Pendatang Baru All New Subaru Forester Lawan Honda CR-V

Pendatang Baru All New Subaru Forester Lawan Honda CR-V

Bahasan mengenai produk terbaru SUV Subaru Forester tidak henti-hentinya. Setelah mengupas tuntas mengenai produk, kini bahasan mengenai komparasi dengan rivalnya.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga All New Subaru Forester

    Subaru Forester 2.0i-L harga Rp579,5 juta dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight Rp659,5 juta
  • Harga Honda CR-V

    Mulai dari Rp515,9 juta sampai termahal Rp666,4 juta
  • Dari catatan Oto.com memang ada beberapa rival di kelas Subaru Forester. Ini hal yang lumrah sebab produk SUV lima penumpang dengan harga Rp500 jutaan tengah diisi beragam produk.

    Paling terlihat sebenarnya adalah New Honda CR-V. Beberapa kriteria yang membuat produk ini menjadi rival head to head dengan Forester antara lain kemampuan angkut lima penumpang serta harga di kisaran Rp500 jutaan. Sebagai SUV medium, CR-V bisa dikatakan salah satu model yang terlaris di kelas ini. Apa saja perbandingannya? Mari kita bahas satu per satu.

    Bahasa pertama adalah apa yang ditawarkan dari sisi eksterior. Soal desain bisa dikatakan tergantung selera masing-masing. Namun beberapa hal yang pasti antara lain soal dimensi dan juga fitur apa yang ada di bagian eksterior tersebut.

    Forester

    Pertama dari Subaru Forester. Model terbaru ini menawarkan ukuran dimensi panjang 4.640 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.730 mm dengan ukuran ground clearence setinggi 220 mm. Lampu utamanya sudah menggunakan teknologi proyektor LED dengan adaptive driving beam dan steering responsive headlight. Bagian kaki-kakinya, model ini menggunakan ukuran pelek 17 inci two tone dengan ban 255/65/17 untuk varian 2.0i-L dan pelek 18 inci 5 spoke dengan ban 225/55/18 untuk varian teratas EyeSight. Konsumen bisa memilih delapan warna eksterior yakni horizon blue pearl, crystal black silica, crimson red pearl, crystal white pearl, magnetite gray metallic, autumn green metallic, ice silver metallic dan brilliant bronze metallic.

    Beralih Honda New CR-V. Model ini menawarkan ukuran dimensi panjang 4.623 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.657 mm dengan jarak sumbu roda sejauh 2.660 mm. Seperti Forester, lampu-lampunya sudah menggunakan LED dengan auto levelling yang dilengkapi dengan turning signal sequential LED sebagai pembaruan dari model terdahulu. Soal ukuran kaki-kaki, CR-V menggunakan two tone alloy wheel 18 inci. Pilihan warnanya ada empat yakni platinum white pearl, lunar silver metallic, meteoroid gray metallic dan crytal black pearl.

    Melihat data dimensi di atas, Forester dan CR-V selisih tipis dalam hal dimensi. Forester lebih panjang dan tinggi sedangkan CR-V lebih lebar. Pendekatannya untuk Forester mengarah pada SUV murni sedangkan CR-V menggunakan pendekatan SUV perkotaan.

    Honda CR-V 2021

    Masuk soal interior yang juga menawarkan beragam fitur. Pertama, Forester menawarkan kemampuan bagasi 500 liter hingga 1.740 liter jika kursi belakang dilipat. Selain itu kenyamanan penumpang hadir dari head unit 8 inci, sistem audo Harman Kardon 9 speaker 576 watt, penggunaan bahan nappa leather, front side view monitor dan sunroof jadi tawaran untuk calon konsumen.

    Ada juga fitur Subaru All Round Savety yang terdiri dari auto vehicle hold, vehicle dynamic control system, hazard avoidance, steering responsive headlight, 6 SRS airbag, high beam assist, dan rear vehicle detection. Tidak lupa Subaru EyeSight technology yang merupakan fitur ADAS terbaru pada Forester. Ini terdiri dari fitur pre collision braking system, lane keep assist, adaptive cruise control, pre collision throttle management, dan lane departure prevention. Sebuah fitur khas untuk kendaraan modern.

    New CR-V juga tidak mau kalah. Kenyamanan hadir dari panoramic power sunroof, layar meter cluster 5 inci TFT, serta dual zone auto AC. Hiburannya hadir dari head unit 7 inci dengan 8 speaker di seluruh kabin, remote engine start, dan multi angle view camera.

    Forester

    Fitur keamanannya terdiri dari driver attention monitor, electric parking brake dengan auto brake hold, hill start assist, emergency stop signal, walk away auto lock. Tidak lupa CR-V memiliki fitur Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, adaptive cruise control with low speed follow, lane keeping assist system, road departure mitigation dan auto high beam.

    Soal interior dan fitur ini terlihat keduanya memberikan beragam keunggulan dalam hal hiburan dan keamanan. Hanya saja fitur-fitur lengkap ini hanya bisa dirasakan pada varian teratas dari masing-masing model.

    Pembahasan berikutnya mengenai mesin dan teknis. Masing-masing model percaya diri dengan keunggulan pada bagian ini.

    Baca juga: Komparasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Lawan Lexus UX 300e

    Subaru Forester misalnya, yakin dengan menawarkan satu pilihan mesin yakni FB20 Boxer Engine, 4-silinder, 2.0L Naturally Aspirated. Mesin ini menghasilkan tenaga 156 ps di 6000 rpm dan torsi hingga 196 Nm di 4000rpm. Mesin tersebut menggunakan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD. Ini untuk penyaluran tenaga yang halus dan perpindahan gigi juga dapat dilakukans ecara manual menggunakan paddle shift. Subaru Forester juga sudah dilengkapi dengan X-Mode alias mode berkendara guna mengoptimalisasikan mesin untuk berbagai kondisi jalan. Pada varian EyeSight terdapat mode berkendara beragam kondisi yakni Snow/Dirt dan Deep Snow/Mud.

    Honda CR-V 2021

    New Honda CR-V hadir dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin 1.5L VTEC Turbo berteknologi Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 190 ps pada 5.600 rpm dan torsi maksimal 240 Nm pada 2.000 sampai 5.000 rpm. Varian kedua adalah mesin 2.0L hadir dengan teknologi SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 154 ps dan torsi 189 Nm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT Earth Dreams Technology. Fitur paddle shift juga hadir untuk kepraktisan berkendara dalam perpindahan transmisi. Terdapat mode ECON dan Eco Assist untuk berkendara hemat bahan bakar.

    Terlihat pada bagian ini, secara tenaga, mesin Forester tidak sedominan mesin CR-V. Namun, Subaru menawarkan penggerak AWD dengan beragam mode berkendara. Sesuatu yang terbilang cukup mewah di segmen ini. Bagi konsumen yang menginginkan asupan tenaga besar, pilihan tentu melihat ke mesin turbo Honda CR-V.

    Bahasan terakhir mengenai harga. Forester generasi kelima ini di Indonesia diperkenalkan dengan 2 varian trim. Pertama ada Subaru Forester 2.0i-L yang ditawarkan dengan harga Rp579,5 juta dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight ditawarkan dengan harga Rp659,5 juta. Keduanya dalam status on the road Jakarta.

    Forester

    Seluruh the all-new Subaru Forester yang dipasarkan melalui PT Plaza Auto Mega, ditawarkan dengan Garansi 3 tahun / 100.000 km, servis gratis 3 tahun / 50.000km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu), dan juga Subaru Roadside Assistance 3 tahun, layanan bantuan darurat 24/7 oleh Atlas Indonesia.

    Melirik ke New Honda CR-V. SUV ini ditawarkan dalam beberapa varian mulai dari varian mesin 2.0L i-Vtec dengan harga Rp515,9 juta, varian 1.5L Turbo dengan harga Rp590,9 juta, varian Prestige Turbo Honda Sensing dengan harga Rp651,4 juta dan terakhir ada varian 1.5L turbo black edition dengan harga Rp666,4 juta. Honda menawarkan paket hemat untuk aftersales yang terdiri dari perawatan berkala 4 tahun / 50.000 km, 8 tahun / 100.000 km serta gratis biaya jasa perawatan berkala selama 4 tahun / 50.000 km.

    Terlihat penempatan harga Forester berada di tengah-tengah antara CR-V varian terbawah 1.5L Turbo dan varian teratas dengan sentuhan Black Edition. Keduanya bisa dibilang selevel dalam hal fitur dan kenyamanan, meski patut diakui tawaran penggerak AWD menjadi salah satu poin menarik dari Forester.

    New Honda CR-V 2021

    Namun bagi calon konsumen yang ingin segera mendapatkan Forester di garasi rumah, harus bersabar. Pasalnya pihak Subaru Indonesia mengatakan distribusi unit ke konsumen perlu waktu hingga empat bulan. Ini sekitar Agustus 2022 mendatang. Alasannya tidak lain karena krisis chip semikonduktor yang membuat produksi terhambat. Sedangkan Honda, belum mengabarkan apakah alasan chip juga mempengaruhi inden CR-V seperti yang dirasakan juga pada model baru yakni BR-V dan HR-V.

    Bagi calon konsumen dengan dana Rp500 juta sampai Rp600 juta sepertinya tidak perlu khawatir dengan fitur yang ditawarkan pada level harga ini. Kembali ke masalah selera serta dana yang tersedia untuk membawa pulang satu di antara dua model ini. (Sta/Tom)

    Baca juga: Siapa yang Unggul, Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime IVT?

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Komparasi Honda CRV vs Subaru Forester

    Honda CRV
    • Rp 515,9 - 666,4 Juta
    Subaru Forester
    • Rp 579,5 - 659,5 Juta
    CRV vs Forester

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature