Mitsubishi Mirage dan Lancer Bakal Punya Generasi Baru?

Mitsubishi Mirage dan Lancer Bakal Punya Generasi Baru?
Gambar
Review Pengguna

Di Indonesia, aktivitas penjualan dan impor Mitsubishi Mirage berhenti. Pasarnya makin tergerus mobil LCGC, yang berbanderol lebih miring. Namun apakah mereka punya kesempatan untuk melahirkan generasi lanjutan? Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation, Trevor Mann, mengatakan kendaraan penumpang masih vital.

Mirage Exterior

Meskipun, ia mengakui ada penurunan global dalam penjualan dan tingginya serapan SUV. “Kami sedang meninjau produk kami. Dan kami tidak mengatakan ya, kami juga tidak mengatakan tidak (untuk Mirage, Red). Tetapi jelas kami memiliki beberapa ide soal itu. Khususnya Asean, kecenderungan umum pasar bergerak menuju SUV. Jadi saat ini profitabilitas pada sedan dan kendaraan hatchback ditekan,” paparnya, seperti dilansir GoAuto di Thailand.

Sementara itu, Mitsubishi Motors Corporation corporate vice-president of product strategy Vincent Cobee mengatakan, kendaraan penumpang masih mewakili sebagian besar volume global. Seolah ada upaya untuk melahirkan kembali generasi penerus Mirage dan Lancer.

"Jika kami memproyeksikan lima tahun, total pasar global menjadi 110-115 juta mobil. Dan mobil penumpang tetap punya porsi 40-50 juta. Saya tahu, semua orang berbicara soal pertumbuhan serta tren SUV dan itu benar. Angkanya sebanyak 35-37% dari total pasar saat ini dan itu masih terus berkembang. Tetapi tidak menghilangkan fakta, tetap ada 40-50 juta mobil yang menjadi mobil penumpang tradisional,” paparnya.

Terkait itu, Cobee menegaskan ada proyek yang mulai dikerjakan. Bisa saja sebagai penerus Mirage, yang beroperasi sejak 2012. "Kami belum mengumumkan apa pun soal Mirage berikutnya. Tapi kami punya platform. Jadi Aliansi memiliki platform yang disebut CMF-B, sehingga kemungkinan Mirage berikutnya berada di platform CMF-B, tetapi belum diputuskan,” akunya.

Platform CMF-B ini, juga diharapkan untuk mendukung lahirnya generasi Nissan Juke, Renault Clio dan Captur. Siklusnya semua jatuh tempo dalam beberapa tahun ke depan. Sementara Lancer juga bisa bermigrasi ke dalam arsitek di dalam aliansi perusahaan. "Ini (Lancer berikutnya) tidak akan selalu berada di platform Renault Megane, jika kita berbicara tentang kendaraan penumpang. Melihat pada ukurannya, itu berada di platform CMF-C," tukas Cobee.

Di pasar Thailand, mobil penumpang Mitsubishi Mirage hatchback dan Lancer terjual 6.289 unit dalam 10 bulan pertama tahun ini. Besarannya sekitar 8,9% dari total 70.685 unit penjualan sejak dikenalkan. Padahal produksi Lancer berakhir pada Agustus lalu dan Mirage menjadi satu-satunya yang masih bertahan. Semoga saja generasi lanjutan lebih garang. (Alx/Van)

Sumber: Go Auto

Baca Juga: SUV Pertama Aston Martin Bernama DBX

Jelajahi Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage Rp 173 - Rp 197,5 Juta Cicilan : Rp 3,95 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store