IMX 2018 Realisasikan Diecast Civic Type R Custom Jadi Nyata

IMX 2018 Realisasikan Diecast Civic Type R Custom Jadi Nyata
Gambar
Review Pengguna

Modifikasi mobil itu biasa. Modifikasi diecast (mobil mainan) juga bukan hal baru. Indonesia Modification Expo (IMX) 2018, mencoba sesuatu yang beda dengan menggabungkan kedua unsur. Mereka bakal menyulap modifikasi die cast Honda Civic Type R jadi wujud nyata. Dari skala 1:64 ke 1:1. Bagaimana caranya?

Sebagai langkah awal, IMX bekerja sama dengan Indonesia Diecast Expo, (IDE) membuat kompetisi modifikasi diecast. Kegiatan dilakukan di ICE BSD Tangerang pada 3-4 November 2018. Lalu tiga juri dari IMX, modifikator mobil dan IDE, berembuk menentukan satu pemenang. Diecast Civic Type R yang juara, nantinya diumumkan di IMX, sekaligus unveiling versi mobil nyatanya.

Tantangan terbesar acara ini adalah waktu. Pasalnya, penyelenggaraan IMX dilakukan pada 17-18 November 2018, berselang dua minggu dari IDE. Jadi, proses modifikasi Civic Type R versi nyata harus cepat dilakukan. Supaya semua itu dapat terlaksana dengan baik, IMX dan IDE membuat peraturan khusus untuk para peserta kompetisi. Misal modifikasi tidak boleh ekstrem (bolt on). Peserta hanya boleh menambahkan beberapa komponen dan eksplorasi di pewarnaan dan grafis.

"Ini istimewa dari miniatur ke real. Buat teman-teman diecaster tentu jadi satu kebanggaan sendiri. Setahu saya kegiatan seperti ini di Indonesia baru pertama kali ada," jelas Penyelenggara IDE, Arya Lembana di Jakarta, hari ini (12/9).

Penyelenggara IMX, Andre Mulyadi, yakin kegiatan unik ini bisa berlangsung sukses meski waktunya mepet. Hanya saja, dia mewanti-wanti, pengunjung jangan terlalu berharap soal kemiripan diecast dengan versi nyata. Terlebih IMX hanya mengaplikasikan kesamaan modifikasi dari tema eksterior saja.

"Kalau pelek kita gak ganti. Interior juga tidak. Decal sama add on (tambahan bodi kit) yang bakal diwujudkan dengan tema yang sama seperti versi diecast," papar Andre.

Kehebatan Civic Type R

Civic Type R merupakan varian terbuas Honda Civic. Mobil ini memiliki spesifikasi yang mendekati tunggangan balap. Honda membekalinya dengan jantung mekanis berkapasitas 2.0 liter VTEC turbo. Mesin ini sanggup menyemburkan daya 310 PS dan torsi monster 400 Nm yang dikirimkan ke penggerak roda depan melalui transmisi manual 6-speed.

Keistimewaan lain dari Civic Type R memiliki tiga mode berkendara: Sport, Comfort dan Ultimate +R. Dalam kondisi standar, Anda bisa pilih mode Sport. Bila mau lebih rileks, turunkan switch ke mode comfort. Jika ingin performa maksimal silakan pindah ke mode sport ultimate +R.

Dengan spesifikasi seperti itu, Civic Type R sukses memecahkan rekor kecepatan di tiga sirkuit kenamaan dunia. Mobil ini sudah mengklaim sebagai hatchback berpenggerak roda depan (FWD) tercepat yang mengitari sirkuit Magny-Cours, Spa-Franchorchamps dan Silverstone. Luar biasa! (Lod/Odi)

Baca Juga: Puluhan Brand Aftermarket Ramaikan Indonesia Modification Expo 2018, Banyak Diskon!

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store