Mazda3 Hatchback Turbo Meluncur di Meksiko, Spesifikasinya Bikin Ngiler

Mazda3 Hatchback Turbo Meluncur di Meksiko, Spesifikasinya Bikin Ngiler
Gambar
Review Pengguna

Seperti diberitakan sebelumnya, Mazda3 versi kencang bakal segera meluncur di AS. Mereka umumkan lewat sosial media bahwa tanggal mainnya adalah 8 Juli 2020 ini. Namun tanpa disangka tetangganya, Meksiko, duluan meluncurkan spesies itu. Kini terkuak sudah seperti apa detail sang hatchback turbo lewat kanal YouTube Mazda Mexico.

Bukan facelift, tapi menambah varian. Aktor utamanya adalah pemacu daya di balik bonnet. Jantung empat silinder Skyactiv-G 2,5 liter turbo, serupa Mazda6 atau CX-9, menjadi senjata baru sang hatchback. Kendati begitu, detail spesifikasi di Meksiko menunjukkan angka di bawah ekspektasi sebelumnya. Tidak sebesar CX-9 di AS yang membuncahkan tenaga 250 hp dibarengi torsi puncak 420 Nm.

Baca Juga: Mazda3 Sukses Raih Titel World Car Design of The Year 2020

Catatan output mesin sesuai spek CX-9 di pasar Meksiko. Ekstraksi tenaga diklaim sebesar 227 hp, dibarengi momen puntir 420 Nm. Tak masalah, tetap saja menunjukkan rumus mobil menyenangkan: mesin besar di tubuh kompak. Melonjak signifikan dari figur 186 hp milik pemacu daya 2,5 liter N/A pada base model di luaran sana. Bikin ngiler karena kita harus puas dengan pilihan mesin 2,0 liter bertenaga 153 hp.

Mazda3 turbo spec

Punya output besar tidak melulu identik dengan kesan sporty berorientasi performa tinggi. Kalem, tidak seperti eksekusi pabrikan lain, misal VW Golf GTI atau Honda Civic Type-R. Dari komposisi drivetrain saja tidak menunjukkan hal itu. Mazda3 turbo dibekali opsi transmisi otomatis enam percepatan, menyalurkan tenaga ke empat roda. Terkesan dewasa. Pengoperasian manual dengan tiga pedal tampaknya absen dari pertimbangan final Mazda.

Juga secara tampilan, Mazdaspeed3 jelas bukan panutannya, tidak terlahir sebagai hot-hatch murni. Lenggokan anggun nan mewah sebagai aplikasi bahasa desain Kodo tidak diotak-atik jadi bernuansa balap. Kurang lebih menyerupai model standar, disudahi ragam fitur berkelas. Meliputi lampu LED otomatis, sepatu 18 inci hingga penempatan sunroof.

Daftar kelengkapan interior komplet. Sarana hiburan touchscreen jangan ditanya lagi, sudah disuntik konektivitas Android Auto dan Apple Carplay. Telinga pun dimanja oleh 12 speaker dari Bose. Di sisi keselamatan, Mazda3 turbo sudah dibekali 7 airbag, kamera dan sensor mundur, blind-spot monitor, dan lainnya.

Paling menggiurkan memang di sektor jantung mekanis. Tapi untuk mesin lebih kuat tentu ada harga yang perlu dibayarkan. Di Meksiko, Mazda3 Turbo dipasarkan dalam dua varian: Grand Touring dan Signature. Grand Touring sendiri dibanderol 489,9 ribu Peso, setara Rp 319 juta, selisih Rp 39 jutaan dari GT non turbo. Sementara itu, Signature menjadi varian termahal dengan label 529,9 ribu Peso (Rp 345 jutaan). Kalau masuk Indonesia jadi berapa ya? Secara harga dasarnya saja sudah menyentuh Rp 508,8 juta.

Sekilas tentang Mazda3 Indonesia

Spesifikasi Mazda3 hatchback yang berlabuh ke sini tergolong paling basic. Mesin masih mempercayai Skyactiv-G 2,0-liter NA (naturally aspirated) yang dipakai CX-5 generasi awal. Namun tak dibiarkan alakadarnya, ada perubahan pada intake, bentuk piston dan injeksi untuk memperbaiki efisiensi. Alhasil output turun jadi 155 PS dan torsi 200 Nm, dari model sebelumnya 165 PS dan 210 Nm. 

Telah mengadopsi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus). Kelanjutan dari teknologi human-centric, yang membuat pergerakan mobil makin nyaman dan responsif. Sistem mengatur torsi mesin saat memasuki tikungan. Bobot kendaraan berpindah, memberi efek terhadap cengkeraman roda, sehingga tercipta manuver senetral mungkin dengan respons setir presisi.

Ada juga MRCC (Mazda Radar Cruise Control) atau lebih beken dikenal sebagai cruise control adaptif. Bila ingin santai melaju di jalan tol, tidak perlu menekan pedal gas dan rem lagi. Mobil dapat melaju mengikuti kendaraan di depan secara otomatis dan menjaga jarak yang ditetapkan. Sistem safety, lengkap. Lane Departure Warning System (LDWS) dan Lane-keep Assist System (LAS) menjaga pengemudi agar tidak sembarangan berpindah lajur. Selain terdengar suara peringatan, setir langsung bergetar dan bergerak untuk mengembalikan posisi. (Krm/Odi)

Baca Juga: Mazda3 Hatchback Terjun Balap Touring Car

Jelajahi Mazda 3 Hatchback

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store