Inilah Empat Hal Baru di Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

Inilah Empat Hal Baru di Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance
Gambar
Review Pengguna

Secara fisik, kami yakin Anda tak begitu pangling dengan model lama Piaggio MP3. Lantaran memang hampir tak tertera revisi bentuk maupun tambahan aksesori di sekujur tubuh. Fokus pembaruan skuter tiga roda bernama lengkap MP3 500 HPE Sport Advance ini terletak di balik bodi bongsor. Meliputi performa mesin, fitur elektronik, hingga kenaikan harga.

Performa Mesin

Penyematan titel HPE (High Performance Engine) bukan tanpa arti. Ini adalah rangkaian dapur pacu generasi terbaru untuk MP3. Pastinya tertera banyak ubahan terkait komponen pendukung di ruang bakar. Sehingga performanya diklaim naik 14 persen.

Bicara konfigurasi dan ukuran, sebetulnya sama persis. Satu silinder 493 cc berpendingin cairan dengan ukuran bore dan stroke 94 mm x 71 mm. Tampak serupa generasi MP3 lama yang beredar di Indonesia. Namun ketika melirik catatan daya kuda, meningkat jadi 44,2 Hp/7.750 rpm dan torsi 47,5 Nm/5.500 rpm.

Sebagai perbandingan saja, jantung lama hanya memproduksi daya 38,2 Hp dan torsi 45,5 Nm. Kenaikan ini mestinya lumayan terasa. Meskipun harus memangku bobot yang tak kecil, 244 kg. Paling tidak di kelasnya kini ia jadi yang terkencang. Dibanding Peugeot Metropolis maupun Qooder si skuter empat roda.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Buka Diler Baru di Kudus Sekaligus Beri Promo Menarik

Mengenai penyalurnya masih sama memakai CVT ke roda belakang. Sementara respons putaran gas disempurnakan lewat sistem ride-by-wire. Sekaligus membuatnya punya dua mode berkendara: Eco dan STD. Masing-masing bekerja mengatur pasokan bensin ke ruang bakar sesuai kebutuhannya.

Piaggio MP3 500

Fitur Pengendalian

Hal paling dibutuhkan skuter jenis begini adalah gigi mundur. Lantaran bobotnya begitu berat serta memiliki dimensi besar. Piaggio, cukup peka atas problematika terkait dan memasangkannya di generasi teranyar MP3.

Pemindah mode D (Drive) dan R (Reverse) berbentuk sakelar di area dashboard motor. Namun perlu dipahami. Ketika mengganti ke opsi mundur, bukan tuas gas yang diputar. Melainkan menekan switch starter, seketika MP3 pun mundur perlahan. Praktis di kala harus berputar arah maupun keluar dari area sempit. Mengingat radius putarnya tak kecil.

Sementara pengunci dua roda depan tetap sama. Bisa dioperasikan lewat tombol elektronik. Tatkala hendak berhenti, tinggal membuat ancang-ancang menekan tombol pengunci supaya tak perlu turun kaki. Di keadaan seperti itu, motor bisa berdiri stabil tanpa penopang apapun. Komplet beserta rem tangan agar lebih aman lagi.

Mekanisme suspensi depan tetap mempertahankan model parallelogram dengan empat lengan. Bagusnya MP3, suspensi hidrolisnya independen kiri kanan. Ketika salah satu roda menginjak lubang sementara satunya tidak, seharusnya tak memengaruhi satu sama lain. Beda dengan milik Peugeot, yang hanya mengandalkan shock di horizontal di tengah.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Rilis Vespa Primavera X Sean Wotherspoon, Dijual Terbatas

Barang baru di area kaki-kaki, justru terletak di belakang. Kini dua shock breaker dibuat oleh Kayaba. Terdapat empat setelan preload yang bisa diseting manual. Sementara jarak main mencapai 108 mm.

MP3 Sport HPE

Warna dan Lampu

MP3 hadir dengan satu warna mentereng, Oro Opaco. Adalah perpaduan warna emas dan hitam, merepresentasikan kesan mewah, elegan, serta sporty sekaligus. Ini menjadi warna paling baru sekaligus pilihan tunggal di diler.

Kalau mukanya tak banyak berubah. Grille besar hitam tetap menghias area fasad. Serta memiliki tekukan bodi persis generasi kemarin. Dari depan hingga belakang. Hanya saja DRL LED yang tadinya di tengah, masuk ke bawah mika split. Membuatnya jadi lebih atraktif. Sementara pencahayaan utama tetap halogen, namun di belakang sudah LED.

Harga

Kenaikan harganya cukup signifikan. Dua tahun ke belakang, MP3 500 Business dipasarkan mulai Rp 280 jutaan. Sekarang skuter tiga roda ini baru bisa ditebus senilai Rp 360 juta OTR Jakarta. Alias ada peningkatan sekitar Rp 80 jutaan. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance Meluncur di Indonesia, Punya Gigi Mundur

Jelajahi Piaggio MP3 500

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store