribusi platform baru HEARTECT, yang juga digunakan Suzuki Ignis dan Suzuki Baleno. Struktur rangka bodi yang lebih menyatu dan tidak lagi banyak terpisah-pisah, guna menambah rigiditas dan mengurangi material besi yang hanya menambah berat. Semakin rigid dan ringan, menunjang pengendalian lebih baik lagi.


Sasis ringan ditunjang kemampuan pengendalian yang dibenahi dari model sebelumnya. Agar tercipta pengendalian yang lebih lincah dan presisi, suspensi depan dan belakang dipasangkan shock absorber merek Monroe yang memiliki reputasi besar di level performa tinggi. Sudut-sudut chamber dihitung ulang, agar lebih stabil di tikungan dan meminimalisir understeer yang kerap terjadi di mobil FWD. Ternyata Suzuki memanjangkan sedikit wheelbase Swift Sport sebesar 2 cm. Begitu pula tapak ban yang lebih lebar 40 mm dan lebar keseluruhan mobil juga 40 mm. Kuda-kudanya juga menjadi lebih ceper 1,5 cm.


Suzuki Swift Sport 2017 (5)


Tampilan luar dipersangar pilar A hitam, aksen serat karbon dan body kit lengkap. Pelek 17-inci terlihat penuh mengisi wheel arch yang membuat postur lebih sempurna. Kesan sport bagian interior, dihiasi lingkar kemudi dengan bidang datar di bagian bawah. Selebihnya tak banyak berbeda dari Swift standar. Seperti sistem audio layar sentuh 7-inci yang menawarkan fitur koneksi AppleCarplay dan Android Auto.


Fitur keselamatan ternyata tak dilupakan sama sekali. Meski fokus pada performa sportnya, Swift Sport dibenami fitur safety mutakhir seperti forward collision warning, emergency braking, lane-departure warning, adaptive cruise control, automatic high beam dan lainnya.


Baca juga: Suzuki Kenalkan Swift Hybrid di Jepang

Shares

Video Suzuki Swift 2017

Lihat video terbaru Suzuki Swift 2017 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer