Royal Enfield Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition, Dominasi Hitam

Royal Enfield Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition, Dominasi Hitam

Tak banyak pabrikan sepeda motor yang masih beroperasi setelah lebih dari 100 tahun. Salah satunya Royal Enfield. Merek ikonik ini juga tergolong perusahaan roda dua tertua di dunia. Dan belum lama ini, pihaknya merayakan ulang tahun yang ke-120.

Royal Enfield pertama kali mengaspal pada November 1901 di Stanley Cycle Show, London, Inggris. Untuk mengenang sejarah itu, pihaknya merilis versi eksklusif Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition. Motor edisi spesial itu dikenalkan di pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia. Keduanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas, hanya 480 unit.

Kedua unit edisi terbatas menampilkan skema serbahitam. Mesin, suspensi dan elemen lainnya dilebur warna gelap. Paling mencolok tentu saja di bagian tangki yang dilapisi krom hitam. Dikembangkan langsung dengan menggunakan teknologi krom Enfield yang berada di Chennai, India. Model ini juga disempurnakan dengan garis-garis klasik berkelir emas. Motifnya dilukis lansung dengan tangan.

Royal Enfield Continental GT

Panampung bahan bakar itu dihiasi pula dengan lencana bernomor khusus berbahan kuningan die-cast. Istimewanya logo 3D itu dikerjakan oleh keluarga Sirpi Senthil, pengrajin multigenerasi dari Kumbakonam, Tamil Nadu, India. Keluarga tersebut adalah seniman atau pemahat yang sudah berumur ratusan tahun. Banyak generasinya sudah bekerja membuat kuningan untuk kuil di India dan sekarang diajak berkolaborasi dengan Royal Enfield. Meski begitu, secara mekanis tidak berubah dari model dasarnya.

Kedua sepeda motor juga menampilkan komponen yang benar-benar gelap. Ini adalah pilihan cerdas yang mengilhami sikap klasik sederhana Enfiled. Untuk membuat setiap model lebih eksklusif, masing-masing mendapatkan stiker panel samping yang menunjukkan 120 tahun Royal Enfield. Joknya juga dibuat mewah dan di atas lampu depan diberikan visor atau windshield kecil. Untuk Continental GT, diberikan spion model bar-end. Kedua motor ini juga dilengkapi dengan mud guard.

Baca juga: Lebih Mahal dari Versys 650, Ini Modal CFMoto 650MT Tarung di Segmen Moge Touring Indonesia

Royal Enfield Interceptor

Dari segi teknis atau sektor mesinnya, tidak ada perbedaan dengan versi standar. Semua fitur juga tetap dipertahankan, begitu pula suspensi dan pengeremannya.

Pabrikan juga menyediakan berbagai aksesori resmi. Seperti windscreen, pelindung mesin, pelindung tumit, kaca spion touring dan bar-end. Semuanya dicat serbahitam agar sesuai dengan tema keseluruhan.

Royal Enfield Logo

Seperti disebutkan sebelumnya, sepeda ini diproduksi terbatas, hanya 480 unit di seluruh dunia. Itu berarti ada 120 unit bakal tersedia di empat wilayah yang telah ditentukan Enfield. Dan masing-masing dibagi rata, 60 unit Continental GT dan 60 unit Interceptor 650.

Di India sendiri, twin 650 peringatan 120 tahun ditawarkan melalui penjualan online. Waktu pemesanan juga diberikan batas yakni sampai 6 Desember 2021. Tapi sayangnya belum ada penyebutan harga dari kedua sepeda motor ini. Tetapi RE mengatakan bahwa detail untuk proses penjualan dibagikan langsung ke alamat email yang terdaftar. (Bgx/Raju)

Sumber: Cycleworld, Financial Express

Baca juga: Yamaha R15 Baru Bisa Dibeli Lewat Marketplace, Ada Potongan Harga Hingga Rp 2 Juta

 

 

Jelajahi Royal Enfield Interceptor 650

Model Motor Royal Enfield

  • Royal Enfield Continental GT 650
    Royal Enfield Continental GT 650
  • Royal Enfield Interceptor 650
    Royal Enfield Interceptor 650
  • Royal Enfield Meteor
    Royal Enfield Meteor
  • Royal Enfield Classic 500
    Royal Enfield Classic 500
  • Royal Enfield Himalayan
    Royal Enfield Himalayan
Motor Royal Enfield

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Royal Enfield Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Royal Enfield

Bandingkan & Rekomendasi