Mitsubishi Eclipse Cross, SUV Tanpa Kompromi di Sektor Safety

  • fitur eclipse cross
  • cruse control adaptif
  • kendali dinamis
  • Eclipse Cross
  • Review Mitsubshi Eclipse Cross
  • Review Mitsubishi Eclipse Cross
  • review mitsubishi eclipse cross
  • Dasbor Eclipse Cross
  • feature eclipse cross
  • Panel meter Mitsubishi Eclipse Cross
  • Desain belakang unik Eclipse Cross
  • eclipse cross turbo engine

Bukan cuma Pajero Sport, Outlander, dan Xpander Cross, mobil jenis SUV dari Mitsubishi yang bisa Anda pinang. Ada satu lagi spesies spesial bernama Eclipse Cross. Ya, namanya memang boleh dibilang paling tidak umum terdengar, soalnya ia adalah salah satu anggota terbaru dalam portfolio merek berlambang tiga berlian.

Meski tak umum di Indonesia, sejatinya nama ini (Eclipse) punya taji cukup tajam di kancah global. Tahun 2000an, pamor sang sportscar sempat eksis karena jadi tunggangan tokoh utama Brian O'Conner di film Fast and Furious. Kini, reinkarnasinya seolah hadir dalam perspektif baru Mitsubishi yang memang menjadikan SUV sebagai DNA utamanya lewat Eclipse Cross. Tahun 2019 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ia diluncurkan di Indonesia. Tawaran utamanya adalah fitur keamanan yang tidak main-main.

Kalimat orang nomor satu Mitsubishi di Indonesia kala peluncurannya pun memang bukan sekadar jargon. "Mitsubishi Motors telah hadir selama hampir lima dekade di Indonesia untuk mendukung, berkembang dan tumbuh bersama. Kami membawa warisan untuk membangun masa depan dengan produk yang lebih dari sekadar kendaraan transportasi, namun kendaraan yang dilengkapi teknologi mutakhir untuk mendukung ambisi Anda serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekarang dan di masa depan," jelas Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat peluncuran di GIIAS 2019.

Seperti kami singgung di atas, salah satu aspek yang cukup ditonjolkan lewat Crossover SUV dengan harga mulai Rp 488 jutaan (OTR Jakarta) ini adalah safety (keamanan). Baik itu sistem keamanan aktif maupun pasif, peranti yang dibenamkan meningkatkan standar keamanan pada mobil di kelasnya.

Jangan heran jika ASEAN NCAP memberikan rating Bintang 5 (lima) pada tahun 2018 dengan total skor 91,05 poin. Untuk diketahui, rating bintang 5 merupakan skor tertinggi yang mungkin diraih setiap kendaraan. Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), model ini mencetak 48,81 poin, pada kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) mencetak 22,11 poin dan 20,14 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

Bertabur Fitur Keamanan Aktif

Mitsubishi Eclipse Cross

Untuk mengingatkan kembali, fitur keamanan aktif merupakan sistem yang selalu bekerja dalam setiap pengendaraan.
Salah satu fitur canggih yang aktif di mobil ini adalah Forward Collision Mitigation System (FCM). Sistem ini memungkinkan Eclipse Cross untuk mencegah benturan ketika ada objek di depan mobil yang berhenti mendadak. Dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser. Tak cuma notifikasi, reduksi akselerasi hingga pengereman kendaraan secara ekstrim bisa berjalan otomatis di mobil ini jika sistem merasakan adanya risiko saat berkendara.

Adaptive Cruise Control (ACC), mungkin terdengar biasa. Ya, sebab belakangan kian banyak mobil-mobil yang menggunakan fitur kontrol kecepatan yang bisa menyesuaikan level velositasnya sesuai kendaraan di depan. Eclipse Cross adalah salah satu mobil yang pakai fitur ini pertama kali di kelasnya.

Mitsubishi juga melengkapi Eclipse Cross dengan Active Yaw Control (AYC) yang memanfaatkan sensor khusus untuk mengoptimalkan manuver kendaraan. Keamanan juga dapat lebih dimaksimalakan saat kondisi jalanan licin dengan adanya fitur Active Stability & Traction Control (ASTC) yang secara otomatis mengontrol laju mobil ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.

cruse control adaptif

Agar tingkat kewaspadaan pengemudi bertambah, peranti lain disematkan untuk membaca posisi mobil yang tak terlihat oleh visibilitas periferal. Adalah Blind Spot Warning, yang akan memberikan notifikasi lewat kaca spion jika ada kendaraan di bagian samping belakang Eclipse Cross.

Tidak hanya blind spot warning, sensor yang sama juga bisa berfungsi ketika keluar mundur dari tempat parkir. Sistem Rear Cross Traffic Alert (RCTA) akan memberikan notifikasi jika ada mobil bergerak di belakang Anda.Bahkan, bukan cuma RCTA yang bisa membantu Anda saat parkir, ada pula sistem Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS). Sang asisten ini akan menjaga mobil dari melaju jika sistem merasa bahwa ada halangan di depan atau belakang Anda saat pedal gas secara tidak sengaja terinjak.

Nah, HSA atau hill start assist mungkin adalah fitur canggih lain yang sudah cukup jamak Anda temukan. Sistem ini akan menjaga rem mobil tetap aktif untuk beberapa detik ketika Anda akan mulai berakselerasi di medan menanjak.

cruse control adaptif

Pastinya tak cuma fitur keamanan aktif saja yang disematkan dalam Crossover berdesain mutakhir ini. Mitsubishi juga membenamkan tujuh buah airbag di sekujur kabin. Tujuannya tentu saja memberikan lapisan pengamanan terakhir setelah safety belt pada seluruh penumpang agar bisa mereduksi risiko atau bahkan mengamankan Anda saat terjadi kecelakaan. (Van)

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Keunggulan Fitur Remote Control via Smartphone di Pajero Sport

Jelajahi Mitsubishi Eclipse Cross

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Eclipse Cross
    Mitsubishi Eclipse Cross
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
Mobil Mitsubishi

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mitsubishi Eclipse Cross Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mitsubishi Eclipse Cross

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang