Honda Patenkan Transmisi 11 Gigi

Honda Patenkan Transmisi 11 Gigi

Perkembangan teknologi memang tidak bisa dibendung. Setiap hari sepertinya ada saja yang baru dan terdengar sangat invatif. Hal yang sama berlaku untuk Honda yang baru-baru ini mempatenkan transmisi 11-speed. Ya, gigi transmisinya ada 11. Sejauh yang kami tahu, 11-speed biasanya digunakan oleh kendaraan komersial seperti truk.

Seperti dikutip dari Autoguide dan Autocar, selain 11 percepatan, sistem transmisi yang dipatenkan ini juga memiliki tiga kopling, atau triple clutch. Tujuannya tentu saja tidak jauh-jauh dari efisiensi saat berkendara, seraya mengurangi kehilangan torsi saat berpindah gigi. Hal terakhir itu menjadi kegunaan kopling yang ketiga. Selain itu, sistem tersebut juga memungkinkan pengendara untuk memindahkan gigi tanpa harus berurutan, sesuai dengan kebutuhannya.

Warna andalan Jazz

Transmisi 11-speed ini diperkirakan akan menggantikan peran CVT, yang selama ini menjadi andalan Honda. CVT memang terbilang jempolan untuk urusan efisiensi, namun kurang bisa diandalkan untuk mobil-mobil yang memiliki mesin berperforma besar. Karena itu penggunaannya, kalau diperhatikan masih sebatas kendaraan bermesin kecil seperti Honda Jazz, Brio, Civic, dan lainnya.

Soal mobil Honda mana yang akan menggunakannya, masih menjadi pertanyaan. Beberapa mobil baru seperti Honda Civic Hatchback, memang saat ini sedang disiapkan untuk segera dipasarkan di Eropa, namun mobil ini sudah jadi dan kemungkinannya kecil untuk menggunakan perseneling baru ini.

Peluncuran Accord Facelift

Kemungkinannya adalah, mobil-mobil besar Honda yang beredar di Amerika Serikat yang akan menggunakannya lebih dulu, karena seperti Honda Pilot contohnya, efisiensi konsumsi bahan bakarnya mendesak untuk ditingkatkan. Atau bisa juga digunakan pada Jazz, untuk lebih meningkatkan lagi keiritannya. Yang jelas, menurut Autocar, transmisi ini belum akan digunakan untuk model-model yang ada di Eropa.

Selain Honda, Ford juga terdeteksi sedang mengembangkan transmisi 11-speed untuk mobil-mobil mereka. Saat ini, General Motors dan Ford memiliki transmisi yang paling banyak giginya dengan 10-speed. Perseneling tersebut dipasangkan di Chevrolet Camaro ZL-1 dan Ford F150 terbaru. Keduanya baru akan meluncur pada tahun 2017 yang akan datang.

Baca Juga: Honda bawa Civic Hatchback Prototype ke GIIAS 2016

Jelajahi Honda Jazz

Honda Jazz Rp 256,5 - Rp 300 Juta Cicilan : Rp 5,85 Juta