Piaggio MP3 500

Jangan lewatkan tawaran terbaik bulan ini.

Motor Piaggio MP3 500 2023

Piaggio MP3 500 2023 adalah 2 seater Scooter. Terdapat dalam 1 varian di Indonesia. MP3 500 digerakkan oleh mesin 493 cc dengan transmisi Variable Kecepatan. Rem depan menggunakan Disc, sedangkan di belakang Disc. Pesaing terdekat Piaggio MP3 500 adalah Freego Connected, Dazz, Neo XR dan Rockz.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Piaggio MP3 500 Spesifikasi

Kategori
Bensin Scooter
Opsi start
Bensin Electric
Rem Depan
Bensin Disc
Kapasitas
Bensin 493 cc
Tenaga Maksimal
Bensin 43.5 hp
MP3 500 Spesifikasi

Ceritakan tentang desain, kenyamanan, dan fitur keselamatan kendaraan Anda. Bantu teman Anda membuat keputusan yang tepat.

S&K* Tulis Review

Piaggio MP3 500 : Dari Para Ahli

Dapatkan wawasan yang lebih baik dan bantuan untuk membeli atau tidak
Hal-hal yang kita sukai di MP3 500
  • Gigi mundur memudahkan manuver
  • Tenaga mesin terdongkrak signifikan
  • Fitur keselamatan lengkap
  • Ada mode berkendara
Hal-hal yang tidak kami sukai di MP3 500
  • Sistem hiburan opsional
  • Pencahayaan belum sepenuhnya LED
  • Kenaikan harga lumayan tinggi

Informasi Terkini MP3 500

Di luar dugaan, Piaggio MP3 masuk dalam agenda penyegaran produk jenama Italia di 2020. Versi terbaru ini berganti nama jadi 500 HPE Sport Advance, mengisyaratkan terdapat serangkai ubahan. Dan memang benar adanya. Meski tak tampak revisi wajah kentara, teknologi modern serta dapur pacunya semakin optimal.

Salah satu hal paling menarik ialah tersedianya gigi mundur. Kita tahu, ini menjadi solusi praktis atas bobot dan dimensi yang super besar. Di generasi terdahulu, untuk memundurkan MP3 butuh usaha keras. Kini cukup dengan mengganti switch di saklar dan seketika motor bisa dimundurkan perlahan.

Mekanisme bukaan gas turut diganti mengadopsi sistem ride-by-wire. Seharusnya pasokan bahan bakar bisa makin akurat, efisien, serta responsif sebab diatur komputer. Sebab itu pula ia memiliki dua mode berkendara sekaligus: Eco dan STD.

Dapur pacu tak luput direvisi oleh insinyur Italia. Mesin lama berganti generasi, membawa titel HPE (High Performance Engine) yang dikenal memberikan performa optimal. Kubikasinya masih sama, namun kinerja diklaim lebih baik 14 persen.

Konfigurasi dan kubikasi sebetulnya masih sama. Satu silinder 493 cc dengan komposisi over bore, 94 mm x 71 mm. Tapi catatan output berhasil meningkat jadi 44,2 Hp di 7.750 rpm dan torsi 47,5 Nm memuncak pada 5.500 rpm. Cukup signifikan mengingat daya kuda generasi lama masih di kepala tiga.

Sementara fitur keselamatan dan pemanja tentu dipertahankan. Seperti sensor ABS terkoneksi di setiap roda. Berikut disediakan ASR (Anti-slip Regulation), demi menjaga traksi tak berlebih ke roda belakang. Roll lock (Pengunci roda depan) juga tetap dioperasikan secara elektronik. Memudahkan saat hendak berhenti di persimpangan.

Panel instrumen sebetulnya tak beda jauh dengan versi lama. Memadukan model dua kluster analog dan satu layar digital di tengah. Informasinya juga lengkap, meliputi semua kebutuhan. Dan jika berminat memasang sistem hiburan, tersedia opsi Piaggio MIA: Sistem yang dapat menghubungkan layar instrumen dengan gawai melalui Bluetooth. Untuk menampilkan navigasi, panggilan telepon dan lainnya.

Hampir tak ada perubahan besar pada wujud. Sekadar pemanis aksesori, seperti LED DRL di bawah lampu utama. MP3 baru juga dikemas dalam satu warna saja, Oro Opaco. Perpaduan emas dan hitam yang memancarkan aura sporty sekaligus mewah. Piaggio Indonesia menjualnya di Rp 360 juta OTR Jakarta. Alias naik sekitar Rp 80 juta dari generasi lawas.

Varian Piaggio MP3 500

Ada 1 varian yang tersedia dari MP3 500: HPE Sport Advanced.

Mesin Piaggio MP3 500

MP3 500 ditenagai oleh Pendingin Cairan EFI 493 cc 1 Cylinder Mesin yang menghasilkan Tenaga 43.5 hp pada 7750 rpm dan Torsi 47.5 Nm pada 5500 rpm. MP3 500 memilik ketinggian kursi 790 mm.

Fitur Piaggio MP3 500

Fitur pendukung sasis, suspensi & rem meliputi Shock Absorber Suspensi Belakang, Articulated Quadrilateral Suspensi Depan, Disc Rem Depan, Disc Rem Belakang, Side Wings dan Dual Stepped Tipe Jok.
Fitur di konsol meliputi Digital Panel Instrumen, Digital Indikator Bbm, Tachometer, Tripmeter, Tidak Navigator, Layar Display, Digital Speedometer dan Tidak Indikator Standar Samping.

Pesaing Piaggio MP3 500

Pesaing MP3 500 adalah: Yamaha Freego Connected, TVS Dazz, TVS Neo XR, TVS Rockz dan Yamaha Mio M3 125.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Harga Piaggio MP3 500 2023

Harga Piaggio MP3 500 2023 mulai dari hingga . Simak daftar harga MP3 500 2023 di bawah untuk melihat harga OTR dan promo yang tersedia.

  • Bensin
Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced
CVT, 2 Kursi, 493 cc, 43.5 hp
Lihat Promo

Bandingkan Piaggio MP3 500 Dengan Motor Sejenis

TVS Dazz
TVS Dazz
Rp 14,45 - 14,83 Juta
Harga Dazz
TVS Neo XR
TVS Neo XR
Rp 13,95 Juta
Harga Neo XR
TVS Rockz
Selis E-Max
Selis E-Max
Rp 11,5 - 24 Juta
Harga E-Max
United Type M
Diameter x langkah 53.5 mm x 48.8 mm
53.5 mm x 48.8 mm
57 mm x 48.8 mm
-
-
Kapasitas 109.65
109.7
124.5
-
-
Jenis Mesin DIGITECH-R ENGINE , 4-Stroke, SOHC
4-Stroke, SOHC
4 Stroke, SOHC, Air Cooled
-
-
Bandingkan Sejenis Motor

Bandingkan Varian Piaggio MP3 500

  • Bensin
  • MP3 500 HPE Sport Advanced
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • CVT
    • Immobilizer
    • Indikator Lampu
    • Adjustable Headlights
    • Side Wings
    • ABS
    • Layar Display
    • Reflektor samping
    • Traction Control
    • Sandaran kursi
    • Outlet Aksesoris
    • Tachometer
    • Tripmeter
    Lihat Lainnya Lihat Promo

Review Piaggio MP3 500

Helmi Alfriandi says

Helmi Alfriandi

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance merupakan generasi teranyar skuter tiga roda jenama Italia. Kendati tak tampak revisi besar soal wujud, pemasok tenaga mengalami ubahan signifikan. Diikuti tambahan teknologi modern nan fungsional. Piaggio Indonesia menjualnya dengan banderol Rp 360 juta OTR Jakarta.

Letak perubahan difokuskan pada bekalan dapur pacu dan fitur modern. Mesin 500 cc bertitel HPE (High Performance Engine) sekarang jadi sumber tenaga. Walaupun kubikasi dan padanan ukuran silinder tak banyak berubah, terdapat esktraksi tenaga 14 persen lebih baik dari generasi sebelum.

Konfigurasinya satu piston 493 cc dengan ukuran diameter silinder 94 mm dan langkah 71 mm. Persis yang lama. Namun catatan daya kuda meningkat ke angka 44,2 Hp di 7.750 rpm serta torsi 47,5 Nm memuncak pada 5.500 rpm. Sebagai perbandingan, mesin non-HPE menghasilkan daya maksimal 38,2 Hp serta tenaga dorong 45,5 Nm. Lumayan signifikan.

Fiturnya pun makin pintar. Dimensi dan berat motor yang di atas rata-rata kini bukan persoalan lagi. Sebab ia memiliki gigi mundur yang bisa dioperasikan lewat tombol. Sebagai informasi, setelah mengubah dari “D” ke “R” bukan tuas gas yang diputar. Melainkan switch starter, barulah motor perlahan mundur.

Kalau mukanya kurang lebih serupa. LED DRL yang tadinya di tengah kini berpindah ke bawah lampu utama. Sementara sisanya tak banyak diubah. Kecuali kemasan warna emas berpadu dengan hitam.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Fitur Piaggio MP3 500

Daya tarik skuter tiga roda terletak pada kestabilan dan kenyamanan. Dan rasanya MP3 memenuhi kriteria tadi. Kedua roda depan dapat dikunci lewat sentuhan jari, alias tombol elektrik. Sehingga tak perlu lagi turun kaki ketika berhenti di lampu lalu lintas. Fitur yang disebut roll lock itu bakal merilis secara otomatis saat tuas gas diputar.

MP3 tak punya standar samping maupun tengah. Ketika hendak memarkir – selain mengunci roda depan – ada pula rem tangan hidrolik yang menahan ban belakang. Tak perlu khawatir motor berpindah posisi saat berhenti di permukaan landai.

Soal kenyamanan juga memuaskan. Jok pengendara maupun penumpang masing-masing diberi penopang pinggul. Selain itu dimensinya lebar dan busa sadel cukup lebar. Plus, pijakan kaki rider termasuk luas. Perjalanan jauh mestinya tak begitu terasa berkat fasilitas ala cruiser tadi. Dan juga, windshield super tinggi menjadi bawaan standar – melindungi pengendara dari empasan angin.

Lantaran ruang kaki berlebih tadi, Piaggio juga menyediakan pedal rem kaki seperti mobil. Pedal bekerja untuk pengereman belakang. Tapi jika merasa kagok dengan itu, tuas rem kiri juga tetap bekerja sebagaimana mestinya. Keduanya saling terintegrasi.

Ruang di balik jok lebih dari cukup untuk membawa banyak barang. Begitu luas dan lebar. Menunjang untuk mengakomodir perbekalan jalan jauh. Adapun tambahan laci tersembunyi di depan kokpit, sekaligus berisi soket listrik untuk mengisi daya gawai.

Mekanisme ride-by-wire juga membuatnya bisa memiliki dua mode mengendara, yakni Eco dan STD. Respons gas pada mode Eco tentunya tak sesensitif yang standar. Supaya menghemat konsumsi bahan bakar. Sementara STD merupakan mode normal.

ASR (Anti-slip Regulation) tetap diwariskan dari MP3 lama. Fungsinya persis kontrol traksi. Menjaga putaran roda belakang tak berlebih hingga kehilangan grip. Fitur ini bisa dinyala-matikan lewat pengaturan tombol.

Bagian paling menarik, MP3 baru punya gigi mundur. Tentu menjadi fasilitas penting mengingat bobot dan dimensinya besar. Untuk mengubahnya tinggal memencet sakelar. Sementara bukan tuas gas yang diputar saat hendak mundur. Melainkan harus menekan switch starter. Seketika motor pun mundur perlahan.

Kelengkapan kokpit dasar MP3 sebetulnya sudah lengkap. Berbagai informasi fundamental tersaji lewat kluster analog dan digital. Tapi jika mau menambah opsi, tersedia sistem Piaggio MIA. Platform yang dapat menghubungkan layar instrumen dengan gawai.

Desain MP3 500

Tak begitu banyak perubahan tertera. Desain MP3 masih kental mengikuti generasi sebelum. Menyoal kosmetik saja. Seperti pemindahan LED DRL dari tengah ke bagian bawah lampu utama. Sementara sorot cahaya headlight pun masih halogen. Selain itu warnanya juga baru, yakni paduan emas dan hitam. Sisanya boleh dibilang hampir identik.

Pengendalian & Pengendaraan Piaggio MP3 500

Struktur utama MP3 berjenis double cradle tubular steel. Yang unik, suspensi depan ditopang empat lengan atau disebut Piaggio Articulated Quadrilateral, serta terhubung link parallelogram. Sementara mekanisme peredamannya full hidrolis. Dan di belakang, dua shock breaker buatan Kayaba menjadi penopang. Terdapat empat setelan preload, dengan jarak main 108 mm.

Peranti deselerasi cukup optimal. Dua roda depan masing-masing dipasang rem 258 mm. Lantas di belakang berukuran 240 mm. Ketiganya terkoneksi sensor ABS demi mengurangi risiko ban terkunci saat hard braking.

Mesin & Konsumsi BBM MP3 500

Mesin 500 cc HPE (High Performance Engine) sekarang jadi sumber tenaga. Kubikasi dan padanan ukuran silinder tak banyak berubah, tapi terdapat ekstraksi tenaga 14 persen lebih baik dari generasi sebelum.

Konfigurasinya satu piston 493 cc dengan ukuran diameter piston 94 mm dan langkah 71 mm. Persis yang lama. Namun catatan daya kuda meningkat ke angka 44,2 Hp di 7.750 rpm serta torsi 47,5 Nm memuncak pada 5.500 rpm. Sebagai perbandingan, mesin non-HPE menghasilkan daya maksimal 38,2 Hp serta tenaga dorong 45,5 Nm. Cukup signifikan.

Pertanyaan & Jawaban Piaggio MP3 500 (FAQ)

Berapa tinggi jok Piaggio MP3 500?

Tinggi jok MP3 500 adalah 790 mm .

Sangat Membantu (243)

Seberapa besar tenaga MP3 500?

Keluaran daya maksimum dari Piaggio MP3 500 adalah 43.5 hp dan torsi maksimum adalah 47.5 Nm .

Sangat Membantu (147)

Berapa kapasitas mesin Piaggio MP3 500?

Mesin Piaggio MP3 500 memiliki kapasitas 493 cc Single Cylinder, 4-Stroke, 4-Valve, Liquid-Cooled, SOHC .

Sangat Membantu (121)
Lihat FAQ Lainnya

Pertanyaan Terbaru

has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa saja warna yang tersedia untuk Piaggio MP3 500?

R
Rudi haryono13 Jan, 2023
Street black dan street silver black
Lihat 29 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa kelebihan dan kekurangan Piaggio MP3 500?

P
p.un22 Agu, 2022
jok agak tinggi, tapi bisa disiasati dgn mengganti roda ke ring 17, aslinya 19-18 radius putar panjang, terutama tuk putar balik kekanan butuh haluan melebar
Lihat 106 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa saja fitur keselamatan yang ada pada Piaggio MP3 500?

E
Emil Panggabean31 Jul, 2022
Rem double system, alarm suara lampu sein, pelindung angin untuk pengendara
Lihat 14 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Varian Piaggio MP3 500 mana yang paling tinggi?

A
ANRI09 Des, 2022
Stylish dan prestige
Lihat 72 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa alternatif selain Piaggio MP3 500 di rentang harga yang sama?

T
TMI acc26 Jan, 2023
DTRACKER, jangan pernah ambil CRF selain sudah pasaran juga banyak pengeluaran, mending karbu karna lebih gampang disetting ketika ganti kenalpot , beda dengan injeksi yang harus ganti ecu/remap. Kalau dibilang masalah irit, Dtracker dengan CRF sama sama irit. Karna saya sudah coba dengan punya teman, tapi tetap WR paling joss
Lihat 34 Jawaban Jawaban
author
Pertanyaan Piaggio MP3 500

Motor Piaggio Pilihan

  • Populer
Motor Piaggio

Dealer Piaggio Terdekat

Dealer Piaggio Di Jakarta Selatan

Berita Otomotif Dan Review

  • Berita MP3 500
  • Road Test MP3 500
Berita Motor MP3 500
Road Test Motor MP3 500

Modifikasi Motor

Modifikasi Motor