jakarta-selatan
kali dibagikan

Ini Komentar Jokowi Setelah Mengendarai Motor Listrik Gesits

  • 07 Nov, 2018
  • 1600 Kali Dilihat

Motor listrik sedang hangat diperbincangkan masyarakat Indonesia. Di IMOS 2018, sedikitnya tampil tiga unit motor listrik. Salah satunya, Honda PCX, yang konon sebentar lagi melantai di pasar Indonesia. Ekosistem pasar motor listrik memang tengah gencar digemborkan dan diciptakan. Nah, pagi ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mencoba sepeda motor tanpa emisi garapan lokal.


jokowi jajal gesits


Jokowi menjajal langsung motor listrik Gesits, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Untuk diketahui, skutik listrik ini merupakan hasil kerja bareng, PT Gesits Technologies Indo (GTI) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.


Orang nomor satu di Indonesia ini, mengendarai Gesits dari Istana Merdeka hingga Istana Negara, dengan jarak sekitar 200 meter lebih. "Saya tadi coba, tapi tidak ada suaranya. Saya sukanya yang ngreng...ngreng....ngreng," jelas Jokowi, seperti dilansir dari News Liputan6.com, Rabu (7/11/2018). Dirinya juga mengungkapkan, sepeda motor listrik yang 100% buatan anak bangsa ini sudah melewati uji coba. "Ini bagus...ini bagus," sambung Presiden, setelah turun dari sepeda motor.


Saat menjajal Gesits, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menristekdikti M Nasir. Mereka menerima audiensi pihak-pihak yang terlibat dalam produksi sepeda motor listrik Gesits. Dalam pertemuan, dibahas mengenai persiapan produksi massal sepeda motor listrik bernama Gesits tersebut. "Motor listrik ini harapan saya November bisa produksi massal. Sebelum ketika itu dilakukan, nanti ada suatu launching yang dilakukan oleh pemerintah untuk dikenal ke publik dulu," ujar Nasir.


Namun menurut Direktur PT Garasindo Teknologi Indo (GTI) Zaki Nahdi Saleh, produksi massal ditargetkan bisa dimulai pada Januari 2019. Meski sejauh ini belum diproduksi secara massal, Zaki mengklaim produk Gesits sudah mendapat sambutan antusias dari masyarakat Indonesia. Bahkan mereka mengklaim sudah mengantongi pemesanan 30 ribu unit. Presiden Jokowi yang pada pagi tadi mencoba motor Gesits, juga berjanji siap memesan 100 unit Gesits.



Berapa harganya? Belum ada banderol pasti, namun diprediksi berada di kisaran Rp 22 juta hingga Rp 23 juta. Patokannya bukan berdasarkan ongkos produksi, namun juga melihat harga motor berbahan bakar fosil yang setara. Spesifikasi Gesits bisa disamakan dengan motor skutik bermesin konvensional 125cc.


Untuk spesifikasinya, Gesits ditenagai penggerak motor listrik dengan daya motor 5KW. Ia mampu menempuh jarak sejauh 80–100 kilometer dalam daya baterai penuh. Sedangkan kecepatan maksimalnya 100 km/jam. Kita tunggu saja kedatangannya. (Alx/Van)


Foto : Angga Yuniar (Liputan6)


Sumber: Liputan6


Baca Juga: Ayo Tumbuhkan Gesits-Gesits Lainnya!


 

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Gesits Electric

Lihat video terbaru Gesits Electric untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Gesits Pilihan

  • Komparasi