Kelebihan dan Kekurangan Honda Forza 250

Kelebihan dan Kekurangan Honda Forza 250
Gambar
Review Pengguna

Honda Forza 250 resmi dikenalkan Agustus lalu. Tepatnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Skuter bongsor yang masuk ke segmen premium ini, diimpor langsung dari Thailand. PT Astra Honda Motor (AHM) memasarkan dengan harga Rp 76,5 juta (OTR DKI Jakarta). Apa kelebihan dan kekurangannya?

Forza 250

Kelebihan

Memiliki tampilan mewah dan sporty. Desainnya sedikit menajam di sejumlah area bodi. Meski Forza masuk kelas skutik bongsor, namun dimensinya lebih kompak. Memiliki panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Bandingkan Yamaha XMax yang memiliki panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm.

Keamanan ditunjang Honda Smart Key System dan Answer Back System. Ada DC socket pada rak bagian depan demi mendukung mobilitas pengendara. Fitur pendukung seperti passing lamp dan lampu hazard juga menjadi salah satu kelebihan.

Jok menggunakan warna two tone. Berbeda dengan pesaingnya yang menggunakan satu warna. Ukuran boks penyimpanan di balik jok cukup besar, sanggup menyimpan dua helm dan barang bawaan lainnya.

Posisi berkendaranya dibuat nyaman karena diperkaya fitur canggih. Electrical Adjustable Windscreen salah satunya. Berfungsi mengatur ketinggian windshield dan menjadi fitur canggih pertama di kelasnya.

Forza telah dilengkapi kombinasi digital panelmeter. Memiliki informasi lengkap seperti indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM.

Sektor jantung pacu Forza berkubikasi 250 cc dengan teknologi SOHC pendingin cairan dan PGM FI. Keluaran tenaga maksimumnya 23,5 ps di putaran 7500 rpm. Model ini juga sudah dilengkapi pengontrol traksi agar ban tidak slip. Biasa dikenal Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Dibekali cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel. Ban tubeless ukuran 120/70-15 M/C untuk depan dan 140/70-14 M/C untuk belakang.

Bagian knalpot ditambahkan kombinasi elemen krom. Tidak ketinggalan teknologi lampu LED di semua titik pencahayaan.

Untuk memberikan kebebasan konsumen, Honda Forza tersedia dalam tiga warna: Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic dan Mat Gunpowder Black Metallic.

Kekurangan

Karena diimpor dari negeri Gajah Putih, membuat harganya kurang kompetitif dan terkesan mahal dibanding Yamaha Xmax. Selain itu, suspensi depan Forza 250 masih menggunakan front fork pendek. Beda dengan pesaingnya yang sudah dibekali dengan shock teleskopik panjang layaknya motor sport. Tentunya menjadikan motor lebih stabil.

Meski secara ergonomi sudah baik, namun jok terasa keras. Andai joknya bisa lebih empuk, pasti lebih sempurna. Dengan bobot 126 kg menjadi kekurangan untuk skuter bongsor Honda ini. Kekurangan lainnya ada pada kapasitas bahan bakar, hanya 11,5 liter. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Adu Skutik 250 cc, Honda Forza vs Kymco Downtown

Jelajahi Honda Forza 250

Honda Forza 250 Rp 83,81 Juta Cicilan : Rp 1,91 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store