10 Pabrik Mobil yang Ternyata Juga Memproduksi Pesawat Hingga Sosis

10 Pabrik Mobil yang Ternyata Juga Memproduksi Pesawat Hingga Sosis

Ketika Anda menyebut nama Toyota, General Motor, Honda, atau Volkswagen yang langsung terbayang di benak Anda adalah mobil yang mereka produksi. Tapi ternyata banyak juga pabrikan yang tak hanya memproduksi mobil. Mereka juga punya produk lain yang bahkan barang yang takkan Anda sangka sama sekali.

Umumnya pabrikan otomotif tentunya produk utama mereka adalah mobil. Tapi beberapa memilih produk lain yang -- apalagi -- kalau bukan untuk mendatangkan uang. Sebut saja General Motors atau Honda yang juga memproduksi pesawat terbang atau kereta api. Tak hanya untuk memperluas usaha tapi sebagian cukup sukses dan meraup untung banyak.

Atau, apakah Anda tahu jika VW juga punya produk sosis? Yap, sosis, makanan olahan dari daging. Tak perlu sedih jika Anda tak tahu, karena memang banyak yang tak tahu. Nah, berikut 10 pabrikan yang punya produk selain mobil.

HondaJet

1. Honda - Pesawat Jet

Honda tak hanya jagoan dalam membuat mobil keren seperti NSX. Pabrikan Jepang itu juga piawai dalam urusan memuat pesawat jet. Adalah Honda HA-420 HondaJet, jet pribadi yang diproduksi sejak 2003. Perjalanan Honda cukup panjang karena mereka sudah membuat rancangan dan uji coba sejak 1980-an. Pesawat dengan kapasitas 6 penumpang itu punya daya jelajah 1.653 mil atau sekitar 2.660 km. Harga? CUma US$ 3,5 juta atau di kisaran Rp 50,7 miliar.

Honda Aircraft Company baru saja meluncurkan HondaJet Elite S pada Rabu, 26 Mei 2021 lalu. Jet ini mendapat beberapa peningkatan untuk operasi penerbangannya serta fitur-fitur canggih. Misal terdapat peningkatan berat lepas landas maksimum hingga 200 lbs yang memungkinkan pesawat dapat terbang hingga 138 mil lebih jauh dengan muatan yang lebih banyak. Terdapat fitur baru yang dapat mengurangi beban kerja pilot dan meningkatkan keselamatan, terutama dalam kondisi cuaca yang buruk. Pesawat ini juga didukung oleh GE Honda Aero Mesin HF120.

Honda bukan satu-satunya. Pesawat tempur yang paling ditakuti saat awal Perang Dunia ke-II di Pasifik adalah Mitsubishi A6M Zero. Mesin bertenaga besar, bobot ringan membuatnya lincah. Pada masa modern Jepang kebagian alih teknologi dari Amerika Serikat untuk membuat pesawat tempur berbasis F16 yang aslinya dibuat oleh pabrikan General Dynamics. Pesawat ini dinamakan Mitsubishi F-2 yang terbang perdana 1996 dan masuk jajaran arsenal Tentara Bela Diri Jepang empat tahun kemudian. Di kalangan militer dijuluki Viper Zero. Viper adalah julukan F16, sedangkan Zero diambil dari pendahulunya.

Mitsubishi juga dikabarkan sedang mengembangkan sendiri pesawat tempur baru bertajuk F-X. Pesawat dengan sifat siluman (sulit dideteksi radar) ini akan menggantikan F-2 dan diperkirakan masuk jajaran tahun 2030 mendatang.

Chrysler PGM-11 Redstone missile

2. Chrysler - Rocket

Chrysler yang tampil hari ini menjadi lambang kendaraan mewah. Tapi pada 1950-an jauh berbeda. Chrysler Corporation jutsru berperan penting dalam mengembangkan PGM-11 Redstone Missile yang akan menjadi rudal AS pertama yang membawa hulu ledak nuklir.

Pada 1952, presiden Chrysler diangkat sebagai kepala Program Rudal Amerika Serikat oleh Presiden Harry S. Truman. Perusahaan Chrysler akhirnya menyelesaikan pengembangan rudal ini pada 1958. PGM-11 Redstone adalah short-range ballictic missile (SRBM). Ia digunakan dalam dinas militer aktif AS di Jerman Barat dari Juni 1958 hingga 1964. Ia menjadi bagian dari sistem pertamahah NATO sepanjang perang dingin dengan Uni Soviet. Kinerja roket tersebut menarik perhatian dan pujian dari seluruh dunia.

Jauh sebelum itu, Chrysler juga mendukung tentara AS selama Perang Dunia II. Chrysler juga membangun tank untuk Angkatan Darat AS di bawah divisi khusus mereka, Chrysler Defense. Didirikan pada tahun 1940, pabrik Divisi Tank Chrysler di Detroit pertama kali berfungsi sebagai jalur perakitan lain untuk tank M2 tetapi kemudian pindah ke model lain seperti M3.

Baca juga: R360 Coupe, Nenek Moyang Lahirnya Banyak Mobil Hebat Mazda

GM EMD Lokomotif

3. General Motors - Kereta Api

General Motors Company adalah salah satu pabrikan tertua di dunia. Ia telah ada sejak tahun 1908 tetapi telah memproduksi lokomotif sejak tahun 1930-an. Pada tahun 1930, General Motors, salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Mereka mengembangkan sayap dengan membeli pabrikan kereta api Kanada, Electro-Motive Diesel. Sampai penjualannya pada tahun 2005, General Motors memproduksi lokomotif.

Selama masa produksinya, General Motors membuat beberapa varian lokomotif GM-EMD yang cukup terkenal di dunia. Tak hanya lokomotif industri, mereka juga memproduksi taksi barang, taksi penumpang, dan bahkan lokomotif militer pada tahun 1952. Dari tahun 1930 hingga 2005, General Motors Diesel juga melayani perusahaan kereta api terkemuka seperti Union Pacific dan BNSF Railway.

Peugeot salt and pepper mill

4. Peugeot - Pabrik Lada dan Garam

Dari tiga perusahaan mobil populer di atas, mereka juga membuat produk lain. Tapi sebagian besar masih berkaitan dengan mesin. Ada mobil, roket, kereta api, dan pesawat. Nah, yang satu ini agak berbeda. Peugeot, perakit mobil Prancis, juga memproduksi barang-barang kuliner: merica atau lada.

Yap, produsen mobil -- dan juga skuter -- tersebut telah memproduksi banyak sekali produk serupa seperti merica, kopi, dan bahkan garam. Ini mereka lakukan lebih lama daripada memproduksi mobil dan dianggap sebagai salah satu pembuat mills terbaik di dunia.

Buick M18 Hellcat Tank

5. Buick - Tank

Perang Dunia II dan Perang Korea menjadi perang pertama di mana tank secara aktif digunakan dalam pertempuran. Meskipun kendaraan ini sudah muncul selama Perang Dunia I, namun lebih banyak digunakan untuk membersihkan ladang ranjau, bukan tugas lain.

Pada 1930-an, kemajuan teknologi telah memungkinkan tank klasik menembakkan peluru dan meratakan bangunan. Salah satu tank Amerika yang paling populer adalah M18 Hellcat, yang bertugas di Perang Dunia II dan Korea. Ia menjadi tank AS tercepat pada saat itu. Menariknya, tank ini sebenarnya diproduksi oleh Buick pada tahun 1942. Masuk kategori destroyer, tank ini mengangkut meriam dengan peluru 76 mm.

Toyota Home

6. Toyota - Rumah

Toyota adalah pabrikan raksasa dunia. Mereka dikenal sebagai pembuat mobil keluarga yang andal. Tapi pembuat mobil asal Jepang ini juga telah berkecimpung dalam bisnis perumahan selama 44 tahun terakhir. Pada tahun 1975, Toyota Motor Corporation pertama kali memasuki industri perumahan dan mengubah namanya menjadi Toyota Housing Corporation pada tahun 2010.

Sejak 1975, Toyota telah mengembangkan ribuan rumah dan mendirikan ratusan komunitas yang memakai rumah mereka. Disebutkan jika mereka sdah membangun lebih dari 250.000 rumah. Sayang, hampir tidak ada yang tahu Toyota juga adalah developer. Itu bisa dimaklumi karena mereka hanya melakukannya di Jepang.

Baca juga: Deretan 10 SUV Dengan Top Speed Terkencang di Dunia Saat Ini

VW Sosis

7. Volkswagen - Sosis

Seperti Peugeot dan pabrik mericanya, produk Volkswagen lainnya juga tidak ada hubungannya dengan mobil, atau mesin, atau apapun yang bergerak. Ini mungkin sedikit mengejutkan bahwa pabrikan mobil Jerman juga membuat, sosis. Volkswagen adalah salah satu pabrikan terbesar di dunia. Di bawah payung usaha mereka ada VW sendiri, Porsche, Audi, Ducati, SEAT dan lainnya. Lalu ada Volkswagen Currywurst. Sosis ini dibuat di Wolfsburg, Jerman. Masih satu kompleks dengan fasilitas pembuatan mobilnya.

Volkswagen telah memproduksi sosis sejak 1973, dan Currywurst mereka lebih populer daripada mobil mereka. Sosis ini dibuat sendiri oleh tim yang terdiri dari 30 karyawan Volkswagen, sebagian besar adalah tukang daging terlatih. Sosis ini utamanya disediakan sebagai menu restoran yang ada di enam pabrik mereka di Jerman. Selain sebagai bonus bagi yang beli mobil, sosis VW juga bisa ditemukan di supermarket atau stadium untuk konsumsi umum. VW bahkan memberikan part number 199 398 500 A karena menganggap ini adalah bagian dari produk otomotif mereka. Sosis VW cukup sukses. Tercatat lebih dari enam juta sosis terjual ke pasaran. Lebih banyak dari mobil VW yang terlego.

GM Mechanical Heart

8. General Motors - Jantung Mekanik

Dodrill-GMR adalah jantung mekanis pertama di dunia yang memungkinkan ahli bedah melakukan operasi jantung terbuka dengan menggunakan mesin bypass dan menghentikan jantung. Perangkat luar biasa ini sebagian dikembangkan oleh General Motors.

Pada tahun 1952, Dr. Forest Dewey Dodrill mengembangkan jantung mekanis dengan dana dari American Heart Association dan insinyur sukarelawan dari General Motors dan General Motors Research di Harper University Hospital di Detroit, Michigan. Mesin ini pertama kali digunakan pada 3 Juli 1952, ketika operasi jantung terbuka pertama di dunia dilakukan dan ahli bedah dapat memutar darah di sekitar jantung yang berhenti dan terus memompanya ke seluruh tubuh.

BMW Streetcarver

9. BMW - Skateboard Streetcarver

Ini bukan sembarangan skateboard. Namanya Streetcarver, didesain oleh BMW Designworks USA. Deknya mengandalkan bahan kayu dan fiberglass yang kokoh. Di bawahnya, terpasang suspensi yang diinspirasi oleh kaki-kaki BMW Seri-5.

Penampilannya cukup mencolok di antara skateboard biasa. Performanya juga demikian. Jika skateboard konvensional ban akan tetap lurus mengikuti permukaan jalan dan papannya miring untuk berbelok, Streetcarver bisa menyesuaikan. Mirip dengan kaki-kaki mobil. Makanya dihargai mahal. Muncul pertama tahun 2001 seharga US $495. Kemahalan dan susah dimodifikasi, tahun 2004 BMW berhenti memproduksi papan beroda ini.

MItsubishi

10. Mitsubishi- Semuanya

Anda mungkin telah terkejut oleh sosis, pabrik merica, dan roket dari daftar ini. Tapi ada satu yang menarik, Mitsubishi. Ya, inilah pabrikan mobil yang juga bisa membuat apa saja. Grup Mitsubishi sendiri adalah grup yang terdiri dari sekitar 40 perusahaan yang masing-masing memiliki banyak anak perusahaan.

Keragaman ini sendiri memastikan bahwa setiap perusahaan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Ibarat palugada, Mitsubishi menghasilkan berbagai produk mulai dari mobil hingga AC. Mitsubishi juga aktif di industri pertambangan, perkapalan, pembuatan kapal, jasa keuangan, real estate, dan elektronik. Adalah baik untuk tidak memiliki semua telur Anda dalam satu keranjang. (Raju)

Sumber: hotcars

Baca juga: Ini Deretan Mobil dengan Nama yang Lucu dan Unik

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil