jakarta-selatan
kali dibagikan

Honda CRF1100L Africa Twin Siap Meluncur?

  • 05 Agt, 2019
  • 2798 Kali Dilihat

Tersiar kabar Honda tengah menyiapkan Africa Twin terbaru. Informasi itu diperkuat setelah Honda merilis teaser di YouTube. Di akhir videonya, terlihat ada kata “True Adventure” ditambah tulisan yang mencirikan motor berjenis tualang itu.



Sebenarnya, kabar soal versi anyar dari CRF1000L Africa Twin itu sudah mencuat sejak awal 2019. Namun, saat itu baru sebatas kabar, belum ada informasi apa pun dari Honda. Menurut laporan yang sudah tersebar secara online, pabrikan motor asal Jepang itu hendak mengungkap Africa Twin pada akhir tahun ini atau tahun depan.


Detail tentang motor baru itu memang belum banyak terungkap, tapi kuat dugaan pakai nama Honda CRF1100L Africa Twin. Jika benar, artinya mesin yang diusung lebih besar dari pendahulunya. Seperti kita ketahui, motor tualang itu menggunakan kode mesin SD04 untuk model 2015-2017, Sd06 untuk 2018-2019, dan yang baru ini dikabarkan memakai SD09. Perubahan besar tentu saja pada sektor mesin. Yang baru nantinya menjadi 1.084 cc.


Menurut spesifikasi yang tersebar, Honda Africa Twin 2020 mengemas mesin paralel twin-silinder, berpendingin cairan yang membuat tenaga maksimum 101 Hp di 7.500 rpm. Tenaga mesinnya naik 7 Hp, dibanding model sebelumnya yang punya daya 94 Hp. Peningkatan 86 cc, didukung dengan perubahan stroke dari semula 75,1 mm menjadi 81,5 mm, sedangkan bore sepertinya masih sama. Kenaikannya memang tidak siginifikan, meski kapasitasnya berubah drastis. Hal itu tentu saja karena memenuhi peraturan emisi Euro 5.


Seperti model lama, yang baru tersedia dalam varian manual dan DCT atau Transmisi Kopling Ganda. Urusan fitur, kemungkinan fitur-fitur lama yang ada masih dipertahankan. Seperti kontrol traksi Honda Selectable Torque Control (HTSC), throttle-by-wire, dan empat riding mode; Tour, Urban, Gravel, dan User yang bisa dikustomisasi. Selain fitur lama yang dipertahankan, kemungkinan fitur baru seperti cruise control juga disematkan di CRF1100L Africa Twin.


Fascia depan lebih agresif dibanding model lama. Masih tetap menggunakan pencahayaan full LED, namun desainnya lebih tajam. Konsol instrumen baru dapat menawarkan konektivitas Bluetooth untuk mengakses fungsi-fungsi seperti navigasi, panggilan telepon dan musik saat bepergian.


Perubahan lainnya juga ada di tangki bahan bakar, yang lebih besar dan lebih lebar. Model yang ada saat ini memiliki kapasitas 18,8 liter, sedangkan generasi terbaru menampung bahan bakar sebesar 24,2 liter. Dengan begitu, bobot motor yang muncul tahun depan itu bakal bertambah. Sebelumnya 243 Kg dan adanya perubahan itu menjadi 250 Kg.


Dugaan lainnya, Honda mengubah dimensi juga. Tidak secara menyeluruh, hanya saja kemungkinan memiliki tinggi 1.560 mm. Terlepas dari perubahan itu, diharapkan Honda CRF1100L Africa Twin hendak diperlihatkan pertama kali di EICMA Show di Milan, Italia, November mendatang. Sementara penjualannya bisa jadi mulai dilakukan tahun depan.


Sumber Youtube, Zigwheels


Baca Juga: Buah Kesabaran Jack Miller, Podium MotoGP Brno

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda CRF1000L Africa Twin

Lihat video terbaru Honda CRF1000L Africa Twin untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi