jakarta-selatan

IIMS 2019: Menanti Hadirnya Royal Enfield Bermesin 2-Silinder

  • 12 Apr, 2019
  • 955 Kali Dilihat

Kemarin (12/4) dihelat Press Conference Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 (IIMS). Dalam kegiatan ini, tak hanya para direksi dan sponsor IIMS yang hadir. Agen pemegang merek (APM), selaku peserta acara juga turut hadir mewakili masing-masing brand. Salah satunya Royal Enfield, produsen motor bergaya klasik.


Royal Enfield Interceptor INT 650 & Continental GT 650 Engine


Mereka memaparkan niatnya meluncurkan produk baru di ajang itu. Irvino Edwardly, Country Manager Royal Enfield Indonesia, menginformasikan keterangan itu di sela sambutannya, “Kami akan meluncurkan sebuah motor baru di IIMS 2019, tapi tidak kami informasikan sekarang.” Lalu ia memberikan sebuah cuplikan video teaser mengenai produk barunya ini.


“Satu-satunya clue adalah tagline ‘Pick Your Play’ pada cuplikan tadi.” tambahnya. Walaupun hanya ditunjukkan sedikit cuplikan, kami cukup yakin tagline itu digunakan untuk produk Royal Enfield bermesin dua silinder.


Ya, di negara asalnya dua motor bernama Interceptor 650 dan Continental GT 650 resmi mengaspal. Keduanya mengadaptasi mesin baru 650cc dua silinder. Belum bisa dipastikan dua motor ini diluncurkan pada ajang IIMS 2019 sekaligus. Namun setidaknya, salah satu darinya kami pastikan dikenalkan.


Kabar ini cukup menarik. Sebelumnya, seluruh produk Royal Enfield menggunakan konfigurasi mesin satu silinder. Bukan masalah tenaganya yang kurang karena hanya satu piston, namun suara yang dikeluarkan terkesan biasa saja. Cenderung tidak gahar. Pasalnya, produk mereka memiliki paras yang menurut kami cukup keren atas desain klasik ala motor perang dunia. Sayang sekali jika tidak dibarengi dengan suaranya. Untung saja, Royal Enfield menjawabnya dalam waktu dekat ini. Konsumen setia mereka pun kini tak perlu lagi repot-repot mengganti knalpot guna mencapai suara yang gahar.


Continental GT 650 maupun Interceptor 650 berbekal rangka dan jantung pacu yang sama persis. Tertanam mesin 648cc parallel-twin SOHC, pada rangka tubular double cradle-nya. Senjata baru itu mampu menyemburkan tenaga 47PS/7.250rpm dan torsi 52Nm/5250Nm.


Royal Enfield Continental GT 650 & Interceptor 650 1


Di atas kertas, jelas terlihat perbedaan karakter dengan mesin lama satu silinder. Kinerja mesin lebih optimal di putaran atas. Sedangkan, mesin lama dapat menggapai torsi dan tenaga di putaran yang sangat rendah. Memang ini menjadi salah satu perbedaan mendasar mesin satu dan dua silinder.


Mengenai banderolnya, belum ada informasi resmi. Tapi jika dibandingkan produk Triumph atau Harley-Davidson, pasti jauh lebih murah. Dan jika harganya benar kompetitif, kami rasa wajar membuat kompetitor sekelas ketar-ketir. (Hlm/Van)


Baca Juga: Dyandra Targetkan Transaksi IIMS Tembus Rp 4,6 Triliun

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Royal Enfield Interceptor 650

Lihat video terbaru Royal Enfield Interceptor 650 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Royal Enfield Pilihan

  • Populer
  • Komparasi