Yamaha Luncurkan Produk Baru Besok, Mio Teranyar Atau Hal Lain?

Yamaha Luncurkan Produk Baru Besok, Mio Teranyar Atau Hal Lain?

Pandemi coronavirus disease (COVID-19) tak mengendorkan semangat Yamaha untuk puaskan konsumennya. Dari laman sosial media, ada pengumuman yang unik. Bunyinya seolah mengundang untuk menyaksikan produk baru.

"Save the date, tanggal 15 April nanti, akan ada yang menarik dari Yamaha Indonesia. Ada yang bikin brosis semakin dekat dan up to date dengan Yamaha Indonesia deh! Penasaran dong, nantikan keseruannya di 15 April nanti! Tunggu terus info selanjutnya di akun resmi sosial media Yamaha ya!" unggah Yamaha Indonesia.

Produk baru? Tentu saja. Namun, apakah bentuknya sepeda motor? Bisa jadi. Yamaha memang masih punya 'hutang' menyegarkan salah satu lini yakni Mio M3. Produk terlaris dari pabrikan berlambang garputala ini, belum dapat penyegaran signifikan. Padahal versi terbaru rival terberatnya, Beat, sudah melantai sejak Januari lalu.

Yamaha Mio 2020 rendering

Ada harapan-harapan konsumen yang kami tangkap dan berpotensi dihadirkan di Yamaha Mio M3 terbaru. Mulai dari desain bodi yang lebih fresh, hingga penambahan fitur yang substansial untuk pengguna. Apapun itu, penyegaran lini produk motor, akan selalu dijawab masyarakat dengan respons positif. Apalagi untuk kelas kuda besi yang merakyat seperti ini.

Jenis produk lain yang disediakan Yamaha tentu saja layanan konsumen. Di era digital seperti ini keberadaan smartphone akhirnya membuat akses masyarakat berpusat di ujung jari. Layanan berbasis digital berbentuk aplikasi tentu jadi solusi praktis dan taktis.

Beberapa hari lalu, saat sesi conference call bersama Yamaha dan Liputan6, pada pihak APM kami sempat menanyakan kemungkinan dihadirkannya Comunication Control Unit (CCU) pada motor-motor lain Yamaha. Seperti kita tahu, CCU sukses membuat Yamaha NMax ABS/Connected jadi bisa terkoneksi dengan smartphone sang pemilik via aplikasi Y-Connect.

Aplikasi Y-Connect untuk terhubung ke NMax
Y-Connect pada All New NMax

Dari konektivitas Y-Connect dengan CCU, ragam informasi teknis di motor bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Putaran mesin, notifikasi malfungsi, rekam efisiensi bahan bakar, hingga rekomendasi perawatan. Begitupun sebaliknya, informasi dari smartphone bisa ditampilkan di panel instrumen motor. Telepon, email dan sms bisa memberi notifikasi ke NMax.

Sayang, ternyata tak semudah itu menerapkan konektivitas smartphone pada semua kuda besi. Belum lagi, kebutuhan konsumen di tiap segmen berbeda. Nah, solusi agar layanan sejenis bisa digunakan semua pengguna adalah My Yamaha.

Pihak Yamaha pun mengamini hal ini. Dalam kesempatan wawancara sepekan lalu, juru bicaranya sempat menjelaskan tentang software My Yamaha. "Kami masih punya utang nih, aplikasi My Yamaha, apps (software aplikasi) yang akan bisa dipakai semua konsumen Yamaha, jadi yang motornya belum ada CCU-nya, bisa pakai my yamaha," jelas Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, Rabu (8/4).

tampilan pada apps Yamaha

Kami pun menelusuri Google Playstore. Aplikasi yang dimaksud ternyata memang baru saja dirilis oleh Yamaha Motor Co., Ltd., pada 30 Maret 2020. Pembaruan terakhir dilakukan pada 9 April. Ketika kami coba gunakan, ternyata memang aplikasi dimaksud bisa membaca dengan detail informasi terkait motor yang kami daftarkan.

Seperti apa detail aplikasi dan fitur apa saja yang bermanfaat buat pengguna? Atau jangan-jangan, benar ada motor baru yang meluncur? Mari kita tunggu peluncurannya besok. (Van/Tom)

Baca Juga: All New Yamaha NMax Meluncur di Thailand Tanpa Fitur Y-Connected, Harga Lebih Mahal

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store