Cari Skutik Buat Touring yang Punya Bagasi Besar dan Ada Power Charger, Ini Pilihannya

Cari Skutik Buat Touring yang Punya Bagasi Besar dan Ada Power Charger, Ini Pilihannya

Skuter matik atau skutik yang dijual di Indonesia sangat beragam. Ada yang bermesin 110cc, 125cc, 150cc, 250cc hingga 530cc. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tapi bila dikaitkan dengan kegiatan touring, tentu yang bisa diandalkan adalah skutik yang memiliki bagasi besar dan punya power charger. Semua itu dibutuhkan untuk memberi kenyamanan perjalanan jauh. Berikut pilihan motor bertransmisi otomatis yang punya ruang penyimpanan luas dan punya electric power socket.

KEY TAKEAWAYS

  • Skutik untuk touring dengan bagasi lapang

    Ada Yamaha, Honda, Kymco sampai Piaggio
  • 1. Yamaha XMax 250

    Xmax

    Yamaha XMax sangat cocok buat aktivitas touring. Khususnya pengendara yang suka bawa barang banyak saat riding. Apalagi sering membawa boncengan. Bagasi berkapasitas 36 liternya dapat menaruh dua helm full face sekaligus. Praktis dan cukup fungsional.

    Untuk menaruh dua helm, posisi kaca pelindung kepala harus menghadap ke belakang. Bagian tengahnya ada ruang sedikit dan bisa buat menyimpan sarung tangan ataupun dompet. Tambahannya diberikan lampu di sisi kiri, jadi pengendara tak perlu khawatir saat membuka bagasi saat malam hari.

    Baca juga: Pilihan Motor Buat Touring, New Honda ADV 160 atau CB150X?

    Selain itu, ada kompartemen kecil di bagian dasbor bawah. Masing-masing dapat tertutup rapat dan sisi kiri sudah diberikan Electric Power Socket. Jadi pengendara bisa menyimpan sambil mengisi daya smartphone.

    Pada awal Januari 2022, dirinya mendapat ubahan minor. Tapi hanya sebatas tampilan. Urusan dapur pacu masih sama. Tetap mengemas enjin 250cc berpendingin cairan SOHC 1-silinder yang memuntahkan tenaga 22,5 daya kuda pada 7.000 rpm dan torsi maksimum 24,3 Nm yang dicapai pada 5.500 rpm.

    Untuk fiturnya, lampu depan dan belakang sudah LED, hadir kunci keyless, panel meter kombinasi analog digital, rem ABS (Anti-Lock Braking System) 2-channel, kontrol traksi (TCS), pengaturan windshield manual, dan lampu hazard. Skuter Maxi dengan mesin berkapasitas 250cc ini sekarang dijual Rp62,540 juta OTR Jakarta. Dan tersedia tiga pilihan warna Matte Green, Metallic Red dan Signature Black.

    2. Yamaha TMax DX

    TMax DX

    Salah satu keunggulan yang dimilikinya yaitu bodi bongsor, tenaga berlimpah dan desain mewah. Dari tingkat kepraktisan juga tidak perlu diragukan. TMax DX memiliki ruang penyimpanan yang lapang. Ia bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang suka touring dengan skutik dan membutuhkan bagasi luas untuk perjalanan jauh.

    Menyasar segmen atas, ia memang punya banyak fitur premium. Salah satunya bagasi dengan kapasitas yang dapat menampung dua helm half face. Namun sedikit tricky untuk meletakkan pelindung kepala sekaligus dua di bawah jok. Anda harus bisa mencari ruang yang tepat untuk kedua posisi helm dan sudah diberikan sistem pegas hidraulis untuk menutupnya.

    Tambahannya ada ruang kecil di bagian dasbor depan. Bagian kanannya suda diberikan Electric Power Socket lengkap dengan penutup. Buat fitur lainnya juga sangat fungsional. Ia sudah mengadopsi teknologi YCC-T atau Yamaha Chip Controlled Throttle yang di dalamnya dibenamkan Cruise Control dan Traction Control System. Lalu ada D-Mode, yang terdiri dari “T Mode” atau “S Mode”.

    skutik gambot yang didapuk sebagai kasta tertinggi di keluarga Maxi Yamaha ini memiliki kapasitas mesin 560 cc DOHC 2-silinder dan memiliki 4 katup sebagai sarana keluar masuknya bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Jantung pacunya mampu menghasilkan tenaga 46,9 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 55,7 Nm pada 5.250 rpm. Dan sudah lolos regulasi emisi Euro 5. Skutik moge Yamaha ini dibanderol Rp 320 juta OTR Jakarta. Pilihan warnanya ada Sword Silver dan Phantom Blue.

    3. Honda Forza 250

    Honda Forza 250

    Dari pabrikan Honda menawarkan Forza 250. Skutik besar ini menawarkan beragam fitur canggih, membuat semua orang nyaman mengendarainya. Apalagi didukung dengan bagasi super luas yang dapat menyimpan dua buah helm secara bersamaan. Cara meletakkannya cukup mudah, bisa ditaruh menghadap depan maupun belakang. Terdapat sisa ruang sedikit untuk barang bawaan lainnya.

    Tidak hanya itu, skutik bongsor dari Honda ini dilengkapi console box dengan USB Charger pada bagian depan. Jadi pengendara tak perlu khawatir kehabisan daya gawai saat melakukan perjalanan jauh. Apalagi kini sudah model USB, tinggal colok kabel charger bawaan smartphone tanpa perlu penambahan konektor. Posisinya bisa ditutup, jadi lebih aman.

    Fitur lainnya ada Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Semua pencahayaan berteknologi LED, panel meter kombinasi digital, Selectable Torque Control (HSTC), ASB dual channel, pengaturan windscreen secara elektrik, fitur passing lamp dan lampu hazard.

    Honda Forza 250 terbaru mendapat teknologi eSP+ (enhanced Smart Power+). Tetap menggendong mesin 249,01cc, SOHC, satu silinder, berpendingin cairan. Jantung mekanis ini sudah dilengkapi teknologi penyemprotan bahan bakar injeksi (PGM-FI). Performa di atas kertas sanggup menyemburkan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 23,5 Hp pada 7.750 rpm. Padanannya sistem transmisi CVT. Kapasitas tangki bensinnya 11,5 liter.

    Sayangnya harga Honda Forza 250 jauh lebih mahal dibandingkan XMax 250. Kini ia dibanderol Rp90,313 juta OTR Jakarta. Hadir dengan empat pilihan warna eksklusif yaitu Pearl Horizon White, Indy Gray Metallic, Mat Gunpowder Black Metallic dan Candy Rosy Red.

    4. Kymco Downtown 250i

    Downtown 250

    Tak hanya pabrikan Jepang, brand asal Taiwan juga punya produk yang bisa diandalkan buat touring. Ada Downtwon 250i yang memiliki panjang 2.250 mm, lebar 780 mm dan tinggi mencapai 1.310 mm. Dimensi itu membuatnya punya bagasi yang cukup luas. Kompartemen di bawah jok bisa menampung satu helm full face dan satu half face.

    Cara menaruhnya, kaca kedua helm harus menghadap ke depan. Full face di depan dan half face di bekalang. Tapi tidak semua jenis helm bisa masuk, karena memang tempatnya terbatas. Sama seperti skutik dari Jepang di kelasnya, di bagian depan juga terpasang 2 dua glove box. Di sisi kiri terdapat USB Port untuk mengisi ulang ponsel.

    Kymco Downtown 250i dibekali mesin 246,3cc, SOHC, satu silinder, dengan berpendingin cairan dan berteknologi inejksi. Output tenaga mencapai 22,5 Hp pada 7.750 rpm dan torsi 23 Nm di putaran 6.000 rpm. Motor ini sudah dilengkapi rem cakram di depan dan belakangnya.

    Skuter ini juga sudah memiliki panel instrumen digital yang bisa menyajikan berbagai informasi, mulai indikator bensin, jam, suhu mesin, tegangan aki, dan masih banyak lainnya. Saat ini Downtown 250i dijual dengan harga Rp77 jutaan OTR Jakarta. Warnanya tersedia Pearly Black, Silver Chrystal, dan Mat Grey.

    5. Piaggio Medley S 150 i-Get ABS

    Piaggio Medley 2020

    Meski punya kapasitas mesin lebih kecil dari yang lain, Piaggio Medley S juga punya bagasi yang lapang. Tentunya bisa mengakomodir para pengendara kala melakukan touring. Tak tanggung-tanggung, skutik asal Italia ini punya bagasi sebesar 36,2 liter. Bahkan kompartemen di bawah tempat duduknya mampu menyimpan dua helm full face. Untuk membukanya, cukup tekan tombol yang berada di bagian setang kemudi. Memudahkan pengendara untuk menyimpan perlengkapan berkendara.

    Di bagian depan juga terpasang 2 dua kompartmen di bawah setang atau kemudi. Cukup untuk menyimpan sarung tangan dan sebelah kirinya terdapat USB Port untuk mengisi ulang ponsel. Buat fitur lainnya ada pencahayaan full LED, LCD instrument cluster digital yang di dalamnya dibenamkan Piaggio Mia Connectivity System. Serta dilengkapi RISS (Regulator Inverter Start & Stop System) dan ABS dua channel.

    Skuter ini menggunakan mesin 155cc, 4-langkah, silinder tunggal, berpendingin cairan dan berteknologi Start & Stop. Dirinya mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,7 Hp pada 7.750 rpm dan torsi 14,4 Nm di putaran 6.500 rpm. Dengan dukungan mesin tersebut, menempatkan Medley 150 S ABS sebagai skuter paling bertenaga di kelas 155cc. Saat ini Piaggio Medley S 150 i-Get ABS dilepas Rp51,8 juta OTR Jakarta. Pilihan warna ada Yellow Sole, Red Scarlatto, dan Bronzo Opaco.

    Itulah deretan skutik dengan bagasi super lapang dan punya power charger. Anda berminat membelinya? (BGX/TOM)

    Baca juga: Ini Dia Pilihan Motor Trail Buat yang Ingin Naik Kelas

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature