jakarta-selatan
kali dibagikan

Road Test Wuling Almaz: Produk Termahal Pabrikan, Pantaskah Dimiliki? (Part-1)

  • 16 Jul, 2019
  • 1456 Kali Dilihat

Wuling Motors menginjakkan kaki di Indonesia, menggoda lewat low Multi Purpose Vehicle (MPV) termurah Confero. Setelah itu mereka naik kelas, hadirkan Cortez, medium MPV berfitur mewah juga dengan harga termurah di kelasnya. Awal 2019 pabrikan asal Cina ini, mulai pasarkan Almaz, medium Sport Utility Vehicle (SUV) berharga Rp 318,8 juta.


Menjadi produk termahal yang dijual Wuling di Indonesia, apa yang diandalkan Almaz? Memang Almaz terhitung termurah di kelasnya. Tapi sudah layakkah Wuling memasarkan mobil mahal? Jelasnya tampilan luar Almaz menyuarakan itu.



Eksterior


Berbeda dengan desain Confero dan Cortez yang memiliki pendekatan sederhana, Almaz memukau lewat desain yang sporty dan stylish. Jangan kaget kalau moncong Almaz yang keren itu, menjadi wajah mobil-mobil terbaru Wuling nanti. Lampu utama LED Projector diletakkan di bagian bumper, sedangkan posisi yang biasanya ditempati lampu depan dihuni lampu berkendara siang hari LED (Day-time Running Light).


Aura modern dan kemewahan juga ditampilkan oleh garis bahu menanjak dan konsep atap melayang (floating roof) di pillar-D. Sementara itu, bagian belakangnya terlihat agresif dengan bumper model diffuser dan ornamen silver sebagai aksesori figuratif mulut knalpot ganda tiruan. Adapula mika berwarna merah yang menghubungkan kedua lampu reflektor di bumper belakangnya itu. Sungguh perhatian terhadap detail yang tinggi.


Tampilan mobil ini, bukan tanpa kekurangan. Banyak yang beranggapan offset ban positif, diameter pelek serta ukuran ban tak proporsional dengan dimensi, lekukan over fender yang berotot maupun lubang fender yang besar, mengurangi keindahan. Tapi sejujurnya, bagi kami, desain Almaz tetap sesuai dengan harganya.



Interior


Kesan mewah yang ditampilkan Almaz pada bagian luarnya, ternyata bukan gimmick belaka. Memang interiornya dijejali banyak fitur modern yang hanya ditemui pada mobil dengan banderol tinggi. Masuk ke dalam kabinnya dan lihat ke atap. Anda disambut panoramic sunroof seluas hampir satu meter persegi (0,82 m2). Sentuhan kemewahan yang tak dimiliki para rivalnya yang lebih mahal. Risikonya, atap kaca lebih rentan pecah jika kejatuhan benda dari langit seperti batang pohon, misalnya.


Duduk di kursi pengemudi, posisi berkendara cukup ideal. Apalagi pengaturan posisi mengemudi sudah elektronis. Walaupun posisi lingkar kemudi hanya bisa diatur ketinggiannya secara manual. Untungnya lingkar kemudi sudah dibalut kulit. Selain membalut setir dan jok, material kulit pun bisa dirasakan beberapa bagian interior, seperti dasbor, sandaran tangan hingga door trim. Sedangkan material plastik pada dasbor sudah paded.



Jendela, kaca depan dan kaca belakang berukuran besar, memberikan bidang pandang yang luas ke segala penjuru arah. Interiornya juga menyajikan ruang kabin yang sangat luas di kursi baris depan dan belakang. Tak cuma itu, Wuling juga menyediakan banyak ruang penyimpanan di dalam kabin Almaz. Tersedia pula ventilasi AC, lubang pengisian daya smartphone dan sandaran tangan khusus penumpang di kursi baris kedua.


Karena berkonfigurasi kursi 5-penumpang, bagasi belakangnya sepenuhnya digunakan untuk akomodasi barang. Bila masih kurang, kursi baris keduanya bisa dilipat rata lantai untuk ruang yang lebih luas lagi.



Fitur


Melihat harga, fitur jelas menjadi keunggulan mobil ini dibanding kompetitor di kelasnya. Paling membanggakan pemilik Almaz tentunya sistem multimedia layar sentuh berukuran raksasa, 10,4-inci. Kenapa bisa sebesar itu? Karena sistem multimedianya ini sekaligus berfungsi sebagai pengaturan AC digital.


Utamanya head unit terbesar di kelasnya itu, berfungsi memutar musik dari beragam format karena memiliki konektivitas Bluetooth, USB dan AUX. Ponsel pintar bisa terhubung secara mirroring lewat fitur Wuling Link untuk memutar beragam aplikasi seperti Google Maps, Spotify, Facebook dan lainnya. Sistem multimedianya ini juga bisa menampilkan indikator tekanan angin di ban, fungsi pengaturan buka-tutup jendela hingga display untuk fitur keselamatan kamera parkir 360.


Selain kamera parkir 360, Almaz dilengkapi banyak fitur keselamatan. Mulai dari rem parkir elektris dengan mode auto hold, dual SRS airbag, rem ABS, EBD, BA, Hill Hold Control dan Emergency Stop Signal.


Terakhir untuk memudahkan pengemudi, Almaz sediakan fitur kunci pintar untuk buka-tutup kunci pintu kendaraan hingga menghidupkan dan memadamkan mesin. (RS/Van)


Baca Juga: Road Test Wuling Almaz: Wuling Termahal, Pantas Dimiliki? (Part-2)

Galeri

  • Tampak Depan Bawah Wuling Almaz
  • Tampak samping Almaz
  • Tampak belakang serong Almaz
  • Tampak belakang Almaz
  • Tampak Grille Almaz
  • lampu belakang Almaz
  • handle pintu Almaz
  • Knalpot Almaz
Wuling Almaz
Rp 263,8 - Rp 338,8 Juta
Lihat Promo

Harga dan Promo Varian Almaz

  • Smart Enjoy CVT | Rp 275,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 43,72 Juta
    Angsuran Rp 7,87 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Smart Enjoy MT | Rp 263,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 50,76 Juta
    Angsuran Rp 5,84 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Exclusive 5-Seater | Rp 328,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 60,66 Juta
    Angsuran Rp 7,57 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Exclusive 7-Seater | Rp 338,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 64,26 Juta
    Angsuran Rp 8,03 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Wuling Almaz

Lihat video terbaru Wuling Almaz untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Wuling Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi