• Wishlist

Honda Forza Hadir Dalam Edisi Terbatas, Terinspirasi Pesawat Tempur

Honda Forza 300 versi 2020 punya edisi terbatas. Namun tidak ada perubahan spesifikasi, desain maupun fitur. Melainkan penambahan varian warna yang membuatnya lebih dinamis. Skema kelir anyar tampil dengan bodi berkelir abu dan hitam glossy mencolok. Inspirasinya didapat dari pesawat tempur.


Selain ketambahan warna baru, Honda Eropa juga memberi sentuhan baru untuk Forza  berstatus Limited Edition. Ia makin eksklusif karena ada beberapa bagian detail warna merah. Terlihat pada jahitan jok, bibir pelek, logo Honda di bagian tameng, juga emblem (300) 3D di samping bodi.


Tampil dengan detail lebih keren, pabrikan juga memberikan tambahan aksesori resmi. Hadir dengan top box sebesar 45 liter, cocok digunakan ketika turing. Bagi yang merasa bagasi Forza kurang besar, box ini bisa menjadi pilihan tepat. Seperti kita tahu, kapasitas ruang di bawah joknya mampu menelan dua helm full face sekaligus. Adanya opsi anyar tentu mampu meningkatkan tingkat kepraktisan saat berkendara jauh.


Meski berstatus edisi terbatas, desain bodinya tidak berubah. Masih mempertahankan lekukan tubuh yang sporty dan agresif. Semua sektor pencahayaan juga tetap mengandalkan teknologi LED. Lebih terang dan hemat daya. Kesan canggih dan prestisius nampak di bagian panelmeter. Diwujudkan melalui kombinasi digital-analog yang informatif dan lengkap. Persepsi mewah juga terlihat dengan aksen krom di sisi spidometer.


 


Begitu pula fitur yang disematkan. Ada electrical adjustable windscreen sebagai pengatur ketinggian windshield, membuat pengalaman berkendara semakin nyaman dan menyenangkan. Cara mengoperasikannya sangat mudah, tinggal tekan tombol di kiri setang.


Kemudian Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang hadir sebagai fitur standar Forza. Fungsinya sebagai pengontrol traksi agar ban belakang tidak terjadi slip. Skutik premium ini juga punya tingkat keamanan mumpuni. Ia dilengkapi Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Tak perlu lagi anak kunci karena sudah berbasis remote.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Forza 250


Sebagai kuda besi yang terkenal dengan kepraktisannya, maka dipasangkan DC socket pada rak bagian depan. Tentu tujuannya untuk kemudahan pengendaranya ketika kehabisan daya gawai. Demi mendukung kenyamanan lagi, terpasang ban tubeless ukuran 120/70-15 depan dan 140/70-14 belakang. Sementara bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.


Jantung pacunya masih sama. Mengusung mesin 279 cc SOHC PGM-FI satu silinder berpendingin cairan. Power output maksimum skutik premium ini mencapai 25 Hp di 7.000 rpm sedangkan torsinya 27,2 Nm pada putaran 5.750 rpm. Kecepatan tertinggi bisa mencapai 130 km/jam.


Di Eropa, Forza 300 dijual dalam lima pilihan warna. Empat diantaranya versi standar yakni Crescent Blue Metallic, Pearl Nightstar Black, Matt Cynos Grey Metallic, Matt Pearl Cool White, dan tentu saja, Exclusive 'Air Force' Grey. Tidak ada rincian harga untuk status edisi terbatas, hanya saja tipe standar di sana dibanderol € 5.975 atau setara Rp 94 jutaan. Kemungkinan versi Limited Edition sedikit lebih mahal.


Untuk diketahui, Honda Forza di Indonesia dan di Eropa punya perbedaaan di sektor dapur pacunya. Di sini ia hanya berbekal mesin 250 cc SOHC liquid cooled PGM-Fi dengan tenaga maksimum 23,5 Hp di putaran 7.500 rpm. Di Tanah Air, skutik premium ini dijual Rp 83 jutaan dan berstatus Completely Build-Up (CBU). Skutik gambot ini dikirim langsung dari Thailand atau buatan AP Honda. (Bgx/Ano)


Sumber: Bikes Republic, Riders Drivemag


Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Goda Calon Konsumen di GIICOMVEC 2020