• Wishlist

Suzuki Umumkan Spesifikasi Resmi GSX150 Bandit, Berapa Harganya?

Akhirnya Suzuki mengumumkan spesifikasi GSX150 Bandit. Motor ini memang berbasis GSX-S150, namun ada beberapa perbedaan.

suzuki bandit

Dari sisi dimensi sedikit berubah dibanding basisnya. Bodinya lebih pendek 20 mm. Soal lebar dan tinggi tetap, masing-masing 745 mm dan 1.035 mm. Jok pengendara juga lebih tinggi 5 mm, karena busa ditebalkan demi kenyamanan lebih baik bagi pengendara. Bobotnya pun bertambah berat 5 Kg menjadi 135 Kg.

"Rangka membutuhkan semacam desain baru, rangkanya menambah bobot dibanding GSX-S150. Penyumbang terbesar sih dari rangka. Kemudian lampu depan baru juga menambah bobot, walau tidak banyak," ujar Supervisor Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harsoyo dalam konferensi pers di Jakarta, hari ini (6/9).

Jok Suzuki GSX150 Bandit yang tersambung antara pengendara dan penumpang, meningkatkan kenyamanan untuk berboncengan. Ditambah profil kulit joknya beda dengan GSX-S150, Bandit pakai desain yang lebih kasar seperti motif kulit jeruk. Ini bertujuan agar bokong pengendara serta pengemudi menempel dengan tepat ketika duduk. Tinggi jok pembonceng, pun dibuat lebih rendah 30 mm dari GSX-S150.

Revisi lain untuk Suzuki Bandit ada di desain lampu. Baik lampu depan dan belakang, kini mengadopsi gaya Satria F150. Hanya saja, Bandit pakai ukuran lebih besar karena menyesuaikan dengan tubuhnya. Perbedaan lain, lampu sein dibuat terpisah baik di lampu depan dan belakang. Sementara Satria F150, seinnya terintegrasi.

Soal ukuran ban tidak beda dengan GSX-S150. Masih mengandalkan 90/80-17 inci untuk depan serta 30/70-17 inci di belakang. Perbedaan muncul di gaya kembangan ban Bandit yang diklaim lebih cocok untuk melibas segala medan, sekaligus semakin stabil untuk dipakai berkendara. Merek bannya pun diubah jadi Dunlop.

Revisi lain tampak lewat penggunaan sepatbor satu layer. Tidak seperti milik GSX-S150 yang dua bagian, bisa dicopot mud guardnya untuk menampilkan bentuk lebih sporty. Tak ketinggalan knalpot, kini sudah disematkan kover penahan panas agar kaki pembonceng lebih nyaman.

Di samping yang disebut di atas, tidak ada beda antara GSX-S150 dengan Bandit. Mesin contohnya, sama-sama pakai kapasitas 150 cc DOHC dengan pendingin cairan. Jantung mekanis ini bisa mengeluarkan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 Rpm dan tenaga maksimal 19,17 PS pada 10.500 Rpm. Sistem transmisinya pakai 6-percepatan manual.

Suzuki juga cuma menjual Bandit dalam varian shuttered key. Berapa harganya? Sayangnya belum ada informasi resmi dari pabrikan berlambang S sampai berita ini diturunkan. (Lod/Van)

Baca Juga: Siap-siap, IIMS akan Roadshow Kontes Modifikasi

Jelajahi Suzuki GSX 150 Bandit

Bandingkan & Rekomendasi