jakarta-selatan

Road Test Toyota Voxy: Enak Dikendarai, Layak Dibeli

  • 18 Mei, 2018
  • 7409 Kali Dilihat

Bepergian bersama keluarga sudah menjadi tradisi orang Indonesia. Makanya mobil yang paling laku ya MPV. Bisa mengangkut banyak orang. Lebih spesifik memang LMPV karena pertimbangan harga. Tapi selama masih berjudul MPV, pasti jadi pertimbangan masyarakat.



Toyota melihat itu sejak dulu. Mereka menyajikan lini MPV lengkap. Dari yang paling murah, LCGC Calya sampai yang mahal, Alphard dan Vellfire. Lalu ada Voxy, mengisi posisi tengah lini MPV Toyota di Indonesia. Didatangkan langsung dari Jepang, makanya desain Toyota Voxy sangat boxy (kotak) seperti van yang populer di sana.


test drive toyota voxy


Dari penampilan luar, sangat jelas desain boxy pada Voxy. Desain itu memang bukan untuk semua orang. Artinya, tak sedikit yang kurang suka dengan desain yang terlalu kotak. Desain itu digemari di Jepang. Kompetitornya juga memakai desain serupa. Sebut saja Nissan Serena, Mitsubishi Delica dan Mazda Biante. Tapi harus diakui, wajah Voxy lebih menawan dan punya karakter premium. Cocoklah untuk mobil dengan banderol Rp 450 jutaan. Oh ya, Voxy cuma ada satu tipe di Indonesia. Ornamen krom bisa dijumpai di sekujur bodi dan sudah ada aero kit yang mendongkrak penampilan luar. Pelek alloy berukuran 16 inci juga punya desain menarik.


Dimensinya terlihat besar, dengan ukuran 4.710 x 1.735 x 1.835 mm (PxLxT) dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Padahal, kalau dibandingkan Innova, Voxy kalah panjang dan lebih ramping. Bahkan tingginya sama dengan Fortuner. Tapi Voxy punya jarak antar poros roda lebih panjang dari Innova dan Fortuner. Makanya kabin Voxy bisa lega. Kalau mau yang lebih lega, memang Alphard atau Vellfire solusinya. Tapi harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dari Voxy.


kabin voxy


Pintu belakang model geser sudah otomatis di kedua sisi. Cukup tarik gagang pintu dan terbuka otomatis. Bisa juga dibuka menggunakan remote atau tombol dari dekat lingkar kemudi. Sangat praktis.


Memasuki kabin, aura mewah dan berkelas juga bisa terlihat meski tak semewah Vellfire. Warna gelap mendominasi kabin, dengan perpaduan hitam, coklat tua dan sedikit sentuhan silver. Semua jok sudah dilapisi kulit untuk kenyamanan dan kemewahan.


Kabin Voxy sangat lega. Tak ada konsol tengah yang memisahkan jok baris depan. Sedang rem parkir ada di kaki, yang harus diinjak untuk mengaktifkan atau melepasnya. Absennya konsol tengah sedikit mengurangi kenyamanan, karena berkurangnya penyimpanan yang mudah diakses. Misal untuk menaruh smartphone Anda. Untungnya ada banyak kompartemen dan penyimpanan lain di bagian depan. Tombol-tombol pada dasbor diatur agar mudah diakses oleh pengemudi dan penumpang depan.



Baris belakang jadi nilai jual utama Voxy. Captain seat untuk baris kedua bisa diposisikan dengan banyak pengaturan. Bisa dimaju-mundurkan, geser ke kiri dan kanan, bahkan dimundurkan sampai mentok ke belakang dengan syarat jok baris ketiga dilipat. Bahkan bisa dijadikan seperti kasur untuk penumpang selonjoran atau merebah. Pokoknya, kenyamanan mudah didapat selama jadi penumpang belakang Voxy. Meski tanpa diatur pun, baris ketiga masih menawarkan tempat duduk dengan ruang kaki yang cukup buat penumpang dewasa.


Penyejuk kabin belakang bisa diatur digital dan bisa berbeda suhu dengan AC di depan. Moon roof juga ada, selain dari sun roof di baris depan. Sayang tidak disediakan port USB maupun soket listrik untuk bisa mengisi daya smartphone, baik untuk baris kedua dan ketiga. Soket cuma ada di depan.



Duduk di bangku pengemudi, bisa mengatur ketinggian duduk secara manual dengan tuas di samping. Kemudi juga begitu, bisa disesuaikan tilt dan telescopic. Meski awal duduk terasa tegak dan kaku, namun secara mengejutkan Voxy terasa nyaman saat digunakan menyetir lama. Visibilitas dari jok pengemudi sangat baik. Anda bisa memperkirakan ujung depan mobil, dan blind spot di sekitar mobil bisa ditekan.


Mesin 3ZR-FAE, 4-silinder 2,0 liter Valvetronic digendong oleh NAV1. Mesin itu sedikit lebih canggih dari dual VVT-i soal manajerialnya. Tenaga maksimal 152 PS pada 6.100 rpm dan torsi puncak 193 Nm pada 3.800 rpm yang disalurkan oleh transmisi CVT. Kalau Anda pikir mobil sejenis Voxy biasanya loyo memang tidak salah, karena yang sudah-sudah terasa begitu. Tapi itu tak terasa pada Voxy. Mesinnya bisa memberi tenaga saat diminta. Tak ada masalah saat melalui jalan menanjak dan kabin belakang diisi penumpang.


mesin Voxy


Kami katakan mesin dan transmisi Voxy bekerja dengan baik. Kalau ingin lebih merasakan sensasinya, ajak Voxy berlari di jalan bebas hambatan dan tanpa menggunakan mode ECO. Di situ Anda bisa lebih menghargai respons jantung mekanis Voxy. Soal handling juga boleh diacungi dua jempol. Meski besar dan tinggi, mengendalikan Voxy terasa sangat mudah dan stabil. Suspensi belakang masih torsion beam. Tapi sudah ada stabilizer di suspensi depan dan belakang.


Saking mudah dan asyiknya menyetir Voxy, kawan kami yang belum sampai setahun bisa menyetir mobil sudah bisa menguasai Voxy melewati jalanan yang terbilang sempit tanpa masalah. Keluar dari parkiran di jalanan sempit dengan mundur juga sigap. Apalagi ada fitur kamera parkir mundur. Seharusnya lebih mudah kalau ada kamera yang menangkap sekeliling mobil 360 derajat.



Punya tenaga yang lumayan dan bodi besar tak lantas menjadikan Voxy boros. Saat berkendara ke luar kota, angka 14,1 km/liter bisa didapat. Sedang konsumsi kombinasi sekitar 10 km/liter. Anda bisa memanfaatkan fitur mode ECO dan cruise control untuk lebih menekan angka konsumsi bbm. Oh ya, saat memakai mode ECO memang kenikmatan berkendara sedikit berkurang, tapi tak signifikan menurut kami.


Soal fitur keselamatan tak perlu ditanya lagi, Voxy punya 7 kantong udara, rem ABS+EBD+BA, vehicle stability control, hill start assist, emergency brake signal dan rem cakram di keempat roda.


Jadi, apakah Voxy ini layak dibeli? Kami bilang, yes. Dengan kabin yang praktis, fleksibel dan nyaman untuk penumpang serta rasa berkendara yang enak, jantung mekanis responsif dan tidak boros bahan bakar, Voxy menawarkan paket mobil keluarga yang sulit untuk ditolak. Soal harga memang sedikit lebih mahal dari NAV1, tapi itu wajar karena NAV1 sudah CKD, sedang Voxy masih CBU dari Jepang. (Tom/Odi)


Baca Juga: Kenapa Toyota Voxy 2017 Layak Dibeli?

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Voxy

  • CVT | Rp 470,65 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 44,1 Juta
    Angsuran Rp 11,17 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Toyota Voxy

Lihat video terbaru Toyota Voxy untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Toyota Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi