Piaggio Ajukan Hak Paten Terkait Fairing Aero Friendly

Piaggio Ajukan Hak Paten Terkait Fairing Aero Friendly


Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (World Intellectual Property Organization) mempublikasikan permohonan paten internasional yang diajukan oleh Piaggio sejak Juni 2022. Gambar yang tersiar memberikan visual MP3 dengan fairing depan model aero friendly atau tetap lurus saat melewati tikungan. Sayangnya pihak pabrikan belum bisa memberikan informasi kapan sepeda motor roda tiga model baru ini dirilis.

KEY TAKEAWAYS

  • Fairing depan akan tetap lurus saat motor berbelok

    Katanya untuk memberikan downforce lebih besar saat kecepatan tinggi
  • Judul resmi dari aplikasi paten cukup deskriptif, yakni “Kendaraan Bermotor Bergulir Tipe Saddle-Riding dengan Fairing Depan Tidak Berguling”. Meski dalam keterangan gambar merupakan unit MP3, aplikasi menunjukkan penemuan ini dapat digunakan pada kendaraan roda tiga atau empat. Atau setidaknya terdapat dua roda di depan dan satu penggerak di belakang.

    Bukan tanpa alasan pabrikan asal Italia membuat teknologi seperti ini. Pihaknya mengatakan kalau ini berkaitan dengan aerodinamika. Selain itu tentu bersinggungan langsung dengan keselamatan, lantaran sorot lampu utama tetap menghadap lurus ke depan.

    piaggio non tilting

    Seperti kebanyakan aplikasi paten, yang satu ini menjabarkan setiap aspek dari penemuan dan tujuannya dengan sangat rinci. “Tujuan pertama adalah untuk menyediakan sepeda motor roda tiga atau empat, yang memiliki perilaku aerodinamis secara substansial dalam setiap kondisi pengoperasian. Selanjutnya buat menyediakan kuda besi dengan model fairing yang disederhanakan, dan tetap menghasilkan profil aerodinamis secara lebih efektif,” tulis Piaggio.

    Lebih lanjut pabrikan menyatakan untuk memberikan solusi dan meningkatkan keamanan dalam hal perangkat pencahayaan (lampu depan). Headlamp menyatu dengan fairing tanpa bantuan perangkat orientasi dan/atau perangkat lain dengan tujuan serupa. Last but not least, buat menyediakan sepeda motor roda dengan tiga atau empat yang diproduksi dengan biaya bersaing.

    Baca Juga: Piaggio MP3 300 Meluncur di Indonesia, Skutik Roda 3 Seharga Toyota All New Vios

     

    Teknologi ini cukup sederhana dan lugas, terutama untuk bahasa hak paten. Jika benar direalisasikan dan desain seperti ini terintegrasi ke MP3 masa depan atau kendaraan roda tiga atau empat Piaggio lainnya, aplikasi yang tersiar hanyalah satu dari serangkaian langkah awal menuju produksi kendaraan. Atau dengan kata lain, tetap menjadi hak paten.

    piaggio non tilting

    Dua tahun lalu, merek ikonik Italia juga merancang sistem aerodinamika terbaru. Unit roda tiganya yang didapuk menjadi ‘kelinci percobaan’. Ya, di bagian muka diberikan aero kit yang disebut-sebut sebagai winglet. Tentu bukan sekadar pajangan, mereka bertugas sebagai perangkat aerodinamika.

    Item itu bekerja secara aktif ketika MP3 melaju di atas 50 km/jam. Jika diibaratkan sama seperti spoiler mobil, sayap ini berfungsi memberikan efek downforce yang bertujuan memberi stabilitas ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Termasuk pula kestabilan jelang motor masuk dan keluar tikungan.

    Fitur ini bekerja secara independen. Jika motor menikung ke kanan, maka sayap sebelah kanan akan mengarah ke arah bawah. Sementara sayap sebelahnya justru menghadap ke atas. Tujuannya sama, meningkatkan kecepatan melahap tikungan dan memberi downforce pada roda depan, sehingga grip roda menjadi lebih baik.

    Tapi hingga saat ini pabrikan belum memberi informasi secara rinci mengenai aero kit maupun aero friendly. (BGX/ODI)

     

    Baca Juga: Desain Vespa Ditiru Merek Motor Listrik Lokal, PID Senang-senang Saja

    Jelajahi Piaggio MP3 500

    Model Motor Piaggio

    • Piaggio Medley
      Piaggio Medley
    • Piaggio MP3 500
      Piaggio MP3 500
    Motor Piaggio

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang