Ada PPKM Lagi, Jangan Lupa Rawat Kendaraan yang Berdiam di Rumah

Ada PPKM Lagi, Jangan Lupa Rawat Kendaraan yang Berdiam di Rumah

Pemerintah kembali memberlakukan pembatasan mobilitas di beberapa daerah di Indonesia. Peraturan yang disebut dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tersebut diperpanjang dengan sejumlah penyesuaian. Ini terkait kondisi pandemi yang kembali meningkat di beberapa daerah.

KEY TAKEAWAYS

  • Tips merawat kendaraan saat di rumah

    Panaskan mobil setidaknya sekali seminggu
  • Perhatikan tekanan angin ban

    Tambahkan tekanan udara pada ban sebesar 5 persen dari ukuran normalnya
  • Perhatikan kabin

    Bersihkan tidak ada sisa makanan dan kotoran
  • Salah satu yang wajib diperhatikan pemilik kendaraan selama masa PPKM adalah perawatan kendaraan. Ini karena mobil yang biasa dipakai menjadi lebih banyak berdiam diri di garasi rumah.

    Mobil yang banyak berdiam diri tidak lepas dari masalah. Ini menjadi perhatian pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan kendaraan yang bisa dilakukan saat berada di rumah. Apa saja? Daihatsu memberikan beberapa sarannya berikut ini.

    tips cleaning

    Pertama memanaskan mesin mobil secara teratur. Waktunya paling tidak seminggu sekali untuk menjaga daya listrik pada aki yang tersimpan. Mobil yang tidak dipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

    Kedua, menjaga tekanan udara pada ban. Ini bisa dilakukan dengan menambah tekanan udara pada ban sebesar 5 persen dari ukuran normalnya. Bisa juga dilakukan dengan menggerakkan kendaraan, maju atau mundur, ketika sedang memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu merata. Ini untuk mencegah kerusakan ban seperti flat spot di tapak ban.

    Ketiga, aktifkan rem parkir dan transmisi di posisi P. Ini berlaku khusus untuk kendaraan dengan transmisi otomatis. Kondisi ini berlaku sekalipun di kondisi jalan merata saat parkir. Ini diperlukan demi keamanan dan mencegah mobil bergerak dan menempel khususnya dalam waktu yang lama.

    tips mencuci mobil

    Keempat, perhatian pada kebersihan mobil dengan mencuci sisi eksterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang akan berkembang dan menempel khususnya di dalam mobil.

    Tips kelima, parkir kendaraan di tempat yang tepat. Misal garasi rumah adalah pilihan terbaik. Bila belum ada garasi rumah, pastikan mobil diparkir di area yang tidak terkena matahari secara langsung atau di bawah pohon karena dapat membuat cat mobil mudah pudar dan kusam. Pastikan lokasi parkir juga aman dan mudah dipantau. Bila perlu beri tambahan kunci ganda.

    "Semoga tips ini dapat membantu dalam menjaga dan merawat mobil kesayangannya selama perpanjangan PPKM agar tetap dalam konsisi yang baik ketika akan digunakan kembali," ucap Ben Faqih, People Development Department Head - Customer Satisfaction & value Chain PT Astra Daihatatsu Motor (ADM) dalam keterangannya, Kamis (17/2/2022). (Sta/Raju)

    Baca juga: PPKM Level 3 Berlaku, Ini Aturan Berkendara di Jabodetabek sampai Bali

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil