• Wishlist

Toyota Corolla Sedan Terbaru Meluncur Tak Lama Lagi

Toyota Corolla Sedan Terbaru Meluncur Tak Lama Lagi

Sedan terlaris Toyota generai baru sebentar lagi melakoni debut global. Manufaktur Jepang ini, secara resmi mengumumkan, All-New Corolla sedan siap menyapa khalayak di Guangzhou Auto Show, 17-25 November 2018. Tak sendirian, sedan kompak ini, memulai debutnya ditemani Toyota Corolla Levin yang eksklusif.

Ada spekulasi, Corolla model 2020, sementara ini ditampilkan dalam spesifikasi pasar Cina. Adapun untuk Levin, versi yang lebih mewah dari Corolla juga sama. Belum ada bocoran soal fitur atau jantung mekanis. Dan belum tentu juga, model yang diluncurkan ini akan menjadi model global. Sebab, Toyota sangat hati-hati untuk penetrasi pasar ke tiap negara.

Namun yang kami tahu, All-New Corolla sedan berbagi platform modular TNGA dengan Corolla Hatchback 2019. Itu berarti ada kemungkinan, model empat pintu menawarkan mesin bensin yang sama dengan versi lima pintu. Pergeseran ke platform TNGA, juga bisa menghasilkan interior yang lebih lapang dan mengurangi berat mobil.

Maka itu, Corolla sedan 2020 menjanjikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan karakteristik handling yang lebih tajam dari pendahulunya. Ya, itu berkat rekayasa platform yang digunakan. Lewat model ini pula, Toyota mengemas lebih banyak fitur keselamatan, serta sistem infotainment terbaru.

Sementara urusan mesin, diprediksi sama dengan yang ada di pasar Amerika Serikat (AS). Mereka menggunakan mesin empat silinder 2,0 liter yang menghasilkan tenaga 168 hp (170 PS) pada 6.600 rpm. Kemudian daya puntir 210 Nm pada 4.800 rpm. Di sana, Corolla diberi dua pilihan transmisi: manual enam percepatan dan transmisi otomotis (CVT-Shift) baru dengan Sport Mode. Tersedia pula paddle shifter, untuk memudahkan Anda mengakses gigi sesuai kebutuhan.

Harapannya, Corolla sedan 2020 bisa semenarik saudaranya, versi hatchback yang dirilis duluan. Hanya bagian belakangnya saja yang diubah, untuk mengakomodasi bagasi yang lebih luas. Dan untuk diketahui, model ini sangat penting bagi Toyota. Kenapa? Selama penjualan global pada 2018, Corolla (semua model) menjadi ujung tombak.

Total selama tujuh bulan di 2018, ia terjual sebanyak 816.748 unit. Meskipun angkanya turun 3,4% dibanding periode yang sama tahun lalu. Capaian ini terus dipertahankan oleh Toyota, sebagai model terlaris (nomor satu) di dunia. Sementara kalau dibandingkan dengan rival terdekat, Honda Civic hanya menempati posisi terlaris keempat. Penjualannya 563.333 unit saja. Semua torehan ini tertera dalam Global Auto Database. (Alx/Odi)

Sumber: Carscoops

Baca Juga: Toyota Yaris XP150 Versi Gazoo Racing, Akankah Diproduksi?

Jelajahi Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis Rp 486,5 - Rp 586,2 Juta Cicilan : Rp 11,1 Juta

Bandingkan & Rekomendasi