Ragam Mobil Elektrifikasi di Jakarta Auto Week 2022

Ragam Mobil Elektrifikasi di Jakarta Auto Week 2022

Ajang pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW) 2022 masih berlangsung hingga 20 Maret 2022 mendatang. Pada pameran perdana besutan Gaikindo ini, tema produk ramah lingkungan menjadi salah satu perhatian.

KEY TAKEAWAYS

  • Ragam Mobil Elektrifikasi di JAW 2022

    Ada Wuling, Lexus, Toyota, Mitsubishi, Nissan, Hyundai
  • Ini terlihat dari beberapa merek yang membawa produk-produk elektrik alias electric vehicle (EV). Tidak hanya satu, pengunjung pameran dapat menemukan dan mencoba beberapa model kendaraan masa depan tersebut di lokasi JCC Senayan.

    Wuling

    GSEV di JAW

    Kendaraan listrik pertama hadir dari Wuling Motors (Wuling) yang hadir di area PL2. Wuling membawa Global Small Electric Vehicle (GSEV) sebagai salah satu model yang mencuri perhatian.

    GSEV sudah pernah diperlihatkan pada ajang GIIAS 2021 lalu. Platform ini menandai kiprah Wuling untuk bersiap terjun ke pasar EV pada 2022. Produk ini sendiri sudah membuktikan keunggulannya di pasar Tiongkok sebagai model EV terlaris.

    Model kendaraan listrik ini pertama kali dikembangkan pada 2014. Langkah ini sesuai dengan tuntutan untuk memulai era kendaraan energi baru dan ramah lingkungan. Aspek yang pertama kali terlihat pada GSE adalah dimensinya yang kompak dan tetap memberikan rasa nyaman serta aman. Platform GSEV menjadi jawaban mobilitas di perkotaan yang memiliki ruang parkir terbatas.

    Kendaraan dengan hadir dengan konfigurasi dua tempat duduk dan empat tempat duduk ini bisa menempuh jarak 120 kilometer sampai 300 kilometer. Fitur fast charging menjadi standar untuk kenyamanan pengisian daya. Fitur lainnya terdapat internet of vehicle, ADAS, Automatic Parking sampai multimedia dengan voice command. Fitur keamanannya hadir dari rangka baja kuat dan airbag. Baterainya sudah melalui tahap pengujian ketahanan tinggi dengan standar IP68 waterproof yang dilengkapi smart battery management system.

    Platform ini kemudian hadir dalam beragam bentuk. Mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, dan Nano EV. Masing-masing hadir dengan desain berbeda sesuai kebutuhan komuter penggunanya.

    Baca juga: Wuling Cortez CT Bakal Disegarkan dengan Fitur Baru, Meluncur di IIMS 2022?

    Lexus

    The All New Lexus NX

    Merek kedua yang menghadirkan produk kendaraan listrik adalah Lexus. Merek premium asal Jepang ini gencar memperkenalkan model kendaraan dengan teknologi elektrifikasi. Terbaru hadir dari model All New NX yang membawa varian 450h+. Istimewanya model 450h+ adalah model NX pertama berjenis Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

    Meski statusnya masih perkenalan, 450h+ langsung menarik perhatian di lantai pameran Lexus. All New Lexus NX 450h+ dibekali mesin 4-silinder 2,5 liter Atkinson-cycle dengan bantuan penggerak motor di depan dan belakang. Penggeraknya disuplai baterai lithium-ion bertenaga 18,1 kWh. Total tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 309 PS dengan klaim akselerasi 6,3 detik dari diam hingga 100 kilometer per jam. Kecepatan puncaknya bisa menyentuh 200 kilometer per jam. Mobil bisa melaju dengan tenaga murni listrik atau tanpa mesin bensin sejauh 87 kilometer dan juga diklaim bisa dipacu sampai kecepatan 135 kilometer per jam. Pengisian daya baterai membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan charger AC 6,6 kW.

    Masih ada varian NX 350h yang juga baru diperkenalkan di JAW 2022. Model ini menggendong mesin 2.5L dari keluarga A25A-FXS dengan sistem Lexus Hybrid Drive terbaru generasi ke-4. Mesin ini diklaim menawarkan kombinasi optimal antara tenaga listrik dan juga bahan bakar.

    Nissan

    JAW

    Merek Nissan hadir dengan dua model EV andalan yakni Kicks dan Leaf. Hadir dengan booth bertema Electrification and Technology, kedua produk menjadi model terbaru Nissan di Indonesia.

    Promo untuk keduanya juga menarik. Kicks e-Power hadir dengan bunga 0 persen atau angsuran ringan atau uang muka ringan atau pilihan step up cicilan. Hadir juga free service dan part 50.000 kilometer atau 4 tahun, serta garansi baterai elektrik 100.000 kilometer atau lima tahun. Model EV murni Leaf ditawarkan dengan free service dan part 70.000 kilometer atau lima tahun, free AC Home Charger dan garansi baterai elektrik 160.000 kilometer atau delapan tahun. Nissan juga memberikan voucher cashback sampai Rp5 juta.

    Kicks merupakan kendaraan dengan sensasi mobil listrik yang menggendong mesin konvensional. SUV ini menggunakan mesin tiga silinder 1.2L dengan performa 129 ps dan torsi 260 Nm. Leaf merupakan EV dengan motor listrik bertenaga maksimum 150 ps dan torsi 320 Nm. Model ini mampu menempuh jarak sejauh 311 kilometer dalam sekali pengisian daya. Nissan menyediakan kedua model ini untuk dicoba pada area test drive JCC Senayan.

    Toyota

    Toyota menghadirkan zona elektrifikasi dengan menampilkan kendaraan hybrid dan EV miliknya. Model terbaru seperti New Corolla Altis Hybrid ditampilkan di pameran ini. Sedan ini sudah mengusung platform global TNGA dengan teknologi keselamatan Toyota Safety Sense.

    Toyota Prius PHEV juga hadir di lantai pameran. Model Prius teranyar yang belum dipasarkan secara umum ini jadi salah satu bukti keseriusan Toyota untuk bermain di segmen kendaraan ramah lingkungan. Buktinya, pada 2021 Toyota berhasil mencatat 1.800 unit penjualan retail model kendaraan elektrifikasi.

    Dari produk full EV alias battery electric vehicle (BEV) hadir kendaraan mungil C+Pod. Model ini hadir di beberapa lokasi pariwisata, seperti di Bali dan Danau Toba, untuk meningkatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan sekaligus memberikan kesempatan masyarakat merasakan keunggulan produk EV Toyota.

    Mitsubishi

    Outlander PHEV

    Mitsubishi juga memboyong produk elektrifikasi mereka di JAW 2022 ini lewat Outlander PHEV. Model SUV modern yang dibanderol Rp890 juta on the road Jakarta itu hadir dengan beragam kemudahan untuk calon konsumen. Terdapat promo bunga rendah mulai nol persen dengan tenor 1 tahun atau gratis asuransi selama dua tahun.

    Kendaraan elektrifikasi ini juga mendapatkan gratis paket perawatan berkala hingga 50.000 kilometer atau 4 tahun yang termasuk biaya jasa, suku cadang, MMGO dan Brake Fluid. Konsumen juga mendapatkan kaca film V-Kool dan gratis pemasangan standar AC Home Charger di rumah konsumen.

    Outlander PHEV merupakan produk yang menyediakan sensasi berkendara motor listrik namun juga tidak meninggalkan kemampuan penggerak mesin konvensional. Menariknya pemilik bisa mengisi daya baterai dari stasiun pengisian daya tanpa harus selalu mengandalkan mesin. Mesin 2.4L yang diusung menjadi generator sekaligus penggerak saat dibutuhkan.

    Hyundai

    Hyundai menawarkan Kona EV dan Kona Mobile Charging dalam pameran JAW 2022. Kedua produk EV murni ini menjadi andalan Hyundai dalam melakukan penetrasi terhadap percepatan kendaraan listrik di Indonesia.

    Ada beragam promo untuk produk EV Hyundai. Misal gratis baterai selama delapan tahun atau 160.000 kilometer. Gratis pemasangan AC Home charger dan bebas biaya portable charger. Kona EV juga bisa dicoba pengunjung pameran di area test drive JAW 2022.

    Hyundai juga menyertakan area pameran khusus membahas platform E-GMP terbaru. Platform ini digunakan pada produk kendaraan listrik modern Hyundai. Salah satunya adalah Ioniq 5 yang diproduksi di Indonesia dan akan segera dipasarkan. (Sta/Tom)

    Baca juga: JAW 2022: Tampilkan Ragam Model Unggulan, Nissan Tawarkan Program Cicilan Menarik

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature