• Wishlist

Kelas Baru untuk Pemula Berikan Nuansa Baru YSR 2019

Yamaha Sunday Race (YSR) memasuki tahun ke-5. Total ada 4 seri yang dilombakan. Akhir pekan ini, YSR memasuki seri ke-3 dan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (27/10). Hadirnya kelas All New R15 Community B-Beginner dan Sport 250 cc Comm B-Beginner memberikan nuansa baru.


Yamaha Sunday Race


Berkat kelas baru itu, pembalap pemula dari komunitas bisa ikut balapan. Selain ingin belajar balap secara profesional, para pembalap beginner juga bisa merasakan sensasi balap di sirkuit. Sebanyak 220 peserta berpartisipasi di ajang balap khusus motor sport Yamaha. Animo peserta meningkat dari dua seri sebelumnya, yang diramaikan 215 peserta.


"Di Yamaha Sunday Race jumlah starternya selalu konsisten di angka dua ratusan. Adanya kelas baru Sport 150 cc Beginner dan Sport 250 cc Beginner menjadi daya tarik tersendiri. Kita memberikan kesempatan mereka untuk bisa balap di Sentul. Kita wadahi hobi mereka, itu juga untuk masa depan balapan di Indonesia," ujar Muhammad Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM).


Pembukaan kelas pemula dibuat atas masukan dari komunitas. Terdapat perbedaan dibanding kelas Comm B. Kelas pemula, bisa dikategorikan pembalap yang benar-benar baru mengenal balap. Motor yang digunakan juga tidak banyak mendapat ubahan. Hanya penggantian ban, knalpot, footstep dan piggyback.


“Tahun lalu, Sport 250 cc Comm B-Beginner baru dikenalkan. Di tahun ini ternyata makin banyak persertanya. Hadirnya Yamaha R15 terbaru juga menjadi salah satu alasan. Komunitas pengguna R15 ini juga ingin merasakan kompetisi di lintasan sirkuit. Maka itu, kelas All New R15 Comm B-Beginner terbentuk atas hasil diskusi kami dengan komunitas,” kata Kadek Suma Adnyana, Manager Motorsports PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM).


Yamaha Sunday Race


Di seri 3, terhitung ada 34 starter pada Sport 150 cc Comm B-Beginner dan 24 rider pada Sport 250 cc Comm B-Beginner. Dengan jumlah segitu, bisa dibilang Yamaha All New R15 Comm B-Beginner menjadi salah satu kelas terfavorit di Yamaha Sunday Race.


“Sudah terbukti, teman-teman komunitas dapat mempertajam waktunya. Itu artinya mereka sangat serius dalam memperlajari berbagai hal, pastinya sehubungan dengan persiapan balap hingga race day. Termasuk langkah evaluasi bersama mekanik dan kru tim. Kemajuan riset All New R15 untuk kelas Sport 150 cc juga terlihat mengalami kemajuan signifikan, dan ini menjadi lebih baik ke depannya,” jelas Kadek Suma.


Tercatat banyak komunitas yang daftar di kelas All New R15 Beginner, seperti; YROI, YRFI, TROW, RVI, SMC, YMTI, R15CI, Yamaha R15 Club Indonesia dan R15ER. Kemudian Sport 250 cc Comm B Beginner ambil bagian dari komunitas YARRCI ROCK, YROI, Cornering Indonesia, Trow dan YMTI serta Brotherhood 250 Indonesia.


Untuk diketahui, Sebanyak 13 kelas dilombakan dalam putaran ke-2 Yamaha Sunday Race 2019. Yaitu Superstock Up To 1000 cc, kemudian Sport 250 cc Professional Rider, Sport 250 cc Community Professional Rider, Sport 250 cc Community A Rider, Sport 250 cc Community B Rider, Sport 250 cc Community B Consulation Rider dan Sport 250 cc Community B Beginner Rider.


Kemudian untuk kategori Sport 150 cc mencakup All New R15 Professional Rider, All New R15 Idemitsu Junior Pro Rider, Sport 150 cc Community Professional Rider, Sport 150 cc Community A, Sport 150 cc Community B dan All New R15 Community B Beginner Rider. (Bgx/Van)


Baca Juga: Vinales Anti-klimaks, Marquez Menang Mudah di Australia

Jelajahi Yamaha R15

Yamaha R15 Rp 36,08 Juta Cicilan : Rp 823.217

Bandingkan & Rekomendasi