jakarta-selatan

New Peugeot 3008, Ini Detail dan Spesifikasinya

  • 28 Mar, 2018
  • 5403 Kali Dilihat

Meluncurnya New Peugeot 3008, menandakan pabrikan ini masih eksis di Indonesia. Perubahan yang terjadi sangatlah revolusioner. Dari desainnya saja mengubah karakter MPV (Multi Purpose Vehicle) yang tersirat di generasi pertama, menjadi SUV (Sport Utility Vehicle) murni. Compact crossover lebih tepatnya, mengarahkan pada pasar yang jelas terlihat pertumbuhannya saat ini. Sama seperti yang dilakukan Peugeot pada 5008, bahkan lebih ekstrem lagi dengan mengganti desain MPV ke ujud SUV.



Tampilan eksterior berubah total dari generasi pertama. Desain awal yang membulat dan sarat kesan MPV-nya, dirombak jadi gagah seperti SUV tulen. Permainan lekukan tak lazim, menjadikan mobil ini terlihat atraktif. Contohnya sirip di lampu depan, grille besar dengan ornamen krom di dalamnya dan lampu belakang 3 bilah yang menggambarkan cakaran singa. Tersirat kemewahan untuk mobil seharga Rp 697 juta (on the road). Fiturnya pun tidak malu-maluin, seperti adanya full LED Headlight, sensor parkir di depan dan belakang, panoramic sunroof dan pelek 18-inci berwarna Shiny Haria Grey. Ada 5 pilihan warna menarik, Pearlescent White, Nimbus Grey, Metallic Copper, Nera Black dan Ultimate Red.



Masuk ke dalam, tampak futuristik khas Peugeot sekarang. Desain dasbor bertingkat mengaplikasi konsep i-Cockpit. Ada fitur bernama Peugeot i-Cockpit Amplify untuk memanjakan semua indra yang berhubungan dengan mobil. Mulai dari Smell, tersemat parfum dengan 3 pilihan aroma yang dapat dipilih sesuai selera. Touch, berupa sistem pijit multipoint di kursi. Hearing, melalui equalizer musik dan setelan suara. Dan Sight, dengan variasi kecerahan pencahayaan dan pilihan tema warna layar.


Di tengah, bertengger monitor layar sentuh 8-inci menyerupai tablet dengan berbagai fitur koneksi lengkap. Bergeser ke bawah, tampak tombol "toggle switches" mencontoh tuts piano. Fungsinya untuk mengatur radio, AC, informasi kendaraan, telepon dan aplikasi mobile. Area konsol tengah teronggok tuas transmisi berbentuk unik, tombol start/stop engine, sport mode dan kenop Grip Control.



Nah, Grip Control termasuk fitur yang biasanya ada di mobil 4WD. Peugeot menyebut sensasi mobil 4x4 di mobil 4x2. Intinya ada pada optimalisasi kontrol traksi untuk di berbagai permukaan jalan. Seperti salju, lumpur, pasir dan mematikan kontrol stabilitas. Dapat dikatakan, 3008 punya kemampuan off-road berkat peranti elektrik tersebut, meski untuk kondisi ringan. Fitur lain yang menunjang off-road juga ada Hill Assist Descent Control (HADC).


Peugeot juga melengkapi 3008 trim GT Line ini dengan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Isinya antara lain berbagai fitur penunjang keselamatan berkendara, seperti peringatan pengemudi, rekomendasi batas kecepatan dan Adaptive Cruise Control. Selain itu fitur keselamatan umumnya seperti 6 airbag, ABS, EBD, BA dan ESP.



Mesin ternyata masih pakai dapur pacu lama. Mesin yang juga dipakai oleh Peugeot RCZ, 5008 dan beberapa merek Eropa lainnya. Berupa EP6FDTM 4-silinder 1,6-liter turbocharged dengan tenaga 165 hp dan torsi 240 Nm. Penyaluran tenaga ditransfer transmisi otomatis 6-speed menuju roda depan (FWD).


Peugeot Indonesia yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk., tetap menunjukkan keseriusan mereka untuk berkecimpung di industri otomotif Indonesia. Garansi diberikan selama 3 tahun atau 100.000 km. Pembeli juga mendapatkan Peugeot Maintenance Package berupa perawatan termasuk suku cadang dan jasa selama 5 tahun atau 60.000 km. (Odi/RS)


Baca juga: Peugeot 206 Berulang Tahun ke-20, Dirayakan Secara Unik

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Peugeot 3008

Lihat video terbaru Peugeot 3008 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Peugeot Pilihan

  • Populer
  • Komparasi