• Wishlist

Masih Satu Platform, Ini Beda dan Kesamaan Wuling Almaz dengan Chevrolet Captiva

Masih Satu Platform, Ini Beda dan Kesamaan Wuling Almaz dengan Chevrolet Captiva

Satu platform banyak saudara. Itulah SUV yang punya nama: Wuling Almaz, Baojun 530, MG Hector dan Chevrolet Captiva. Namun fokus kali ini pada dua brand yang ada di Indonesia. Wuling Motors punya Almaz dan dikirim ke tiga negara dengan label Captiva. Ada kemiripan dan perbedaan dua barang yang tengah naik daun ini.



Yang pasti, Wuling lantang menyatakan, hanya menyuplai satu merek buat market Indonesia. Sementara Chevrolet Indonesia tidak mendapat jatah dari mereka. "GM Indonesia dan SGMW dua entitas yang berbeda. Walaupun kedua sahamnya dimiliki oleh General Motors. Tapi, pegangan bisnis keduanya berbeda. Jadi, tidak akan ada bentuk Chevrolet Captiva yang dijual di sini,” tegas Xu Feiyun, President Director Wuling Motors usai seremoni ekspor unit di Cikarang (25/9).


Kesamaan


Dilihat dari dimensi dan wujud fisik semuanya sama, dalam satu DNA dan rancang bangun. Tarikan garis depan, guratan bodi hingga buritan semuanya klop. Konfigurasi tempat duduk tersedia lima jok dan tujuh penumpang. Pakai pelek 17 inci. Keduanya mengandalkan daya pacu tipe bensin 1,5 liter turbo. Embusan tenaga mencapai 141 Hp pada 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm di rentang 1.600-3.600 rpm.


Ada fitur-fitur yang diberikan di kedua unit. Misal panoramic sunroof, headunit layar sentuh 10,4 inci. Sedangkan peranti keselamatan meliputi dual airbags, anti-locking brake system, electronic brake-force distribution dan braking assist. Juga diimbuhi electronic stability control, hill hold control, auto vehicle holding, traction control system serta electronic parking brake.


Wuling almaz versi chevrolet


Perbedaan


Mereka serupa tapi tak sama. Paling terlihat bentuk grille depan dan jumlah bilah horizontal. Lalu di Chevrolet Captiva tidak dipasang fitur WIND, teknologi perintah suara. Ya, konsumen Thailand, Brunei dan Fiji tak mendapat voice command, meski dalam bahasa Inggris. Sementara di sini, perintah suara dilafalkan dalam bahasa Indonesia. Anda dapat menugaskan buka-tutup jendela, level panoramic sunroof, putar musik dan telepon. Cuma katakan: Hallo Wuling, sistem sigap merespons.


"Tapi untuk detail, alangkah baiknya ditanyakan ke brand yang bersangkutan. Sebab mereka yang menentukan spesifikasi. Yang jelas tidak ada fitur WIND (Wuling Command Indonesia),” ungkap Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wuling Motors.


Lalu jumlah varian. Almaz punya empat tipe: Smart Enjoy MT, Smart Enjoy AT, Exclusive 5 Seater dan Exclusive 7 Seater. Harganya mulai dari Rp 263,8 hingga Rp 338 juta OTR Jakarta. Sementara Captiva punya tiga pilihan, LS, LT dan Premiere 7 seater. Dilego mulai dari 1.099.000 Baht setara Rp 503 juta, hingga termahal 1.199.000 Baht atau Rp 548 jutaan. (Alx/Odi)


Baca Juga: Wuling Motors Pamer Kendaraan Otonom E200 di Pabrik Cikarang

Jelajahi Wuling Almaz

Wuling Almaz Rp 266,8 - Rp 341,8 Juta Cicilan : Rp 6,09 Juta

Bandingkan & Rekomendasi