Beda Karakter Konsumen, Toyota Corolla Cross Tak Ganggu Pasar C-HR

Beda Karakter Konsumen, Toyota Corolla Cross Tak Ganggu Pasar C-HR
Gambar
Review Pengguna

Toyota Corolla Cross datang tak lama setelah debut di Thailand. Berdasarkan banderol tertulis di situs resmi, mobil itu lebih mahal dari C-HR. Terutama versi hybrid. Kondisi sebaliknya terjadi di Tanah Air. Harganya jauh lebih murah, tak sampai Rp 500 jutaan dengan selisih mencapai Rp 50 jutaan. Kondisi ini bukan tak mungkin menyebabkan pergeseran minat pelanggan.

Apalagi sesama pengguna platform TNGA (Toyota New Global Architecture) GA-C dapat diadu spesifikasi. C-HR lebih unggul soal performa dan fitur keselamatan, tapi bedanya tipis. Jantung mekanis peminum bensinnya menghasilkan 141 PS, sementara Corolla Cross 140 PS. Perangkat keselamatan dan keamanan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS) dan tujuh airbag dapat ditemukan. Tapi ketambahan Blind Spot Warning System.

Walau begitu, Corolla Cross terutama versi hybrid dipersenjatai pintu bagasi otomatis dengan sensor kaki. Fungsionalitas yang mampu menggoda pelanggan. Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pemegang merek resmi di Indonesia pun menyadari. Namun, perkiraannya tak signifikan. Lantaran ada ketidaksamaan karakter konsumen terhadap keduanya.

Baca Juga: Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross, Bagus Mana?

Menurut Direktur Pemasaran PT. Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy saat konferensi pers, model baru lebih menyasar pelanggan yang mencari kenyamanan untuk seluruh penumpang. Tak hanya dari sisi pengemudi. Berbeda dengan C-HR, cocok bagi konsumen yang mementingkan desain terpusat pada pengemudi.

Corolla cross rear end

Bicara desain, C-HR sengaja dibuat untuk pasar global. Artinya sesuai minat konsumen dari berbagai negara di dunia, terutama Eropa. Gaya yang cukup ekstrem menjadi keunikan utama yang membedakan. Sementara Corolla Cross lebih berorientasi ke Asia. Termasuk fitur dan fungsionalitasnya.

Baca Juga: Menakar Persaingan Toyota Corolla Cross Berdasarkan Harga

“Jadi kalau duduk di C-HR terasa layout sangat driver oriented dan suspensi lebih rigid. Sedangkan Corolla Cross mengutamakan comfortness, tidak hanya driver tapi juga penumpang. Jadi balance; family dan individu. Perbedaan itu kami rasa dapat meningkatkan penjualan, walau pasti ada kanibal,” jelasnya.

Terlepas dari itu, Toyota berharap kehadirannya dapat membantu menggeliatkan kembali pasar otomotif Tanah Air. Situasi pandemi tak dapat dipungkiri berdampak besar bagi industri. “Kami sudah merencanakan peluncurannya. Market memang menurun dibanding tahun lalu, tapi sudah mulai recovery. Rasanya ini waktu tepat, sekaligus jadi stimulan pasar supaya bisa naik lagi. Overall SUV jadi salah satu tren di luar MPV,” tutup Jimmi. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Mengulas Varian dan Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross

Jelajahi Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross Rp 463,51 - Rp 518,48 Juta Cicilan : Rp 10,58 Juta

Bandingkan & Rekomendasi