Modal Rp 260 Juta, Ini yang Didapat dari All New Honda BR-V Varian Terendah

Modal Rp 260 Juta, Ini yang Didapat dari All New Honda BR-V Varian Terendah

Meski sampai saat ini harga resmi belum keluar, PT Honda Prospect Motor (HPM) telah mengumumkan akan menghadirkan lima varian untuk BR-V generasi kedua. Paling bontot adalah varian S M/T, dengan estimasi harga mulai Rp 260 jutaan, tanpa ada perhitungan diskon dan potongan harga lainnya. Seberapa menarik varian paling murah dari BR-V terbaru?

BR-V S MT tentu sudah mendapatkan desain baru dengan dimensi yang lebih besar dibanding model terdahulu. Dari lembar spesifikasi, panjang bodi mencapai 4.490 mm, naik 34 mm dari model sebelumnya dan lebar 1.780 mm, naik 45 mm dari model sebelumnya. Tinggi 1.651 mm, berbeda dari varian teratas yang mencapai 1.685 mm akibat penggunaan roda yang lebih kecil yakni 16 inci.

Meski varian terbawah, BR-V S MT sudah menggunakan headlamp LED dengan DRL LED. Namun tanpa disertai lampu kabut LED. Ukuran pelek lebih kecil dengan desain baru membuat tampilannya tak kalah menawan.

Honda All New BR-V 2022

Masuk ke dalam, tak ada fitur smart entry. Sedang kenyamanan kabin ditunjang sistem hiburan layar sentuh berukuran 7 inci yang dilengkapi Smartphone Connection. Lalu masih ada pengisi daya di baris pertama serta fitur hill start assist, vehicle stability assist, side airbags dan sensor parkir. Terhitung lengkap untuk ukuran varian termurah.

Baca juga: Varian Teratas All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, Ini Kelengkapannya

Selain itu, varian ini juga menawarkan berbagai fitur yang sudah ada sebelumnya seperti Power Retractable Mirror, ECO Indicator, Digital A/C, bodi dengan teknologi G-CON + ACE with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Driver Seatbelt Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt.

Tidak lupa, meski varian termurah, BR-V S transmisi manual ini juga tetap membawa kemudahan di interior seperti tempat penyimpanan barang-barang yang tersebar di beberapa sudut, delapan tempat botol air, serta kursi baris ketiga yang dapat dilipat 50/50 untuk menciptakan ruang kargo yang lebih besar.

Bagasi

Dari sisi mekanis, BR-V varian termurah ini juga sudah mendapatkan pembaruan. Mesin yang digunakan 1.5L dengan teknologi i-VTEC in line 4 silinder DOHC yang menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin ini diklaim lebih efisien 3 persen dari BR-V model sebelumnya dan memiliki standar emisi EURO 4.

Transmisi manual juga diperbarui. Seperti City Hatchback RS, mengadopsi manual enam percepatan. Kemampuan transmisi ditingkatkan dengan mengikuti struktur dasar, yang diklaim mampu mencapai dimensi berkendara dan efisiensi bahan bakar lebih tinggi. Tenaga pendorong ditingkatkan hingga 8 persen untuk akselerasi lebih baik sementara rasio gigi dioptimalkan untuk perpindahan yang lebih halus dan kenyamanan berkendara.

Dengan itu, torsi kecepatan rendah hingga sedang meningkat jika dibandingkan dengan mesin lama. Memungkinkan menjaga putaran mesin rendah saat menjelajah dalam kecepatan tinggi. Ujungnya, berkontribusi pada tingkat keheningan serta konsumsi bahan bakar.

Menggunakan struktur baru, artinya varian terendah ini juga merasakan peningkatan kenyamanan dibanding model lama. Misal penggunaan bantalan pengurang getaran, geometri suspensi yang diubah, diklaim akan memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Honda All New BR-V 2022

Selain itu Honda juga mengklaim kekokohan bodi ditingkatkan dan menurunkan bobot kendaraan. Jarak sumbu roda diperpanjang hingga 40 mm dan rasio penggunaan high-tensile steel yang ringan dan kuat meningkat 24 persen.

Soal kekedapan kabin pun, All New BR-V mendapatkan peningkatan untuk meredam kebisingan dari luar. Beberapa area yang dioptimalkan termasuk sistem insulasi suara, spakbor belakang, penutup bawah dan kap mesin. Honda mengaplikasikan spray foaming di area panel bodi untuk meningkatkan keheningan, mencegah debu dan bau serta meningkatkan kadar kedap udara lebih dari 60 persen dibanding model lama.

Termasuk cukup lengkap untuk ukuran varian terendah. Soal harga yang berada di angka Rp 260 jutaan saat ini memang tidak bisa dibandingkan dengan model-model lain di kelasnya yang mendapat diskon PPnBM. Namun dari segi fitur, BR-V terbaru menawarkan beberapa hal yang lebih baik.

Kita tunggu saja penampakan varian terendah BR-V terbaru ini lebih detail. Semoga sesuai dengan ekspektasi calon konsumen yang masih menginginkan transmisi manual dan desain baru di segmen SUV low. (Sta/Tom)

Baca juga: Lima Susuk Pemikat All-New Honda BR-V yang Berpotensi Mengangkat Derajatnya

Jelajahi Honda BRV 2021

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda BRV 2021 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda BRV 2021

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang