Jangan Panik, Ini Panduan Mengatasi Answer Back System Yamaha Tak Keluarkan Suara

Jangan Panik, Ini Panduan Mengatasi Answer Back System Yamaha Tak Keluarkan Suara

Motor-motor terkini sudah berbekal fitur keamanan canggih. Salah satunya adalah fitur keyless, sistem kunci motor tanpa anak kunci. Pada roda dua, peranti ini juga dilengkapi dengan Answer Back System yang fungsinya memudahkan pemilik mencari sepeda motor ketika di lokasi parkir.

KEY TAKEAWAYS

  • Answer Back System pada Yamaha tak berbunyi

    Belum tentu ada kerusakan, coba cek setting atau pengaturannya
  • Perlunya merawat remote kunci keyless

    Karena membutuhkan waktu dan biaya yang tak sedikit kalau ada kerusakan, sebaiknya dijaga dan dirawat dengan baik
  • Khusus di produk Yamaha, Answer Back System terdapat 2 setelan yakni 'bip' dengan suara dan kedipan lampu sein ,serta 'silence' tanpa suara (hanya lampu sein). Lalu, bagaimana ketika remote ditekan Answer Back System justru tak mengeluarkan suara?

    Karena ketidaktahuan beberapa pemilik langsung memvonis jika remote atau motor mengalami kerusakan. Mulai sekarang jangan panik apalagi langsung datang ke bengkel, Anda bisa mengaturnya secara mandiri di rumah.

    Menurut Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom, tak munculnya suara ketika remote ditekan hanya karena setingan Answer Back System yang berubah.

    fitur y-connected yamaha

    "Sebenarnya bukan rusak, melainkan pengaturan Answer Back System-nya saja yang berubah. Cukup dipencet pada remote atau untuk keyless tekan di tombol kontak dekat dek," kata Slamet, belum lama ini.

    Baca juga: Jangan Salah, Ini 4 Cara Merawat Rantai Sepeda Motor

    Panduan Setel Answer Back System Yamaha

    Biar lebih mudah, kami coba bantu rangkumkan dari penjelasan Slamet seperti di bawah ini.

    • Pertama dekatkan remote kunci Anda dengan sepeda motor minimal berjarak 60 sentimeter.
    • Kemudian, jika sepeda motor dalam posisi terkunci setang, pindahkan ke posisi free (tidak terkunci dan panel instrumen tidak menyala).
    • Lalu tekan tombol kontak kembali kira-kira 2 detik hingga berbunyi 'klik'.
    • Jika sudah tekan kembali tombol kunci kontak tersebut beberapa saat hingga sepeda motor berbunyi 'bip' satu kali.
    • Terakhir, cek apakah suara 'bip' sudah aktif. Caranya tekan tombol di remote, jika suara 'bip' terdengar diikuti kedipan lampu sein artinya pengaturan Answer Back System sudah dalam posisi berbunyi.

    Tips Merawat Keyless Agar Awet

    Di balik kecanggihan dan kepraktisan kunci keyless pada motor ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Utamanya adalah kondisi baterai di remote dan cara menyimpan komponen agar tidak cepat rusak apalagi hilang.

    Jika hilang, proses pembuatan keyless membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, cara paling benar adalah mengetahui mekanisme penggunaan serta perawatan keyless di motor.

    Yamaha Indonesia coba memberikan 8 tips merawat keyless pada motor. Mari simak dan lakukan mulai sekarang.

    • Hindari menekan knob secara paksa jika smart key tidak di dekat motor. Pastikan mengoperasikan knob sebagai pengganti kunci kontak dengan normal mencegah kerusakan mekanis pada knob. Selain itu, mengingat motor hanya bisa menyala jika ada remote, maka pastikan remote selalu berada di dekat motor saat menekan knob.
    • Pastikan remote tidak terjatuh dan selalu dalam kondisi kering. Remote sebagai pemberi sinyal, meskipun sudah dilengkapi seal anti air, pastikan remote selalu kering dari air sebelum dinyalakan untuk mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek.
    • Hindari Radiasi Elektromagnetik. Hindari kebiasaan meletakkan SKS di sekitar benda dengan radiasi elektromagnetik yang tinggi, seperti handphone, televisi, pemancar sinyal, dan sejenisnya. Hal ini berpotensi mengganggu sinyal pada remote SKS.
    • Selalu pastikan telah menekan tombol off pada remote setelah mematikan sepeda motor. Jika remote tidak dalam kondisi off atau masih menyala setelah motor mati, sinyal dari remote akan terus memancar sehingga menguras baterai remote.
    • Selalu cek baterai remote. Jika radius remote dengan sepeda motor terlalu pendek saat digunakan maka disarankan untuk segera mengganti baterai pada remote.
    • Pastikan selalu mengingat atau menyimpan nomor pin smart key. Hal ini mempermudah konsumen untuk menginformasikan kepada dealer jika terjadi kehilangan kunci.
    • Hindari menyimpan remot di bagasi motor atau rak pada motor. Hal ini agar tidak tidak tertinggal ataupun hilang. Jika kehilangan kunci, konsumen harus mengganti smart unit, SGCU, dan remote control.
    • Selalu cek kebersihan soket dan jalur kabel pada smart unit sebagai penerima sinyal untuk menghindari terjadinya korsleting. Perawatan sepeda motor matik dengan fitur Smart Key System (SKS) cukup mudah, karena dimulai dari kedisiplinan pengendara sendiri.

    (Kit/Tom)

    Baca juga: Jangan Memaksa, Ini Tips Aman Motoran di Kondisi Jalan yang Tergenang Air

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature