Suzuki GSX150 Bandit Buatan Indonesia Segera Beredar di Taiwan

Suzuki GSX150 Bandit Buatan Indonesia Segera Beredar di Taiwan
Gambar
Review Pengguna

Suzuki Indonesia segera melengkapi porto folio GSX-Series di pasar Taiwan. Usai mendatangkan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, GSX150 Bandit juga bakal tersedia dalam waktu dekat. Menurut informasi, naked bike entry level itu sudah mulai disebar bulan ini.

Menurut Motosaigon, berita itu diungkap langsung oleh pihak Taiwan Bell selaku pemegang merek. Bahkan secara spesifik menetapkan tanggal pendistribusian ke tangan konsumen pada 23 Juli nanti. Ada empat opsi warna yang ditawarkan, meliputi: Merah, Hitam, Putih dan Abu-abu. Sayangnya belum ada keterangan resmi soal harga. Walau bisa dipastikan lebih murah ketimbang dua saudaranya.

Serupa dengan penetapan banderolnya di Indonesia. GSX150 Bandit dijual Rp 26,9 juta, terpaut Rp 500 ribu dari GSX-S150 dan Rp 3,7 juta dengan GSX-R150. Wajar paling murah, toh secara desain Bandit memang mengedepankan utilitas ketimbang style.

GSX150 Bandit

Boleh dikatakan paling sederhana. Namun, bukan berarti ia tak punya nilai jual. Tengok saja bagian lampu depan yang sudah memakai jenis LED. Lalu panel meter, disajikan full digital hingga model pelek palang. Kemudian sematan shroud di area samping sebagai penegas karakter tangguhnya. Penyajian ini dibuat selaras dengan rancang bangun karena Suzuki mengutamakan kenyamanan untuk pengendara GSX150 Bandit.

Dari setang misalnya. lebar serta ketinggiannya tak ubahnya dengan kepunyaan GSX-R150. Namun, kemudi milik Bandit kecil nyatanya punya radius putar lebih besar, 40 derajat ke kanan dan kiri. Sementara foot step sengaja ditempatkan rendah untuk memberikan efek berkendara yang rileks. Sama halnya dengan pijakan kaki penumpang. Bila dibandingkan dengan GSX-R atau GSX-S, milik GSX Bandit lebih pendek 50 mm dan maju 30 mm. Bisa dibayangkan, posisi demikian membuat keduanya lebih nyaman kala berkendara jarak jauh.

Baca juga: Mencari Motor Backbone Terbaik: Suzuki Satria F150 VS Honda Sonic 150R VS Yamaha MX King

Belum lagi soal penopang bokong, nyaman karena tidak dibuat terpisah. Jok GSX 150 Bandit lebih tebal 5 mm dari dua GSX Series itu, meski bentuknya tidak terlalu besar. Kendati begitu, pengendara tak perlu khawatir karena GSX Bandit punya ground clearance 150 mm. Tidak lebih tinggi dari GSX-S150 dengan ketinggian 155 mm. Sementara khusus untuk jok belakang, jelas bersahabat daripada tipe R maupun S. Pasalnya area buritan utamanya rangka belakang, mengalami penurunan sebanyak 8 cm.

bandit bergaya touring

Dimensinya pun kompak yaitu 2.000 x 745 x 1.035 mm (P x L x T). Cukup ideal meski kenyataannya bobot tubuhnya 5 kg lebih berat dari GSX-S150. Kendati begitu, ia tetap akomodatif. Dengan berat tubuhnya tersebut, GSX150 Bandit dapat menghasilkan tenaga 18,9 Hp/10.500 rpm dan torsi maksimal 14 Nm pada 9.000 rpm. Output dari mesin DOHC 4-tak satu silinder, berkapasitas 150 cc.

Caranya meraung di RPM menengah ke atas ini, tak lepas dari konfigurasi bore x stroke: 62.0 × 48.8 mm (overbore). Sudah pasti GSX150 Bandit mampu bernapas lebih panjang. Cocok buat penggemar touring. Untuk meredam beragam permukaan jalan, disematkan fork teleskopik di bagian depan dan monoshock pada roda belakang. Sementara sistem penghenti lajunya mengandalkan komposisi cakram dan tromol (depan-belakang). Rasanya, seperti ini pula penyajian GSX150 Bandit di Taiwan nanti. Seperti di Indonesia, ia juga menjadi lini terbawah di segmen motor batangan Suzuki di sana. (Ano/Tom)

Sumber: Motosaigon

Baca juga: Suzuki Assemblers Malaysia Gulung Tikar, Setop Semua Aktivitas dan Bisnis

Jelajahi Suzuki GSX 150 Bandit

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store