KTM 450 EXC-F Six Days Portugal Edition Resmi Dijual di IIMS Motobike

KTM 450 EXC-F Six Days Portugal Edition hadir di Indonesia. Perdananya tampil di IIMS Motobike Expo 2019. Motor khusus enduro itu, tersisa 10 unit untuk konsumen Tanah Air. Harga yang ditawarkan Rp 197 juta (Off the road Jakarta).


KTM IIMS Motobike Expo 2019


Menurut Rendy Suwendo, Motorcyle Consultant PT Premium Motorindo Abadi, motor ‘penggaruk tanah’ ini, dikirim langsung dari Austria. Masuk dalam kategori motor spesial edition, mengusung label “Six Days”. Nama Six Days berasal dari sebuah event balap Classic Enduro bernama International Six Days Enduro (ISDE). Rutin digelar setiap tahun dan lokasinya selalu berpindah-pindah negara. Masing-masing negara boleh mengajukan diri sebagai tuan rumah ISDE, karena ini bisa dibilang olimpiade bagi balapan enduro. Tahun ini, dihelat di Portugal. Maka itu KTM menelurkan Six Days spesial edition Portugal.


Bedanya dengan model standar, paling mencolok terlihat dari grafis yang mencerminkan bendera Portugal. Dikombinasikan warna merah, aksen hijau, putih, hitam dan kelir khas KTM, jingga. Warna sasisnya juga beda, versi reguler hitam, yang spesial jingga. Membuat aura KTM di versi Six Days menjadi lebih kental. Sedang dari segi basic mesin, sasis dan suspensi, bisa dibilang keduanya sangat identik.


Rangka bagian tengah dibalut frame guard warna gelap. Di bawah mesin ada skid plate, untuk melindungi mesin dari benturan. Terdapat aksen tulisan six days di stang, pelek dan knalpot. Kemudian versi Six Days, pakai triple clamps CNC dan sprocket Supersprox orange anodize. Sarung jok beda dengan yang standar. Yang spesial punya tombol engine mapping, untuk memilih karakter kebuasan mesin.


Frame menggunakan bahan baja chromoly terbaru, tipe double cradle. Menjadikannya sebagai sepeda enduro paling tipis, paling ringan dan dapat berbelok dengan cepat. Ia punya ground clereance 355 mm dan tinggi tempat duduk 960 mm. Peredam kejut depan upside down lansiran WP Suspension tipe Xplore, dengan jarak travel 300 mm. Kapasitas tangkinya dapat menampung 9 liter bahan bakar. Dan berat kosongnya cuma 106 kg.


KTM IIMS Motobike


Jantung pacunya menggendong mesin berkapasitas 449 cc, single silinder, SOHC, 4-tak. Dimensi piston 95 mm dan langkahnya 63,4 mm. Paling menarik, kepala silinder dipangkas 15 mm dari model lama. Membuat bobot cylinder headnya terpangkas 500 gram. Jadi, akselerasi menengah ke atasnya lebih ‘nendang.’ Menggunakan transmisi manual 6-percepatan racikan Pankl Racing Systems. Sayangnya, KTM tidak membeberkan daya yang mampu dikeluarkan dari motor Enduro ini.


Sebenarnya, berbagai macam part yang terpasang di KTM Enduro Six Days bisa dibeli terpisah dalam katalog KTM PowerParts. Jadi yang punya versi standar bisa diupgrade menjadi spesial edition. (Bgx/Van)


Baca Juga: Benelli Imperiale 400 Meluncur di IIMS Motobike Expo

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store