Dunlop Enasave EC300+, Ramah Lingkungan dan Hemat BBM

Dunlop Enasave EC300+, Ramah Lingkungan dan Hemat BBM

Bogor - Dunlop hari ini, Rabu (08/02) memperkenalkan produk terbarunya, Enasave EC300+ di Sirkuit Sentul, Bogor. Ban dengan desain yang berbeda dari sebelumnya ini diklaim lebih nyaman saat digunakan berkendara dan dapat membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar.


“Tak hanya soal kenyamanan, Dunlop Enasave EC300+ juga memberikan umur pemakaian yang panjang serta dapat berkontribusi dalam memangkas konsumsi bahan bakar hingga lebih efisien," papar Dekri Mulyadi, Assistant Manager Technical Servis PT Sumi Ruber Indonesia, selaku produsen ban Dunlop di Indonesia.


Dunlop Enasave EC300 2017 01


Dekri menambahkan, dalam pengembangan produk terbaru, Dunlop juga memperhatikan keselamatan pada kendaraan. "Produk yang juga menjadi ban OEM (Original Equipment Manufacturer) pilihan banyak pabrikan Jepang ini, telah menyesuaikan dengan kebutuhan mobil berukuran sedang yang jadi pilihan konsumen otomotif tanah air. Dan tentu juga memperhatikan nilai keselamatan yang tinggi," jelasnya.


Rencananya, Dunlop Enasave EC300+ ini baru resmi dipasarkan mulai Maret 2017 mendatang. Sebelum resmi dipasarkan, Dunlop mengajak media menjajal kemampuan Enasave EC300+ di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, dengan menghadirkan berbagai tahap pengujian.


Tahap uji pertama yang dilakukan ialah Low Rolling Resistance (LRR) atau tes hambatan gulir ban. Hambatan gulir lebih rendah menunjukkan ban lebih mudah menggelinding yang artinya tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan mobil lebih ringan sehingga menghemat bahan bakar. Selanjutnya ialah wet braking performance, atau uji pengereman di jalan basah. Test ini untuk mengetahui daya cengkeram di permukaan jalan yang licin karena digenangi air.


Dunlop Enasave 2017 02


Tes yang ketiga adalah Feeling test yang terdiri dari Linearity test (tes pindah lajur), yakni untuk mengetahui stabilitas mobil ketika berpindah lajur pada kecepatan tertentu. Slalom test (stability), untuk mengetahui keandalan pengendalian ketika mobil melalui jalan yang berkelok. Noise test (tes kebisingan), untuk mengetahui tingkat kebisingan dan kenyamanan sebuah ban ketika mobil melewati permukaan jalan yang tidak rata.


Dunlop menyatakan, saat ini ban terbarunya Enasave EC300+ sudah digunakan para pabrikan mobil seperti Toyota All New Kijang Innova, Sienta, Grand New Veloz, Grand New Avanza. Honda BR-V, New Mobilio dan Daihatsu Great New Xenia. Berangkat dari kepercayaan dari banyak pabrikan mobil, itu sebabnya Dunlop percaya bila Enasave EC300+ akan dapat diterima dengan baik di pasar otomotif tanah air.


Baca juga: Cara merawat ban supaya lebih selamat dan tahan lama.

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store