Mengenal Musee de l'Aventure Peugeot, Rumah Perjalanan Si Singa

Mengenal Musee de l'Aventure Peugeot, Rumah Perjalanan Si Singa

Peugeit baru saja merayakan usianya yang ke-210 tahun pada akhir September lalu. Langkah mereka berawal pada 26 September 1810, ketika perusahaan Peugeot Freres Aines didirikan Jean-Frederic dan Jean-Pierre II Peugeot. Perusahaan ini menjalankan berbagai macam bisnis mulai dari dunia perkakas, perangkat jam, rangka payung, dan industri fashion. Mereka terkenal dengan alat penggiling kopi. Selain itu, Peugeot juga berkecimpung pada revolusi mobilitas dari sepeda hingga mobil. Bisnis Peugeot berkembang hingga saat ini.

Peugeot sadar akan sejarah panjang mereka dan merekamnya dalam museum. Pabrikan mendirikan museum di kota Sochaux, region Bourgogne-Franche-Comté region, di sebelah timur Prancis. Diberi nama Musée de l'Aventure Peugeot atau berarti Museum Perjalanan Peugeot.

Keluarga Peugeot berasal dari Valentigney, Montbeliard, sebuah wilayah administrasi di timur Prancis. Jean-Pierre Peugeot, lahir 1743, merupakan sang perintis usaha keluarga. Selama hidupnya, dia banyak terjun ke industri, seperti bisnis tenun, pewarnaan, pabrik minyak dan pabrik biji-bijian.

Usia dua abad lebih ini menjadikan Peugeot sebagai brand otomotif tertua yang masih eksis hingga kini. Banyak catatan sudah mereka buat. Inilah yang mendasari salah satu anggota keluarga Peugeot pada tahun 1988 mendirikan museum. Loasinya dekat dengan pusat industri Peugeot di Sochaux, Prancis. Museum ini mewakilkan perkembangan industri otomotif dari masa-masa awal era otomotif hadir di dunia.

Baca juga: Rekam Jejak 210 Tahun Peugeot, dari Gerinda Kopi Hingga Mobil Listrik

Peugeot museum

Tahun 1982, Pierre Peugeot merupakan presiden dari Peugeot Automobile membentuk tim “L’Aventure Peugeot”. Tim secara objektif mengumpulkan seluruh barang-barang yang merepresentasikan Peugeot selama hampir 2 abad. Mobil-mobil klasik menjadi pusat dari koleksinya ditambah berbagai produk yang pernah diproduksi Peugeot.

Akhirnya tahun 1984, salah satu bagian dari situs industri Peugeot diubah menjadi museum yang mengoleksi berbagai harta sejarah Peugeot. Kemudian museum ini dibuka untuk umum pada tahun 1988 dan terus dikembangan hingga kini.

Museum ini juga memiliki ruangan arsip yang di dalamnya masih lengkap terdapat berbagai ‘blueprint’ dari kendaraan termasuk kendaraan pertama yang diproduksi tahun 1891.

Baca juga: Peugeot Django Edisi Ulang Tahun ke-210 Tembus Rp 60 juta!

Peugeot museum

Total lokasi museum memiliki luas 45.000 m2 namun yang dibuka untuk umum hanya seluas 10.000m2. Pada area terbuka untuk umum tersebut terpajang sekitar 130 unit mobil klasik Peugeot. Jumlah ini memang tidak seluruh model.

Sejatinya Peugeot memiliki lebih dari 450 unit mobil koleksi. Anda bisa menyaksikan berbagai mobil yang merajai pasaran seperti 406, 208, atau 505. Bahka juga model-model awal yang dilahirkan Peugeot.

Selain mobil, juga terdapat sekitar 130 unit sepeda dan sepeda motor juga turut dipajang dari total koleksi lebih dari 300 unit. Peugeot memang pada awalnya justru membuat sepeda. Untuk ruangan pengarsipan seluruh sejarah dan dokumen Peugeot sendiri terbentang sebesar 5 kilometer persegi.

Baca juga: Peugeot Hadirkan 508 PSE, Model Plug-in Hybrid Paling Bertenaga

Museum dibuka untuk umum setiap hari pukul 10.00 pagi sampai 18.00 sore. Namun tutup setiap tanggal 1 Januari dan 25 Desember. Berapa harga tiket masuk? Dewasa 9 euro (sekitar Rp 156 ribu), pelajar dan mahasiswa 5 euro, kemudian anak 7-18 tahun 5 euro, anak-anak usia di bawah 6 tahun gratis.

Selain museum berbagai fasilitas juga disiapkan mulai dari toko cindera mata, cafe dan restoran, ruang seminar. Seperti dilansir dari website resmi museum, di lokasi ini pengunjung juga bisa mendapatkan spare part model-model lama Peugeot. Ada model 104, 203, 204, 304, 403, 404, 604, 504, 504C, 305, dan 505.

Museum ini menjadi catatan sejarah kehadiran dan peran Peugeot pada perkembangan era industri otomotif dari masa ke masa. Diperkirakan setiap tahunnya hampir 100 ribu orang datang ke museum ini. Sekitar 25 persen berasal dari luar Prancis. Jadi, jika Anda travelling ke negara itu, jangan sampai melewatkan kunjungan ke museum “Musée de l'Aventure Peugeot“ di Sochaux. (Raju)

Musée de l’Aventure Peugeot
Carrefour de l’Europe
25600 Sochaux
phone : +33 (0)381994203

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store