• Wishlist

Motor Laki Murah Meriah, Honda CB150 Verza atau Yamaha Byson

Motor Laki Murah Meriah, Honda CB150 Verza atau Yamaha Byson

Naked bike atau jamak disebut motor laki, kini makin ramai. Honda menyegarkan Verza menjadi CB150 Verza. Proporsinya tetap sebagai pilihan termurah di kelas motor sport tanpa fairing. Di atasnya masih ada Megapro dan CB150R.


Membandingkannya dengan model termurah yang ada di merek rival tentu menarik. Kamipun menemukan Yamaha Byson sebagai rival terdekat. Cukup disayangkan, soalnya secara konstruksi, CB150R lebih pantas bersaing dengan Vixion terbaru (bukan Vixion R). Namun harga psikologis Verza baru di level Rp 20 jutaan (Rp 19,95 juta tepatnya – varian termewah) hanya bisa disandingkan dengan Byson yang banderolnya Rp 22,95 juta.


Desain



 


Klasik vs berotot. Kurang lebih itu rangkuman singkat jika Anda ingin membandingkan karakter antara CB150 Verza dan Byson. Ya, klasik kami simpulkan karena lampu bundar yang dijadikan paras naked bike Honda teranyar. Ketika pabrikan lain menyematkan cover lampu yang agresif dengan aneka lekuk tajam, Honda malah memilih kembali ke era lawas. Itu pula yang jadi alasan mereka memanfaatkan nama besar CB sebagai model ikonik.



Byson, sedari awal dikeluarkan mengedepankan karakter berotot. Bukan cuma tangkinya yang besar dan muskular, fork juga menggunakan diameter besar agar senada. Belum lagi ban sporty yang juga lebar. Semua dipadu untuk membuat estetika yang representatif dengan kebutuhan penggemarnya. Kami rasa, kaum Adam lebih terpesona oleh tampilan Byson ketimbang Verza.


Performa



Secara garis besar, spesifikasi produsen daya kedua motor mirip. Unit 150 cc SOHC 1-silinder dengan pendingin udara digunakan. Transmisi penyalurnya pun sama, hanya 5-speed. Yang unik, tenaganya ternyata juga mirip. Byson yang tampak gagah nan berotot mampu menghasilkan tenaga 13,06 PS, dan torsi 12,98 Nm. Verza baru, dengan ragam ubahan di generasi ini siap menyalurkan 13,04 PS dan torsi 12,73 Nm. Dengan berat Verza yang lebih ringan (129 kg) dibanding Byson (133 kg) tentu kelincahan dan keiritan model Honda patut diperhitungkan.


Fitur



Siapa sangka Honda CB150 Verza yang lebih murah bisa punya fitur lebih lengkap dari Yamaha Byson? Ini dibuktikan dengan poin hadirnya penutup kunci magnetic di Verza baru. Sistem ini meningkatkan keamanan motor dari tangan jail pencuri. Suspensi belakangnya memang masih dua batang, namun klaim Honda bisa diset kekerasan atau keempukannya. Byson, tak memiliki dua fitur itu. Namun, ia punya tawaran lain. Suspensi belakang sudah monoshock yang tersembunyi di pangkal swingarm. Ban yang membungkus roda depan dan belakang juga jauh lebih besar dari Verza dengan profil yang lebih sporty.


Varian dan Harga



Parameter ini lagi-lagi diungguli oleh Honda CB150 Verza. Motor yang baru diperkenalkan beberapa hari lalu ini, dijual dalam dua varian dengan harga yang lebih murah dari Byson. Selain model yang sudah kami gambarkan di atas, kuda besi naked termurah Honda ini punya tipe dengan pelek jari-jari besi dan tanpa shroud cover juga menggunakan ban dalam (tube type). Tipe ini ditawarkan Rp 19,3 juta. Model Yamaha hanya dijual dalam satu varian dengan pembeda warna; merah, abu dan coklat.


Kesimpulan


Honda menang di tiga parameter, performa, fitur dan varian, sementara Byson hanya unggul di sisi desain. Oke, variabel fitur dan harga memang bisa didiskusikan, soalnya Yamaha memposisikan Byson bukan sebagai rival Honda CB150 Verza. Pun fitur kedua motor ini sebenarnya biasa saja. Namun paling tidak, apa yang kami paparkan bisa membuka sedikit khasanah Anda ketika memilih antara Byson atau Verza baru. (Van/RS)


Baca juga: Honda CB150 Verza, Beli Atau Tidak?

Komparasi Honda CB150 Verza vs Yamaha Byson FI

Honda CB150 Verza
  • Rp 20,08 - Rp 20,73 Juta
Yamaha Byson FI
  • Rp 22,95 Juta
CB150 Verza vs Byson FI

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store