• Wishlist

Honda All New Civic Turbo: Karakter Sporty Mendominasi

Honda All New Civic Turbo: Karakter Sporty Mendominasi

Inilah Honda Civic generasi ke-10, sekaligus Civic pertama yang menggunakan turbocharger. Ya, sejak generasi pertamanya lahir pada 1972, ini pertama kalinya Honda memberikan turbo pada sedan medium kebanggaan mereka.

Langkah itu termasuk evolusi. Sebuah perubahan signifikan yang membawa nama Civic ke tingkat lebih lanjut, bahkan di persaingan sesama sedan medium di Indonesia.

Pihak Honda mengklaim Civic generasi ke-10 ini sebagai Civic berkarakter sporty. Tak hanya penampilannya, namun juga performanya. Sekeren apa Civic turbo ini? Simak Ulasan kami berikut.

Eksterior

Road Test - Civic Turbo-004

Honda All New Civic tampil lebih tajam, agresif dan mewah. Desain lampu depannya menyipit dan sudah menggunakan teknologi LED, sekaligus berkumpul dengan DRL dalam satu rumah. Grille berlapis krom menjadikan wajah Civic juga terlihat lebih mewah.

Penampilan belakangnya dipermanis lampu kombinasi model baru. Desainnya sekaligus meningkatkan aura sporty dan dihiasi LED strip pada tailgate. Selain itu, knalpot ganda berlapis chrome juga hadir untuk menambah karakter sporty.

Sementara siluet samping dengan atap rendah di belakang dan ekor yang pendek, menghasilkan proporsi bak sedan coupe. Roda berukuran 17 inci yang lebar juga sesuai karakter sport Civic baru ini.

Dari segi dimensi bodi, Honda Civic turbo bertambah panjang 2,9 inci serta lebih lebar 2 inci dibanding pendahulunya.

Interior

Road Test - Civic Turbo (5)-002

Civic baru memang driver oriented. Ia ditunjang kokpit dengan jok yang nyaman dan mendukung pengemudian. Posisi tuas transmisi dan tombol-tombol fitur pun disusun dengan ergonomi yang baik. Mudah dijangkau dari bangku pengemudi. Dashboardnya pun rata dan rendah, sehingga tak menghalangi visibilitas.

Bagian konsol tengah berukuran besar, memisahkan jok penumpang depan dengan pengemudi. Desain seperti itu biasa ditemui pada mobil-mobil sport dan secara tak langsung menguatkan kesan bahwa Civic baru ini driver oriented.

Dimensi dan jarak sumbu roda yang dipanjangkan, memberi ruang ekstra pada penumpang belakang. Jadi, tak hanya mementingkan pengemudi, Civic turbo juga 'baik' kepada penumpang belakang. Sayangnya, sandaran pada bangku belakang sedikit terlalu tegak. Soal penyimpanan, bagasi Civic baru terbilang lapang di kelasnya.

Satu hal yang paling berkesan adalah peredaman kabinnya yang sangat baik. Tak hanya menahan instrusi suara dari luar mobil, suara mesin pun berhasil ditekan sebaik mungkin.

Infotainment dalam kabin didukung layar sentuh 7 inci dan dijejali banyak fitur. Selain radio dan pemutar musik, turut hadir pemutar DVD, sistem navigasi dan melakukan panggilan telepon.

Masalah konektivitas, bisa dijalin melalui Bluetooth, Wireless Mirror Linked, WiFi, port USB dan HDMI. Port USB hanya tersedia satu dan letaknya di dalam laci glovebox bersama dengan HDMI. Sangat merepotkan untuk mengaksesnya.

Performa

Road Test - Civic Turbo (2)-005

Honda All New Civic disokong dapur produksi mesin 4-silinder, 1.5 liter VTEC Turbo. Dibanding generasi sebelumnya yang bermesin NA 2.0 liter, kapasitasnya memang lebih kecil, namun tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar.

Daya maksimalnya mencapai 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncaknya 220 Nm yang tersedia pada rentang 1.700 sampai 5.500 rpm. Menariknya, transmisi otomatis yang disediakan adalah CVT khas Honda.

Banyak yang mempertanyakan kinerja bersama antara turbo dan CVT. Nyatanya kami tak menemukan kendala yang berarti. Akselerasinya terasa responsif, tentu masih ada turbo lag. Dan itu bukan halangan untuk menikmati mesin baru Civic ini.

Tenaganya dibangun progresif dan CVT-nya bekerja melebihi ekspektasi. Tanpa kompromi. Baik untuk penggunaan harian dalam kota, apalagi saat keluar kota.

Fitur ECON membantu fungsi turbo dalam menjaga efisiensi bbm. Saat diaktifkan, performa mobil ini masih bisa Anda nikmati. Sehingga untuk pengemudian sehari-hari, fitur ini bisa terus aktif tanpa mengorbankan performa dan kesenangan berkendara.

Uji konsumsi kami gunakan fitur ECON dan metode full-to-full, hasilnya untuk luar kota tercatat 18,32 km/liter, sementara untuk rute dalam kota nya 11,2 km/liter.

Pindahkan tuas transmisi ke posisi S dan matikan fitur ECON, putaran akan terjaga setingkat di atas standar, sekitar 1.000 rpm. Dengan itu, kinerja turbo bisa dipercepat dan hasilnya responsifitas lebih bisa didapat.

Paddleshift hadir menambah kesenangan berkendara dan sporty feel. Meski tanpa itu pun, Anda masih bisa dihibur performanya. Dan cruise control, memberi kemudahan serta membantu menekan angka konsumsi bbm saat perjalanan ke luar kota.

Ride and Handling

Kami menyetujui klaim performa sporty. Ditambah kenyataan bahwa ini sedan medium, menghasilkan keseimbangan antara kenyamanan dan sportiness pada Civic baru ini.

Posisi mengemudi sangat mudah diatur dan joknya mendukung kenyamanan. Bahkan untuk pengemudian jarak jauh dan durasi yang lama.

Mobil ini terasa mudah dikemudikan. Bobot putar palang kemudinya ringan namun berisi, presisi dan memberi feedback yang baik. Suspensinya pun dibuat lebih sporty dan ketika diajak menikung kencang gejala understeernya terasa minim. Meski begitu, tak mengorbankan kenyamanannya saat digunakan harian.

Safety

Apalah arti sedan tanpa fitur keselamatan mumpuni. Begitu juga dengan Civic turbo yang dilengkapi fitur-fitur keselamatan. Utamanya, ada enam kantung udara, sistem deselerasi ABS, EBD, dan BA, serta struktur rangka G-Con + ACE.

Kesimpulan

Road Test - Civic Turbo (3)-006

Jujur, kami menyukai Honda All new Civic turbo yang lebih sporty ini. Mulai dari penampilannya, performa dan handlingnya, bahkan konsumsi bbm pun kami suka. Dibanding pesaing utamanya, yakni Toyota Corolla Altis, fitur Civic baru ini rasanya lebih unggul. Memang, dengan itu, harganya juga turut meningkat, di angka Rp 480 juta. Sementara Toyota Corolla Altis harganya berada di kisaran Rp 440 juta.

Namun, dengan penampilan menawan, performa dan handling menyenangkan, serta konsumsi bahan bakar yang terbilang efisien, Honda Civic turbo ini layak untuk dimiliki.

Foto: Edi Weente

Jelajahi Honda Civic

Honda Civic Rp 536,5 Juta Cicilan : Rp 12,24 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store