Beli Suzuki Ignis Baru Atau Mobil Low MPV Bekas?

Beli Suzuki Ignis Baru Atau Mobil Low MPV Bekas?

Ignis, produk terbaru Suzuki yang diluncurkan pertengahan April lalu di Indonesia. Mobil ini masuk segmen hatchback, meski Suzuki mengatakan Ignis merupakan kendaraan Urban SUV. Dengan desain menarik serta beragam fitur, Ignis diterima dengan baik karena penjualanya terbilang lumayan.

Selain desain dan fitur, harga yang ditawarkan Suzuki juga terbilang kompetitif. Ignis dipasarkan mulai Rp 130 jutaan hingga yang tertinggi Rp 160 jutaan. Bahkan, penjualan Ignis langsung menempati posisi tiga besar di segmen hatchback dalam data Gaikindo.

Ignis menarik

Harga yang ditawarkan Suzuki untuk Ignis bersaing dengan produk lain, termasuk mobil di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sejatinya merupakan segmen mobil paling laku di tanah air. Bukan tanpa alasan mobil segmen ini paling laris, pasalnya mampu menampung banyak orang dan juga memiliki mesin yang irit dan bisa diandalkan. Bahkan produk di segmen ini masih jadi buruan, meski bekas sekalipun.

Lantas, mending pilih mana? Suzuki Ignis baru atau mobil di segmen low MPV bekas? Bila dilihat dari harganya, mobil bekas yang bisa Anda pilih dengan harga setara Suzuki Ignis yakni Toyota Avanza G 2015 bertransmisi manual dijual di kisaran Rp 166 juta atau ada juga Suzuki Ertiga tahun 2015 tipe GL yang dijual Rp 159 jutaan.

Selain itu, masih terdapat beberapa pilihan mobil bekas lain dengan harga serupa Ignis yang bisa Anda pilih di situs oto.com yang menawarkan beragam pilihan mobil baru maupun bekas.

Ertiga laris

Masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Bila Anda lebih tertarik membeli Ignis, maka Anda bisa memiliki kendaraan berkapasitas empat penumpang dengan ragam fitur modern seperti LED Projector dengan Daytime Running Light (DRL) untuk tipe tertingginya, roof rail, pengaturan suhu kabin (AC) digital, head unit terkoneksi radio, CD, USB MP3, WMA, sampai konektivitas bluletooth.

Mobil ini juga memiliki fitur seperti smart entry dan tombol start-stop. Mobil dapat mendeteksi kunci dalam radius 80 cm dan akan membukakan kunci untuk Anda. Tak perlu lagi memencet tombol di remote. Masuk mobil, tinggal pencet tombol start dan mesin langsung hidup. Selain memudahkan, fitur ini juga menambah faktor keamanan.

Fitur keselamatan Suzuki Ignis sangat lengkap. Sistem pengereman sudah Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta Brake Assist (BA). Untuk pengemudi dan penumpang depan, terdapat dual SRS Airbag.

Seluruh sabuk pengaman sudah pretensioner dengan force limiter. Untuk keluarga yang memiliki balita, Suzuki menyiapkan kursi belakang ISOFIX supaya tidak kesulitan memasang child seat. Namun untuk mesin, yang ada hanya berkapasitas 1.2 liter bertenaga 83 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm.

Xenia hantam mobilio di pasar retail

Pilihan kedua, produk mobil bekas di segmen low MPV. Mobil-mobil jenis ini dapat menampung hingga tujuh penumpang di dalamnya. Selain unggul dari kapasitas penumpang, mobil layaknya Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia bekas juga memiliki ground clearence lebih tinggi dibanding Ignis (Ertiga 185 mm, Xenia 200 mm). Ground clearance memberikan keleluasaan bagi Anda untuk melewati jalanan yang kurang mulus. Untuk mesin juga rata-rata mobil di segmen ini memiliki kapasitas 1.3 liter hingga 1.5 liter.

Namun perlu diperhatikan kembali jika Anda meminang mobil bekas. Anda harus ekstra memilih dan cermati, apakah mobil yang Anda beli dalam kondisi prima. Tidak seperti Ignis baru yang sudah pasti dijamin dengan garansi. Terkadang mobil bekas yang ditawarkan di pasaran memiliki beberapa permasalahan baik dari sektor mesin, kaki-kaki, pendingin udara hingga elektrikalnya. Tidak jarang ada mobil bekas yang dijual dalam kondisi kurang baik akibat bekas tabrak atau terkena banjir.

Ada baiknya faktor di atas Anda pertimbangkan, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Mending Innova baru atau...?

Jelajahi Suzuki Ignis

Model Mobil Suzuki

  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
  • Suzuki APV Luxury
    Suzuki APV Luxury
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Karimun Wagon R GS
    Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Suzuki Karimun Wagon R
    Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki SX4 S Cross
    Suzuki SX4 S Cross
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno
Mobil Suzuki

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Suzuki Ignis Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Suzuki Ignis

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang