Skor Keamanan Tinggi, Ini Nilai Jual Mitsubishi Eclipse Cross

Skor Keamanan Tinggi, Ini Nilai Jual Mitsubishi Eclipse Cross
Gambar
Review Pengguna

Mitsubishi Eclipse Cross sengaja menyasar kaum urban. Tepatnya mereka yang mendamba kendaraan tangguh, namun lincah melenggang di belantara beton ibu kota. Berbanderol Rp 485 jutaan, unit mengisi segmen menengah ke atas. Ia berbekal fitur dengan sofistikasi tinggi. Konsumen di level ini kebanyakan butuh akomodasi keamanan tinggi. Sangat pas, sebab mobil diganjar skor keamanan bintang lima (sempurna) dari Asean NCAP 2018.

Apa yang membuatnya begitu aman? Eclipse Cross mengantongi tujuh SRS Airbags. Terdiri dari front, side, curtain dan knee. Itu semua membantu melindungi pengendara serta penumpang tatkala terjadi tubrukan. Untuk mencegah terjadinya tabrakan, ia memiliki Forward Collision Mitigation System (FCM). Berfungsi mencegah benturan ketika ada objek di depan mobil berhenti mendadak. Bahkan sanggup mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera, juga radar laser.

Mitsubishi Eclipse Cross

"Eclipse Cross memiliki desain dan fitur amat futuristik. Performa berkendara baik, teknologi canggih, serta dilengkapi dengan Advance Safety Feature. Ini yang mengoptimalkan pengalaman berkendara penuh percaya diri," ungkap Guntur Harling, Group Head of Product strategy Division MMKSI.

Perangkat Tambahan

Saat Anda mengemudi, lebih nyaman dengan bantuan Adaptive Cruise Control (ADC). Fitur ini jelas lebih pintar dari cruise control biasa, seperti di Xpander. Cukup tekan tombol itu di lingkar kemudi. Kaki lebih bebas tanpa tekan pedal gas dan rem. Kecepatan bisa menyesuaikan dari mobil di depan berikut kondisi lalu lintas. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan. Otomatis (ADC) mengurangi sendiri kecepatannya. Begitu mobil di hadapan kembali melaju. Maka Eclipse Cross bakal menambah kecepatan, sesuai batasan yang ditetapkan pengemudi.

Demi mengoptimalkan kekuatan rem. Active Yaw Control (AYC) menjaga mobil tetap terkontrol. Bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah. Misal Anda tengah berkendara saat hujan kemudian kondisi jalanan licin. Anda dibantu oleh Active Stability & Traction Control (ASTC). Secara otomatis sistem mengontrol laju mobil, ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.

Blind Spot Warning juga jadi barang wajib di mobil ini. Ia menampilkan peringatan di kaca spion luar, bila ada kendaraan di samping kanan dan kiri mobil. Sehingga Anda bisa meresa aman jika ingin berpindah lajur. Atau kalau terasa berisik, bisa dimatikan fitur itu. Lantas Rear Cross Traffic Alert, bikin pengemudi juga tidak perlu khawatir. Contoh, peringatan kalau kendaraan lain yang tiba-tiba melintas di belakang ketika mobil dalam posisi mundur.

review mitsubishi eclipse cross

Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS) pun terpasang. Gunanya mencegah mobil melaju ketika pedal gas secara tidak sengaja terinjak ketika sedang parkir. Selain itu, Eclipse Cross dipasangi perangkat Hill Start Assist (HSA), mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik. Sehingga kendaraan tidak berguling ke belakang saat Anda mulai berakselerasi di tanjakan.

Enjin Turbo

Kode mesin 4B40 DOHC jadi jantung penggerak. Mesin Mivec bervolume 1,5 liter turbocharged 4 (empat) silinder cukup mumpuni. Lontaran daya maksimal yang dihasilkan 163 PS pada 5.500 rpm dan momen puntir 250 Nm pada 1.800 rpm hingga 4500 rpm. Untuk melaju dari titik nol hingga 100 km/jam hanya dalam tempo 9,3 detik. Sementara bagian penyaluran daya, dikombinasikan dengan transmisi CVT delapan percepatan. Sistem penggeraknya hanya 2WD (Two Wheel Drive).

Jadi wajar bila perangkat tersedia membuatnya mendapat skor uji tabrak terbaik, dengan nilai 91,05 poin. Dalam kategori perlindungan orang dewasa (Adult Occupant Protection), model ini mencetak 48,81 poin. Pada lingkup perlindungan penghuni anak (Child Occupant Protection) mendapat 22,11 poin. Dan 20,14 poin di bagian Safety Assist Technologies. (Alx/Tom)

Baca juga: Mitsubishi Motors Merilis Outlander PHEV Black Edition 2020, Dibanderol Rp 528 juta

Jelajahi Mitsubishi Eclipse Cross

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store