Suzuki V-Strom 250, Bukan Lagi Motor Konsep

Suzuki V-Strom 250, Bukan Lagi Motor Konsep

Perkenalan V-Strom 250 concept di negeri Tirai Bambu beberapa waktu lalu memang mengundang banyak pertanyaan, termasuk kami. Pasalnya, ditengah gebrakan varian keluarga motor sport GSX yang diperkenalkan secara bertubi-tubi, Suzuki rupanya masih sempat 'bermain mata' dengan genus motor adventure. Memang, bukanlah kali pertama brand motor asal Jepang ini menggeluti kendaraan penjelajah. Karena sebelumnya sudah ada V-Strom 650 dan V-Strom 1000.

Nah, indikasi V-Strom 250 akan menjadi produksi massal sendiri mencuat dalam perhelatan EICMA 2016 yang digelar di Milan, Italia. Menurut Suzuki, melalui model ini dapat menyajikan kesenangan berkendara dan sensasi berpetualang kepada para biker pemula maupun konsumen yang pertama kali membeli motor.

Suzuki V-Strom 250 Tampak Depan

Walaupun bergaya adventure bike dan seperti 'mini' V-Strom, line-up ini diakui tetap mumpuni untuk digunakan sehari-hari dan berkendara jarak jauh atau touring. Hal tersebut didukung oleh posisi berkendara yang nyaman dan ketinggian jok yang pas, sehingga mudah memijakkan kaki ketika berada di kepadatan lalu-lintas. Tak hanya itu, pada sisi samping bodinya sudah dilengkapi dengan mounting untuk menggendong boks penyimpanan barang.

Bergeser ke urusan jantung mekanis, Suzuki mempercayakan mesin V—Strom 250 dengan konstruksi yang sama seperti motor full fairing GSX250R. Yakni berkekuatan 248 cc, SOHC, fuel injection dan didukung perangkat radiator. Potensi yang dimilikinya yaitu menyemburkan daya 25 PS dan torsi 23,4 Nm serta dihantarkan ke roda belakang via transmisi manual 6-percepatan.

Akan tetapi, Suzuki turut memberikan beberapa racikan berbeda kepadanya seperti pembaharuan saluran intake yang berguna memperbesar aliran udara ke ruang bakar, lalu dipercaya telah memenuhi persyaratan regulasi EURO 4 dan diklaim sanggup menempuh jarak hingga 500 kilometer dalam kondisi bahan bakar satu terisi penuh 17 liter.

Suzuki V-Strom 250

Pindah ke urusan kaki-kaki, V-Strom 250 didukung oleh peranti suspensi depan bertipe teleskopik dan belakang monoshock. Kemudian, ukuran ban tubeless tapak lebar yang membalut velg palang 10 berdiameter 17 inci yakni 110/80 dan 140/70.

Untuk pendukung pengereman, Suzuki mempercayakan piringan cakram pada setiap rodanya dan menginstalasi anti-lock braking system (ABS). Menariknya, V-Strom 250 nanti tersedia juga dalam trim non ABS, sehingga banderol bisa lebih terjangkau.

Sedikit mengulik rancang bangunnya, adventure bike Suzuki ini didandani dengan visor bernuansa kaku, lampu utama berbentuk bulat serta moncong depan yang agresif. Di sisi sampingnya, tampak tangki yang besar dan jok yang bertingkat serta braket untuk mengakomodasi top boks. Kemudian di buritan, terlihat lampu rem berteknologi LED.

Tidak ketinggalan, bertugas sebagai layar monitor kondisi berkendara, V-Strom 250 ditanamkan instrumen cluster berkonsep full digital dengan iluminasi latar belakang biru, serupa yang dikenakan di GSX250R.

Baca Juga : GESITS Uji Ketangguhan Dengan Touring Jawa-Bali

Sumber Foto : morebikes.co.uk

Model Motor Suzuki

  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki GSX S150
    Suzuki GSX S150
  • Suzuki NEX II
    Suzuki NEX II
  • Suzuki GSX 150 Bandit
    Suzuki GSX 150 Bandit
  • Suzuki Smash FI
    Suzuki Smash FI
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki Gixxer SF 250
    Suzuki Gixxer SF 250
  • Suzuki NEX Crossover
    Suzuki NEX Crossover
Motor Suzuki

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Suzuki Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Suzuki