Baru Hadir Bulan Lalu, Hyundai Staria Makin Dilirik Penggemar MPV Premium

Baru Hadir Bulan Lalu, Hyundai Staria Makin Dilirik Penggemar MPV Premium

Hyundai Staria resmi hadir pada Agustus lalu, artinya baru sebulan dipasarkan di Tanah Air. Tapi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengklaim MPV premium tersebut mendapatkan pemesanan puluhan unit sejak peluncurannya. Staria menawarkan dua varian yang dapat dipilih calon konsumen yakni 7 tempat duduk sebagai varian teratas dan 9 penumpang sebagai varian yang lebih murah. Model MPV besar ini dibanderol mulai Rp 888 juta dan Rp 1,020 juta.

“Responnya sangat baik dengan kehadiran Staria ini. Kami juga cukup suprising. Seminggu setelah peluncuran banyak yang memberi respon dan sampai dengan saat ini sudah dipesan 70 unit,” ucap Chief Operating Officer PT HMID, Makmur, di sela acara test drive Hyundai Staria, (8/9/2021).

Soal komposisi varian yang dipesan, Makmur mengungkapkan antara varian 7 penumpang dan varian 9 penumpang Hyundai Staria cukup berimbang. Jumlahnya sekitar 70 persen untuk varian 7 penumpang dan 30 persen untuk 9 penumpang. “Tapi sekarang 9 seater meningkat pemesananya. Awalnya memang sedikit, terlihat memang trennya bergeser, mulai berimbang,” ucap Makmur.

Makmur juga mengungkapkan, selain pembeli baru Hyundai, pembeli Staria banyak juga merupakan konsumen Hyundai lama. Beberapa diantaranya adalah pembeli Palisade yang menambahkan kendaraannya di rumah.

“Ada yang bikin kaget juga karena ada beberapa konsumen yang memiliki Palisade, kini juga membeli Staria, bahkan sebelum peluncuran. Ini salah satu hal yang mengejutkan. Mereka cari tahu produk dan percaya pada Hyundai,” ucap Makmur.

Pembeli Staria diungkapkan terbanyak berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Makmur mengungkapkan ada juga beberapa wilayah di luar Jakarta yang jumlahnya mulai meningkat seperti Cirebon, Surabaya dan Semarang.

Baca juga: Kesan Pertama Hyundai Staria, Lampaui Pakem MPV Mewah

Hyundai Staria

Dampak Kelangkaan Microchip

Soal waktu tunggu pemesanan Staria, Hyundai mengungkapkan MPV premium tersebut memiliki waktu tunggu antara satu hingga dua bulan. Ini bergantung pada warna mobil atau warna interior yang dipilih oleh calon konsumen terhadap produk buatan Korea tersebut. Staria memang menawarkan detail warna eksterior dan interior. Konsumen misalnya dapat memilih detail eksterior dengan brass chrome atau piano black pada Staria.

“Tergantung warna. Kita kemarin sudah supply 30 unit ke konsumen. Sekarang on going dari Korea. Kalau warnanya tidak sulit, paling cepat inden satu bulan. Jadi itu saja, tinggal konsumen pesan ada apa tidak,” ucap Makmur.

Soal isu kelangkaan chip prosesor, Makmur mengungkapkan hal tersebut merupakan masalah global dan menimpa semua produsen kendaraan, termasuk Hyundai. Namun menurutnya saat ini untuk Indonesia dampaknya belum terasa mengganggu.

“Iya pasti ada dampak dengan kelangkaan semi konduktor itu di Indonesia. Di Korea Selatan juga terjadi hal tersebut. Tapi dari pihak HMC (Hyundai Motors Corp) sudah memiliki strategi untuk menyiasati kelangkaan tersebut. Ada kendala kedatangan unit, tapi tidak banyak. Stok yang kita minta masih aman dan dapat terpenuhi sesuai permintaan. Pasti ada sedikit kendala tapi sudah mengatur hal tersebut,” ucap Makmur.

Baca juga: First Drive Hyundai Staria: Ramahnya Sang MPV Premium Berbadan Besar

Hyundai Staria

Dorong Penjualan

Makmur berterima kasih terhadap antusiasme yang ditunjukkan calon konsumen. Ia berharap Staria dapat memberikan arti baru bagi mobilitas keluarga Indonesia terutama yang menjadi sasaran konsumen Staria yakni keluarga dan pebisnis aktif.

Kehadiran Staria ini diharapkan dapat membantu peningkatan market share Hyundai di Tanah Air. Sebagai perusahaan yang memulai bisnis, saat ini Hyundai terus berkembang berkat penerimaan dari masyarakat. “Market Share kita sudah meningkat dari tahun lalu 0,1 persen sekarang 0,3 persen. Untuk perusahaan yang baru berdiri, model belum banyak, network awal 18 sekarang sudah 47. Tahun lalu retail cuma 163 unit, kita start bisnis Juli. Sekarang sekitar 1.572 unit, year to date kemarin,” ucap Makmur.

Staria menawarkan desain futuristik di kelas MPV premium. Mobil dengan panjang 5,2 meter, lebar 1,9 meter dan tinggi 1,9 meter ini ditawarkan dengan empat pilihan warna yakni Abyss Black Pearl, Shimmering Silver Metallic, Graphite Gray Metallic dan Creamy White.

Berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan ditawarkan di Staria seperti forward collision avoidance assist, blind spot collision avoidance assist, lane keeping assist serta beberapa fitur lainnya. Mesin diesel yang digunakan berukuran 2.199 cc inline 4 DOHC dengan teknologi Common Rail Direct Injection 2-VGT mampu memproduksi tenaga 177 ps dan torsi 430 Nm. (Sta/Raju)

Baca juga: Ingin Punya MPV Premium Hyundai Staria, Ini Skema Kreditnya

 

Jelajahi Hyundai Staria

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
Mobil Hyundai

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Staria Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai Staria

Tren MPV

  • Yang Akan Datang