Honda Forza 350 Meluncur Global, Dibanderol Rp 80 Jutaan

Honda Forza 350 Meluncur Global, Dibanderol Rp 80 Jutaan
Gambar
Review Pengguna

Honda Forza 350 meluncur secara global di Thailand. Kala lakoni debut di Bangkok International Motor Show (14/7), dipaparkan pula kebaruan yang dibawa produk buatan AP Honda ini. Salah satunya adalah jantung mekanik. Tidak lagi 250 cc, melainkan membangkak menjadi 350 cc. Menariknya lagi, skutik bongsor ini sudah bisa dipesan oleh konsumen.


Sekilas tak ada perbedaan signifikan dengan Forza 250. Walaupun jika ditilik lebih dekat, terdapat beberapa penyegaran. Paling kentara ialah sematan aksen berwarna silver di tebeng bagian samping (kanan-kiri). Dibuat lebih besar dan didesain selaras bentuk bodi barunya. Dari sisi ini saja sudah terlihat penegasan karakter agresif sang skutik. Bisa dibilang perawakannya kini lebih sporty, tak sekadar maskulin seperti model sebelumnya. Apalagi dengan bentuk knalpot demikian. Dibuat lebih menjulang, plus aksen serupa tebeng tadi.


Honda Forza 350 Bangkok Thailand


Ubahan memang tak menyentuh sektor penerangan. Baik lampu depan maupun belakang, masih sama dengan Forza 250. Pun halnya sein yang terintegrasi di spion depan. Perbedaan justru terletak pada windshield untuk menahan terpaan angin. Masih tetap bisa diatur dengan dua penyetelan (atas-bawah) lewat pengaturan tombol di kiri setang. Namun, pada Forza 350 ketinggian maksimal windshield-nya mencapai 150 mm. Bertambah 10 mm dibanding Forza 250 yang hanya 140 mm. Tidak signifikan, meski rasanya berpengaruh positif terhadap visibilitas.


Sajian dari balik kemudi Forza 350 pun tak berubah drastis. Pembeda hanya terletak pada ornamen yang membungkus setang. Sementara untuk informasi kendaraan, masih mengandalkan padu padan display analog dan digital. Bagian yang cukup menarik justru terletak pada konsol di bawah setang. Seperti halnya Forza 250, ruang di sebelah kirinya itu memang sudah dilengkapi USB port untuk mengisi daya ulang gawai. Plus tempat untuk menyimpan smartphone selama pengisian berlangsung. Namun pada Forza 350, ruang penyimpanan itu dibuat lebih besar hingga bisa memuat botol minuman.


Baca juga: Honda Super Cub Bersolek ala Kartun, Wujudkan Fantasi Para Pecinta “Weather Child”


Sementara di sebelah kanan, menjadi tempat untuk pengoperasian motor. Menggunakan sistem kunci keyless dengan remote yang memiliki kelengkapan Answer Back System, alarm dan fitur untuk mencari motor di lokasi parkiran. Bagian ini juga bersanding dengan tombol untuk membuka cover tangki bensin dan jok. Menyoal kapasitas masing-masing, tentu saja bertambah. Volume tangki bensin misalnya, meningkat dari 11,5 liter (Forza 250) menjadi 11,7 liter. Lalu daya tampung bagasi di bawah kursi, jelas bertambah walau masih sama-sama dapat menampung dua buah helm.


Honda Forza 350


Itu terjadi lantaran ada perbedaan dimensi Forza 350 dan Forza 250. Meski begitu, hanya panjangnya saja yang berbeda. Pasalnya, lebar keduanya tetap sama yakni 754 mm. Malah Forza 350 lebih rendah ketimbang sang adik. Itu kenapa penyetelan tempat duduk Forza 350 tetap dibuat sama, 780 mm. Sebaliknya, ground clearance versi 350 cc dibuat 147 mm atau 3 mm lebih tinggi dari Forza 250 (144 mm).



Diferensiasi paling signifikan tentu saja terdapat pada mesin. Sesuai identitas, Forza ini menggendong mesin berkubinasi 329,60 cc. Jantung mekanik dengan overhead camshaft itu diklaim pengembangan anyar. Responsif, namun juga minim gesekan hingga membuatnya tetap efisien. Diikuti pula dengan pengaplikasian filter udara 5,5 liter guna mengoptimalkan kompresi udara ke ruang bakar.


"Sebagai pemimpin pasar, Honda siap merangsang kembali industri sepeda motor Thailand. Dimulai dengan peluncuran All New Forza 350, yang pertama di Thailand dan dunia. Dengan mesin baru, eSP+, yang memberikan kekuatan superior. Menjawab kebutuhan orang yang suka performa tinggi. Sementara bodi didesain sesuai dengan aerodinamika. Ditingkatkan dan memberi kesan sporty juga kemewahan melebihi siapa pun. Ini adalah produk yang akan mengubah arah pasar big scooter Thailand ke era baru," ucap Shigito Kimura, Executive Chairman of AP Honda Company Limited.


Honda Forza


Kabar gembiranya, masyarakat di Thailand sudah bisa melakukan pemesanan. Di sana Honda Forza 350 dijual dengan harga 173,500 Baht atau sekitar Rp 80 jutaan. Sedangkan untuk ketersediaan warnanya meliputi: Black, White-Blue, Red-Black dan Blue-Black. Forza 350 mestinya juga menjadi produk global, sama halnya dengan Forza 250. Skutik ini juga dipasarkan di Indonesia dengan banderol Rp 83,810 juta. Apakah akan diikuti kemudian oleh Forza 350? Kita nantikan saja. (Ano/Tom)


Sumber: AP Honda


Baca juga: Honda Scoopy 2020 Punya Warna Baru dan Tiga varian

Jelajahi Honda Forza 250

Honda Forza 250 Rp 83,81 Juta Cicilan : Rp 1,91 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store