GIIAS 2021: 4 Motor Baru Ini Jadi Perhatian Pengunjung, Dari Adventure Hingga Skuter Listrik

GIIAS 2021: 4 Motor Baru Ini Jadi Perhatian Pengunjung, Dari Adventure Hingga Skuter Listrik

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung hingga 21 November 2021 di ICE BSD Tangerang Selatan jadi lebarnnya industri otomotit Tanah Air. Tak hanya kendaraan roda empat alias mobil, ajang tahunan ini juga diikuti 6 merek sepeda motor. Terdiri dari Honda, Benelli, SYM, SM Sport, WMoto dan CF Moto.

Dari sekian brand yang hadir, ada beberapa yang melakukan launching produk baru untuk dijual ke konsumen. Sejak pameran dibuka pada 11 November, setidaknya ada 4 model motor terbaru yang meluncur. Kemunculannya sontak menjadi perhatian para pengunjung. Berikut motor-motor gres yang ada di GIIAS 2021:

Honda CB150X

1. Honda New CB150X

Unit pertama datang dari Astra Honda Motor (AHM). Pihaknya resmi meluncurkan New CB150X di hari kedua penyelenggaraan GIIAS 2021. Produk gres ini berstatus world premier dan merupakan motor sport adventure turing 150cc pertama di Indonesia. Ia hadir dengan warna Volcano Matte Black, Glossy Red dan Matte Green. Model baru ini dijual dengan kisaran harga Rp 32 juta hingga Rp 35 juta.

New CB150X hadir dengan desain adventure touring dengan nuansa tampilan big bike. Wujud depannya mirip CB500X, terutama bentuk area tangki bahan bakar yang menyatu dengan shroud, membuatnya tampil sangat gagah. Bagian tata cahaya lampu bagian depan, belakang, dan lampu sein telah menggunakan teknologi All LED Lighting System yang modern.

Ia dibekali mesin 150cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan. Didukung dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI, menjadikan model ini ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Honda CB150X

Model anyar ini juga telah dibekali beragam fitur-fitur penunjang tualang. Seperti windscreen berukuran tinggi untuk menahan terpaan angin dari depan. Selain itu, bisa memberi perlindungan dari debu atau kerikil saat berkendara. Kemudian posisi setang dirancang lebih tinggi dan berprofil lebar. Begitu pula risernya yang mengarah ke pengendara. Membuat badan rider jadi lebih tegak dan rileks saat berkendara, dan gaya ini tentunya ideal untuk perjalanan jauh.

Karena diperuntukkan untuk menjelajah berbagai macam permukaan jalan, pabrikan menyematkan undercowl atau engine guard yang menutupi banyak sekali bagian mesin depan dan bawah. Lalu Kaki depan, menggunakan skema suspensi upside down. Agar lebih mewah, tabung suspensi berdiameter 37 mm disepuh kelir emas. Fork ini juga diberi travel yang panjang. Selain jadi tampak gagah, penambahan jarak main suspensi tersebut membuatnya lebih nyaman saat melibas beragam kontur jalan. Otomatis membuat ground clearance CB150X lebih tinggi, yaitu 181 mm.

Untuk kemudahan berkendara, panel meter sudah full digital. Desainnya futuristik dan ringkas serta punya visibilitas yang sangat baik. Isinya lengkap, semacam speedometer, tachometer, indikator bahan bakar dan indikator posisi gear.

Walau banderol resminya belum ditetapkan, AHM menyatakan sudah membuka keran pemesanan untuknya. Menurut tenaga penjual di sana, untuk tanda jadi New CB150X cukup setor Rp 1 juta. Artinya, hanya dengan uang segitu sudah bisa memboyongnya. Tapi buat delivery unit, kemungkinan baru tersedia di minggu kedua Desember 2021.

Baca juga: GIIAS 2021: Honda CB150X, Barometer Baru Motor Adventure Bermesin 150 Cc

Suzuki Gixxer SF250

2. Suzuki Gixxer SF 250

Produk kedua yang menyedot perhatian pengunjung GIIAS 2021 yaitu Suzuki Gixxer SF 250. Sebetulnya pabrikan sudah lebih dulu menjualnya sebelum pameran dimulai. Namun kemunculannya di pameran ini tetap menarik perhatian. Menurut Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, motor ini sudah bisa langsung dipesan dengan harga Rp 49.300.000 (on the road DKI Jakarta). Tersedia pilihan warna Triton Blue/Silver (100th Year Anniversary Edition), dan Metallic Triton Blue dan Metallic Matte Black.

Gixxer SF 250 mewarisi DNA GSX-R dan Hayabusa. Menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan tampilan premium dan eksklusif. Motor ini masuk ke dalam segmen motor sport touring, dan tetap mengedepankan unsur sporty. Lampu depan terlihat sipit dan agresif. Bentuk fairing samping cukup menarik perhatian dan mengimpretasikan aerodinamika.

Sementara di belakang, pakai stoplap minimalis. Lantaran posisinya sebagai sport touring, hadir sebuah behel tanduk untuk pegangan tangan pembonceng maupun memudahkan pengendara ketika menggeser kendaraan. Secara keseluruhan, tampilan motor ini tak berbeda dengan unit yang diniagakan di India. Bahkan masih hadir komponen mudguard (spakbor ban).

Suzuki Gixxer SF 250

Dari sisi fitur, Gixxer SF 250 sudah dibenamkan penerangan LED di depan, dan LED di lampu belakang. Namun untuk sinyal belok masih menggunakan tipe bohlam konvensional. Bagian kokpitnya diisi dengan panel meter full digital. Informasi tentang kondisi motor tampak jelas. Seperti speedometer, tachometer, posisi gigi, indikator fitur, indikator lampu, dan sebagainya.

Lebih lanjut dirinya sudah dibekali fitur keamanan ABS (Anti-lock Braking System). Di motor ini teknologi ABS sudah terintegrasi pada seluruh roda yang membuatnya punya daya jual lebih soal peranti keselamatan.

Secara umum, Suzuki Gixxer SF 250 punya bentuk tubuh kompak. Memiliki panjang 2.010 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.035 mm, ground clearance 165 mm. Sementara untuk bobot mencapai 161 kg dengan volume tangki BBM mencapai 15 liter.

Untuk kenyamanan pengendara dan penumpang, Suzuki menyematkan Split Seat yang empuk dan nyaman. Lalu untuk menunjang tampilan sport touring, diberikan Clip-on Handle Bar yang membantu posisi berkendara lebih ergonomis.

Suzuki Gixxer SF 250

Jantung mekanisnya berkubikasi 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan, ia mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 25,6 PS pada 9.000 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Tak seperti motor sport Suzuki yang dijual di Tanah Air, dirinya menggunakan tipe enjin SOHC. Selain itu, ia juga tak dibekali dengan sistem pendinginan radiator. Namun pabrikan menggantinya dengan pendingin oli atau yang mereka sebut sebagai Suzuki Oil Cooling System (SOCS). Teknologi ini dipercaya memberikan impresi performa dan durabilitas tinggi. Membuat total bobot mesin menjadi lebih ringan, sehingga berpengaruh pada kemampuan manuver yang mudah bahkan pada kecepatan tinggi.

Dari lembar spesifikasi, Gixxer SF 250 dibekali dengan suspensi depan berjenis teleskopik dan ban ukuran 110/70 ring 17. Sementara di belakang menggunakan suspensi tunggal-swing arm dengan profil ban 150/60 ring 17.

Ini set atau penggunaan kaki-kaki yang umum pada motor sport 250 cc, tak terbilang istimewa namun rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemiliknya.

Baca juga: GIIAS 2021: Suzuki Gixxer SF 250 Sudah Dipajang, Apa Istimewanya Motor Ini?

Benelli Keeway SCR 250

3. Benelli Keeway SCR 250V

Produk baru selanjutnya yang banyak dilihat para pecinta roda dua ada Keeway SCR (Scrambler) 250V. Bagi yang belum tahu, merek motor ini sudah resmi dinaungi Benelli Motor Indonesia (BMI) sejak tahun lalu. Model anyar ini diniagakan seharga Rp 57,3 juta on the road (OTR) DKI Jakarta dan sudah mengacu pada NIK dan NJKB tahun 2022. Meski sudah meluncur di GIIAS 2021, unitnya saat ini belum tersedia di diler dan baru tersedia di pasar pada Februari 2022.

Secara visual, Keeway SCR250V mengadopsi gaya Scrambler. Pakai lampu bulat, setang fatbar, tangki bensin besar, dan jok rata yang memiliki tekstur. Sistem penerangan headlamp masih mengandalkan bohlam konvensional. Pun untuk lampu belakang dan penanda sein yang masih pakai jenis halogen biasa. Mungkin saja alasan tak mengaplikasikan LED untuk memenuhi gaya klasiknya.

Keeway SCR250V dibekali mesin 250 cc, V-Engine (2-silinder), SOHC, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi. Dipadukan dengan transmisi 5 kecepatan dengan asupan bahan bakar sistem injeksi. Racikan mesinnya mampu menghempaskan tenaga maksimal sampai 16,7 daya kuda pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 17 Nm di puntiran mesin 5.500 rpm. Enjin ini masih satu platform dengan Keeway V250 Fi yang sudah meluncur di Oktober 2020. Dari data teknis, tak ada perbedaan output sedikitpun, bahkan bore x stroke (49x66mm) dan racikan kompresi sama, di 10:1.

Untuk rancang kaki-kakinya, motor ini mengaplikasikan peredam kejut tipe teleskopik di depan dan suspensi monoshock di bagian belakangnya. Kedua roda dipasangi velg tipe jari-jari serta ban dengan ukuran belang yakni 100/80 ring 17 dan 130/90 ring 15. Pabrikan juga menyematkan peranti keamanan dual ABS (Anti-lock Braking System).

Keeway SCR 250V ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yakni Dynamic Silver, Cool Black, dan Passionate Orange. Untuk diketahui, varian Keeway SCR 250V merupakan produk global dari Keeway International. Untuk pasar Asia Tenggara, Indonesia dipercaya sebagai negara pertama yang melakukan distribusi untuk varian ini.

Baca juga: GIIAS 2021: Keeway SCR250 Bermesin V-Twin Resmi Mengaspal, Harga Rp 57,3 Juta

WMoto Neutron

4. WMoto

Tak hanya motor konvensional saja, di GIIAS 2021 juga kedatangan motor baru ramah lingkungan. Yaitu skuter listrik WMoto Neutron. WMoto merupakan merek asal Malaysia yang kini di pegang oleh PT Mforce Indonesia. Skuter listrik ini sudah bisa dipesan konsumen dengan tanda jadi Rp 500 ribu saja. Dia menjanjikan unit tiba di garasi pembeli pada Januari atau Februari 2022 mendatang.

Unit WMoto Neutron mengusung konsep skuter modern minimalis. Bagian depan punya wujud membulat dengan tampilan headlight menyerupai segitiga. Headlight sudah mengusung teknologi LED, pun untuk lampu belakang, dan penanda sein-nya.

Melihat dari samping, bentuknya juga menarik, tak banyak tarikan garis tegas sesuai konsepnya. Mundur ke buritan, spot ini yang paling dijual. Dia punya bentuk menyerupai motor Vespa namun tampil lebih modern.

Skuter bebas polusi ini dibekali dengan dinamo listrik berkapasitas 1.200 watt dan ditanamkan baterai berdaya 72 Volt 20 Ah. Tipe baterainya menggunakan model Gripen yang berisikan 6 slot baterai. Komponen itu diklaim lebih unggul ketimbang Lithium-Ion. Letaknya berada di bawah dek atau foot rest-nya.

Selain pencahayaan full LED, WMoto Neutron juga mengaplikasikan panel meter jenis digital LCD. Menampilkan beberapa informasi penting dari kendaraan, salah satunya adalah indikator daya baterai. Efek baterai yang diletakkan di bawah dek, ia memiliki kapasitas bagasi besar. Bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan yang cukup banyak. Selebihnya, sama seperti motor listrik kebanyakan, Neutoron dilengkapi juga dengan fitur Ride Mode sampai 3 tingkatan yang mempengaruhi kecepatan larinya.

WMoto Neutron mampu menjelajah sampai 60 kilometer dalam keadaan baterai terisi penuh. Durasi mengisi ulang sekira 8 jam dari kondisi nol. Harga skuter niremisi ini dibanderol Rp 18.800.000. (Bgx/Raju)

Baca juga: GIIAS 2021: Motor Listrik WMoto Asal Malaysia Resmi Dijual, Harga di Bawah Rp 20 Juta!

Jelajahi Honda CB150X

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor

Bandingkan & Rekomendasi