Meski Tanpa Diskon PPnBM, Ini Alasan Mitsubishi New Xpander Tetap Layak Dilirik

Meski Tanpa Diskon PPnBM, Ini Alasan Mitsubishi New Xpander Tetap Layak Dilirik

Insentif PPnBM menjadi angin segar bagi industri juga calon konsumen kendaraan pada 2021 lalu. Penjualan meningkat dengan banyaknya model yang termasuk dalam kemudahan keringanan pajak ditanggung pemerintah.

Sayangnya pada aturan baru di 2022, kebijakan tersebut diberikan pada kendaraan dengan harga di bawah Rp 250 juta. Ini membuat banyak model-model yang dulunya mendapatkan insentif tersebut harus mengganti harga-harganya dengan PPnBM berdasarkan emisi yang sudah berlaku pada 2021 lalu.

Salah satu model yang terdampak adalah Mitsubishi New Xpander. Berdasarkan peraturan terbaru, MPV populer Mitsubishi ini tidak mendapatkan kemudahan PPnBM terbaru karena harganya berada di atas Rp 250 juta, meski ada varian GLS MT yang dipasarkan mulai Rp 249,930 juta.

Meski demikian, ada beberapa hal yang membuat MPV yang baru saja mendapatkan pembaruan di November 2021 masih layak dilirik walau tanpa PPnBM. Alasannya tentu statusnya yang baru mendapat penyegaran, desain yang lebih modern, serta faktor-faktor lain yang bisa dipertimbangkan untuk memutuskan melirik New Xpander. Tetsuro Tsuchida, Director sales and Marketing Division PT MMKSI mempercayai soal harga, Xpander sudah sesuai dengan nilai yang didapatkan konsumen alias selalu punya value for money. Ini pastinya menjadi nilai lebih untuk konsumen meminang New Xpander.

Mitsubishi New Xpander

"Ini jadi pertanyaan yang menarik untuk kami. Kami setiap mengembangkan produk selalu melakukan penelitian dan segmentasi produk. Xpander adalah produk yang matang sehingga konsumen dapat kendaraan yang memenuhi harapan mereka. Xpander baru juga hadir dengan fitur-fitur terbaik dan kami berusaha menawarkan best produk, total cost ownership terbaik, serta layanan aftersales, resale value yang juga terbaik," ucap Tsuchida beberapa waktu lalu.

New Xpander hadir dengan desain eksterior berkarakter SUV. Masih menggunakan Dynamic Shield yang khas, Xpander mendapat penyegaran dari desain bemper depan baru, bentuk T-shaped headlamp dan stoplamp berteknologi LED yang menampilkan garis tegas, side sill garnish, serta penggunaan pelek 17 inci dengan two tone color.

Interiornya tidak ketinggalan untuk mendapatkan penyegaran. Terdapat desain baru horizontal axis dengan soft touch di beberapa bagian, head unit 8 inci layar sentuh yang bisa dihubungkan dengan perangkat telepon genggam, desain baru meter cluster, desain baru lingkar kemudi dengan audio steering switch dan cruise control serta pengaturan AC digital.

Mitsubishi New Xpander

Transmisi CVT 8 Kecepatan

Faktor lain yang membuat Xpander baru layak dilirik meski tanpa relaksasi PPnBM adalah kehadiran transmisi CVT dengan simulasi AT 8 percepatan. Ini membuat sensasi berkendaranya berbeda dengan model terdahulu, dengan kinerja perpindahan yang mulus, Mitsubishi mengklaim Xpander terbaru lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Mesinnya tidak berubah. Mitsubishi masih mempercayakan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve yang menghasilkan tenaga 105 ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Mitsubishi juga meningkatkan kualitas suspensi dan shock absorber yang membuat pengendalian dan stabilitas berkendara New Xpander lebih nyaman. Komponen suspensi New Xpander sama dengan milik Pajero Sport meski ukurannya jauh lebih panjang. Teknologi suspensi ini juga diklaim menyerupai sedan Lancer Evolution sehingga pengemudi merasakan kenyamanan dan kinerja suspensi yang lebih rigid.

Setelan suspensi itu juga punya kaitan dengan bertambahnya ground clearance. New Xpander punya jarak ground clearence sejauh 220 mm (225 mm untuk opsi transmisi manual). Peningkatan yang signifikan, dari sebelumnya di angka 205 mm.

Soal keselamatan, New Xpander hadir dengna beberapa fitur seperti dual SRS Airbag, struktur RISE body, seatbelt dengan ELR 3 titik, new speed sensitive automatic door lock, dan new electric parking brake dengan fitur brake auto hold. Masih ada fitur automatic stability control, ABS-EBD dan BA, emergency stop signal, dan hill start assist.

Mitsubishi New Xpander Mitsubishi New Xpander interior

Paket Perawatan

Sebagai tambahan penilaian, Mitsubishi memberikan paket perawatan kendaraan Smart Silver yang terdiri dari paket perawatan kendaraan dengan manfaat gratis biaya jasa servis dan suku cadang hingga 50.000 kilometer atau 4 tahun, termasuk asuransi jiwa dan satu kali penggantian kerusakan ban hingga 1 tahun. Mitsubishi juga memberikan kemudahan yang mencakup oli MMGO dan chemical item, layanan darurat 25 jam serta komitmen untuk memberikan garansi kendaraan selama tiga tahun atau hingga 100.000 kilometer.

Xpander menjadi produk andalan Mitsubishi yang berkontribusi terbesar dalam penjualan di 2021. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan wholesale low MPV tersebut pada Januarai sampai Desember 2021 mencapai 30.283 unit tanpa menghitung model Xpander Cross. Untuk catatan penjualan pada Desember 2021, Xpander termasuk Xpander Cross mencatatkan pangsa pasar sebesar 34 persen atau telah terjual sebanyak 7.581 unit. Angka ini meningkat 3.225 unit dari November 2021. (Sta/Raju)

Harga New Xpander:

Tipe Harga
GLS MT Rp 249.930.000
GLS CVT Rp 259.570.000
Exceed MT Rp 263.850.000
Exceed CVT Rp 272.800.000
Sport MT Rp 284.070.000
Sport CVT Rp 297.370.000
Ultimate CVT Rp 299.770.000

 

Baca juga: Produknya Terjual 104.407 Unit, Mitsubishi Puas dengan Capaian di 2021

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Jelajahi Mitsubishi Xpander

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
Mobil Mitsubishi

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mitsubishi Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mitsubishi

Bandingkan & Rekomendasi