Tampang Mitsubishi Eclipse Cross Baru Bocor, Adaptasi Wajah Xpander

Tampang Mitsubishi Eclipse Cross Baru Bocor, Adaptasi Wajah Xpander

Di Tanah Air, Mitsubishi Motors tengah menyiapkan satu model baru yang akan segera menyapa konsumen. Diperkirakan Pajero Sport, meski ada juga yang menyebut Xpander Cross special edition. Di luar sana, pabrikan Jepang itu juga bersiap melansir model lain. Nama yang santer disebut adalah Eclipse Cross. Maklum setelah tiga tahun beredar SUV ini layak mendapatkan penyegaran.

Kabar hadirnya Eclipse Cross baru sudah tersiar beberapa waktu. Pertengahan September lalu bahkan muncul teaser sosok ini. Kini, tampilannya kian terkuak. Bocoran wujud Eclipse Cross versi facelift beredar luas. Bisa dilihat arah gaya desain baru dari Dynamic Shield yang khas dari Mitsubishi.

Bocoran diambil dari sumber yang diyakini adalah brosur dari Eclipse Cross baru, yang kemungkinan besar akan debut dari Jepang. Itu berdasarkan tulisan yang tercetak di brosur, menggunakan bahasa Jepang. Pembaruan yang diaplikasi pada Eclipse Cross akan meliputi sisi penampilan, juga teknologi baru.

Mitsubishi Eclipse Cross facelift teaser

Wajah Baru

Dimulai dari fascia depan, terjadi perubahan desain yang cukup signifikan dibandingkan Eclipse Cross versi sekarang. SUV kompak ini disebut mengadopsi gaya desain yang dipakai oleh konsep Engelberg Tourer / e-Yi dan e-Evolution. Bisa dibilang juga, permak wajah Eclipse Cross membuatnya justru mirip dengan Xpander, MPV yang cukup laris di Tanah Air.

Tiga bilah kisi-kisi grille mendominasi, dengan warna gloss black dan dihiasi aksen lubang kecil atau pori-pori heksagonal. Aksen dari grille melebar sampai masuk ke bagian lampu DRL atau positioning lamp, yang membuat tampilannya lebih pipih. Desain agak futuristik ditunjukkan oleh lampu utama yang di pinggir bumper. Kini strip lampu di bagian paling atas hanya menjadi rumah LED DRL.

Bahasa desain yang sama diterapkan Mitsubishi. Misal, lampu utama dan sein kini dipindahkan ke bagian bawah. Kedua lampu terpisah dalam dua cluster berbingkai chrome yang dibikin bertingkat, dan sangat mirip fascia Xpander. Apalagi dipadukan dengan aksen chrome Dynamic Shield berbentuk X, dan intake di bawah grille utama.

Mitsubishi Eclipse Cross facelift teaser

Dalam brosur, tampak velg mendapat desain baru palang lima yang lebih sporty dan modern. Kemungkinan diameternya 17 atau 18 inci. Namun ubahan paling besar terjadi pada bagian belakang Eclipse Cross. Buritan quirky khas mobil ini sebelumnya diubah drastis, menjadi lebih konservatif.

Tengok saja strip LED yang membentang dan memisah kaca belakang digusur, berubah menjadi lampu berbentuk L ala Xpander. Potongan kaca belakang di sisi bawah pun diganti oleh panel body dan memindah posisi logo Tiga Berlian lebih ke atas.

Penggunaan gaya yang mirip sulit untuk dibantah. Tampilan Eclipse Cross tampak mengadopsi Xpander terlihat pada desain skid plate. Desainnya baik di bumper depan maupun belakang, senada dan sangat identik dengan MPV bergaya SUV yang laris di Indonesia tersebut.

Mitsubishi Eclipse Cross transmisson

Interior

Sejauh ini baru ubahan tampilan luar saja yang terkuak. Untuk ubahan interior belum ada informasi terungkap, setidaknya yang bocor. Namun Mitsubishi akan memboyong varian baru untuk Eclipse Cross, agar lebih ramah lingkungan. Yaitu dengan menghadirkan varian PHEV (plug-in hybrid electric vehicle), seperti Outlander, kakaknya. Hal itu ditunjukkan oleh gambar meter cluster dan tuas transmisi yang ada pada brosur, sangat khas milik Outlander PHEV.

Kemungkinan besar juga jenis powertrain yang akan dipakai berasal dari Outlander PHEV, sebelum Outlander kemudian berganti generasi tahun depan. Namun hal ini masih harus dipastikan saat informasi lebih valid tersedia. Kita tunggu saja update selanjutnya untuk lebih lengkap. Prediksi kami Eclipse Cros facelift akan debut pada awal tahun depan.

Sebagai informasi Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga menawarkan model ini di Indonesia. Jantung pacunya menggunakan mesin 4B40 DOHC MIVEC 4 silinder 1499 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 150 PS pada 5.500 rpm dan torsi 250 Nm pada 2.000-3.500 rpm.

Ada tiga varian yang ditawarkan. Harga tergantung warna yang digunakan yaitu Ultimate A/T 1.5L Turbo (Red Diamond) dijual Rp 489,65 juta, Ultimate A/T 1.5L Turbo (Silky White) seharga Rp 487,65 juta dan Ultimate A/T 1.5L Turbo (Amethyst Black) dilepas Rp 484,65 juta. (Why/Raju)

Sumber: Paultan

Jelajahi Mitsubishi Eclipse Cross

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store