Jualan Sukses di 2021, Mitsubishi Siapkan Strategi 2022, Luncurkan Compact SUV?

Jualan Sukses di 2021, Mitsubishi Siapkan Strategi 2022, Luncurkan Compact SUV?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai pemegang merek jual kendaraan Mitsubishi di Indonesia sukses menjalani musim penjualan 2021 dengan hasil yang positif. Pertumbuhan mereka terbilang sangat baik dibanding tahun sebelumnya. Hal ini selaras dengan membaiknya kondisi pasar otomotif di Indonesia.

KEY TAKEAWAYS

  • Penjualan Mitsubishi Sukses di 2021

    Total penjualan kendaraan Mitsubishi mencapai 104.407 unit (PC+LCV)
  • Model Mitsubishi Apa yang Paling Populer?

    Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross menguasai hampir setengah penjualan brand ini.
  • "Melihat tren sejak pandemi hingga saat ini, daya beli dan penerimaan pasar berangsur-angsur meningkat. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah melalui insentif PPnBM sejak awal tahun lalu yang secara signifikan menstimulus pasar. Kami optimistis masa endemik dan normal yang kita tuju saat ini akan mendukung pertumbuhan industri otomotif," jelas Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura dalam konferensi pers, Kamis (17/3).

    Jaw

    Disebutkan bahwa sepanjang tahun lalu, MMKSI berhasil membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. Pencapaian penjualan di 2021 meningkat hingga 90,6% dibandingkan dengan tahun 2020. Dari Data Gaikindo tertulis merek berlambang tiga berlian berhasil meniagakan sebanyak 104.407 unit kendaraan (Januari-Desember 2021).

    Adapun kontributor penjualan terbesar musim itu masih dari Xpander series (Xpander dan Xpander Cross) yang terjual sebanyak 50.807 unit atau hampir dari separuh dari seluruh penjualan mereka. Model lainnya punya catatan sebagai berikut, 27.110 unit L300, 17.137 unit Pajero Sport, 9.009 unit Triton, 183 unit Eclipse Cross, dan 20 Outlander PHEV.

    Tak cuma sekadar berniaga, Mitsubishi juga melakukan beberapa inovasi untuk menguatkan portfolionya. Misalnya dengan merilis New Pajero Sport, Xpander Rockford Fosgate Black Edition, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, serta New Xpander dan New Xpander Cross. Tidak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi MMKSI dalam mempercepat perkembangan mobil listrik di Indonesia, mereka juga memperkenalkan Minicab MiEV pada ajang GIIAS 2021, sebuah kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

    GIIAS Jokowo Minicab MiEV

    "Sebagai langkah selanjutnya, kami akan memperkuat branding Mitsubishi Motors kami di Indonesia, untuk memberikan kepuasan yang lebih baik terhadap perjalanan pelanggan kami dengan merek Mitsubishi Motors dengan citra Mitsubishi-ness yang kuat, dalam jangka panjang, hubungan yang loyal dengan pelanggan kami. Ini akan menjadi strategi utama untuk operasi bisnis secara keseluruhan untuk membuat merek kami menjadi top of mind pelanggan kami," imbuh Naoya Nakamura.

    Tak Gegabah Merilis Compact SUV

    Melihat kesuksesan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross yang berhasil menjawab kebutuhan pasar, ternyata brand satu ini tak semerta-merta ingin mengikuti arus yang sedang bergerak dan lantas merilis produk.

    Seperti diketahui, saat ini memang beberapa pabrikan sedang memulai segmen Compact/Small SUV. Tengok saja Duo Toyota-Daihatsu Raize-Rocky, Nissan Magnite, Kia Sonet, Hyundai Creta bahkan Honda juga sedang mengetes pasar dengan SUV RS Concept.

    Ditanya intensinya untuk merilis produk di kelas yang sedang hype ini, Mitsubishi menanggapinya dengan bijak. "Mengenai Compact SUV, ini memang tengah meningkat sekarang. Namun langkah strategi produk kita bukan merespons apa yang tengah berkembang saat ini tapi jauh lebih ke depan daripada market tren. Kami akan memikirkan produk produk apa lagi yang lebih maju dan akan disukai masyarakat," tanggap Naoya Nakamura.

    Mitsubishi Concept

    Mitsubishi nampaknya tak mau gegabah untuk merancang produknya. Perusahaan asal Jepang ini sepertinya ingin menawarkan produk yang tak cuma unggul di kelasnya namun bisa berkelanjutan. Segmen Compact SUV yang sekarang tengah hingar bingar boleh jadi masih terlalu prematur untuk dianggap sebagai lahan berjualan yang mapan. Apalagi figur penjualan saat pandemi musim kedua di 2021 tidaklah terlalu representatif untuk mencerminkan kondisi pasar.

    Sebagai pabrikan yang memang punya DNA kendaraan SUV sangat kuat, rasa-rasanya tak akan sulit bagi brand ini untuk merilis jagoan mereka di kelas tersebut. Toh, sebelumnya mereka berhasil mengubah tren desain Low MPV menjadi ke arah SUV dengan Xpander. Kita tunggu saja gebrakan mereka berikutnya! (Van)

    Baca Juga: Ragam Mobil Elektrifikasi di JAW 2022

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Jelajahi Mitsubishi Xpander

    Model Mobil Mitsubishi

    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi Pajero Sport
      Mitsubishi Pajero Sport
    • Mitsubishi Triton
      Mitsubishi Triton
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi Xpander Cross
      Mitsubishi Xpander Cross
    • Mitsubishi Outlander PHEV
      Mitsubishi Outlander PHEV
    • Mitsubishi Colt
      Mitsubishi Colt
    Mobil Mitsubishi

    Jangan lewatkan

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Mobil Mitsubishi Xpander Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Mitsubishi Xpander

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Mitsubishi Xpander dari Carvaganza