Fitur Safety Mitsubishi Mirage di Thailand Semakin Canggih

Fitur Safety Mitsubishi Mirage di Thailand Semakin Canggih
Gambar
Review Pengguna

Pamor Mitsubishi Mirage di Indonesia memang redup. Berdasarkan data whole Januari sampai Mei 2018, hanya terkirim sebanyak 259 unit. Tampak kerepotan melawan rival di segmen city car 1,2-liter seperti Suzuki Ignis, Honda Brios RS dan Daihatsu Sirion. Padahal, sebagai produk global, Mirage memiliki kualitas yang patut dipuji.

Jelas butuh perubahan agar Mirage kembali memiliki keunggulan bersaing. Seperti yang dilakukan Mitsubishi Thailand, dengan menambahkan dua fitur keselamatan canggih ke dalam Mirage spek lokal sana. Dua teknologi berbasis sensor itu adalah sistem Forward Collision Mitigation (FCM-LS) dan Radar-Sensing Misacceleration Mitigation (RMS-FORWARD). Fitur yang biasanya ada di mobil-mobil mewah, kini mulai tersedia di segmen yang jauh lebih murah.

FCM-LS merupakan sistem untuk mencegah tabrakan frontal dengan mobil di depannya. Rata-rata sedan premium Eropa sudah dilengkapi fitur ini. Menggunakan radar yang terletak di balik kaca spion dalam, bertugas memonitor jarak dengan kendaraan depan. Bila terlalu dekat dan berpeluang terjadi tabrakan, sistem memberi peringatan ke pengemudi untuk mengurangi laju. Meski belum dikombinasikan rem otomatis, tentu sangat membantu dalam menambah kewaspadaan berkendara.

Sementara RMS-FORWARD juga memakai radar untuk memantu area depan. Tugasnya, mencegah benturan dengan objek bila terjadi akselerasi mendadak yang tidak disengaja. Jarak objek yang dipantau sampai 4 meter. Misal mobil diparkir tepat menghadap tembok. Bila pedal akselerator terinjak tak sengaja, mesin langsung memutus tenaga dan rem segera aktif tanpa pedalnya diinjak. Tentunya meminimalisir risiko kerusakan akibat kecerobohan pengemudi.

Dua fitur baru menambah safety Mirage selain dual SRS airbag, ABS+EBD+BA, Active Stability Control (ASC), Traction Control System (TCL) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya fitur keselamatan, Mitsubishi Thailand juga menambah koneksi Apple CarPlay yang terintegrasi di head unit. Semuanya tersedia sebagai fitur standar di varian GLS Limited.

Bagaimana dengan Mirage lokal yang notabene rakitan Thailand? Sepertinya tidak mungkin, karena spesifikasi dasarnya saja sudah amat berbeda. Kalaupun ditambahkan, pasti harganya bakal melonjak tajam. Di sini, Mirage terbagi dalam varian GLX, GLS dan Exceed. Varian tertingginya belum punya ASC, TCL, HSA dan cruise control seperti Mirage Thailand termahal. (Odi)

Baca Juga: Ini Tampang Mitsubishi Mirage Baru?

Sumber: Zigwheels

Jelajahi Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage Rp 173 - Rp 197,5 Juta Cicilan : Rp 3,95 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store