• Wishlist

Harga Mirip, Mending Suzuki XL7 Beta atau Ertiga Sport?

Harga Mirip, Mending Suzuki XL7 Beta atau Ertiga Sport?

Suzuki Indomobil Sales (SIS) menawarkan XL7 dalam tiga varian. Rentang harganya Rp 230 - 267 juta. Banderol itu sedikit beririsan dengan varian Ertiga Sport. Harga Suzuki Ertiga Sport MT Rp 250 juta dan Rp 260,5 juta untuk pilihan transmisi otomatis. Mesin dan sejumlah fiturnya pun sama antara Ertiga Sport dengan XL7, khususnya varian Beta dan Alpha. Lantas pilih yang mana?


Tak perlu bingung menentukan pilihan. Tinggal kembali pada penilaian dasar, seperti penampilan. Ya, paling membedakan Ertiga Sport dengan XL7 adalah parasnya. Suzuki meracik ulang wajah Ertiga untuk menghasilkan XL7, termasuk bentuk lampu depan. Kalau Ertiga Sport memakai grille kromium padat, XL7 memakai aksen gelap dengan palang tebal kromium melintang pada grille. Bumper sedikit direvisi, menyesuaikan dengan karakter SUV XL7.


Suzuki XL7 Beta


Masih dari penampilan luar, XL7 sebagai SUV sarat dengan cladding hitam di bagian bawah bodi. Kemudian dipermanis dengan aksen perak skid plate di depan, samping dan belakang. Sedangkan Ertiga Sport juga memakai baju ekstra ketimbang Ertiga. Postur seolah lebih rendah berkat tambahan bodykit. Ertiga Sport punya spoiler di belakang. Untuk XL7, cuma tipe Alpha yang sudah dilengkapi spoiler.


Pelek yang digunakan XL7 sudah 16 inci, sedang Ertiga Sport tetap 15 inci. Ground clearance pun berbeda, 180 mm berbanding 200 mm untuk XL7. Oh ya, untuk menguatkan kadar SUV, XL7 punya bekal roof rail. Tak cuma buat gaya, bisa dimanfaatkan untuk memasang roofbox misalnya.


Pembeda signifikan datang dari sektor lampu. XL7 sudah memakai LED, sedang Ertiga Sport belum. Lampu siang hari DRL LED, keduanya punya. Pada XL7 posisinya dekat lampu utama dan otomatis menyala. Sedang Ertiga Sport berada di atas rumah lampu kabut dan harus menekan tombol untuk mengaktifkannya. Milik XL7 terlihat natural, lantaran memang dibekali DRL sejak awal. Sedang pada Ertiga Sport terlihat seperti modifikasi dengan memasang DRL aftermarket.


ertiga suzuki sport


Kabin keduanya sangat mirip. Tema serba hitam, kombinasi kulit dan fabric pada jok, layar infotainment, tombol start/stop engine, AC digital Auto climate dengan fungsi pemanas dan balutan kulit pada kemudi serta tuas transmisi. Semua ada pada XL7 dan Ertiga Sport. Bedanya cuma sedikit, Ertiga Sport memakai aksen kayu pada dasbor dan pintu, sedangkan XL7 serat karbon.


Fitur safety tak berbeda jua. Masing-masing punya rem ABS+EBD, dual SRS airbag, kamera parkir mundur, Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Hold Control.



Lagi, tak perlu bingung karena sudah jelas perbedaannya. Lebih kepada selera desain yang punya andil pemilihan. Namun dengan nilai kebaruan, XL7 lebih menarik dipinang. Apalagi, harganya bisa dibilang lebih murah. Tipe Beta MT ditawarkan Rp 246,5 juta, Beta AT Rp 257 juta. XL7 Beta punya semua fitur yang ada pada Ertiga Sport, plus nilai SUV yang dibawanya. Selain itu, XL7 murni produk baru Suzuki, sedang Ertiga Sport adalah modifikasi racikan SIS. Malah kalau ada sedikit lebihan bujet, bisa sekalian meminang XL7 Alpha AT dengan diferensiasi Rp 6,5 juta saja dari Ertiga Sport AT. (Tom/Odi)


Baca Juga: Intip 5 Hal Menarik Tentang Suzuki XL7

Bandingkan & Rekomendasi