jakarta-selatan

Honda Civic Diesel Khusus Pasar Eropa

  • Sep 14, 2017
  • 397 Dilihat

Tak cuma Urban EV Concept yang memukau pengunjung, Honda Civic bermesin diesel juga banyak dilirik di booth Honda Frankfurt Motor Show 2017. Meski sejumlah negara Eropa berencana menjadi negara yang melarang mesin diesel, tak dipungkiri pasar mesin berbahan bakar solar di Eropa masih terbilang besar. Direncanakan, tahun depan, Civic diesel siap dilempar ke pasar Eropa.


Jantung mekanis yang digendong Honda Civic diesel bukan sepenuhnya baru, melainkan hasil revisi dari mesin diesel yang sudah digunakan pada generasi sebelumnya. Mesin 1.6 liter i-DTEC, menghasilkan tenaga 122 PS dan torsi puncak 300 Nm. Mesin itu ditingkatkan kinerjanya, dengan mengurangi friksi untuk meningkatkan kadar efisiensi. Mesin itu ternyata khusus untuk pasar Eropa saja dan dibangun di pabrik Swindon, Inggris. Seperti dilansir dari pewartaan situs Carscoops, belum ada detail pasti soal transmisinya, tapi transmisi otomatis 9-speed menjadi kandidat yang sangat kuat.


honda-civic-diesel-9


Efisiensi tampak menjadi target dari Civic diesel terbaru. Klaim efisiensi bahan bakarnya sekitar 27 km/liter. Angka itu sedikit lebih rendah dibanding Civic diesel yang dijual sebelumnya. Tapi Civic diesel terbaru merupakan mobil pertama yang diuji menggunakan prosedur Worldwide Harmonised Light Vehicle Test dengan menggunakan data pengemudian sesungguhnya dibandingkan uji laboratorium biasa.


Efisiensinya juga dijanjikan lebih baik saat digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Selain itu, Honda juga meningkatkan kadar NVH (noise, vibration, dan harshness) pada Civic diesel terbaru.


honda-civic-diesel-10


Belum ada informasi detail spesifikasi lain termasuk kelengkapan dan fiturnya. Harga juga belum dilabeli pada Honda Civic diesel teranyar. Yang pasti pihak manufaktur hanya meyakinkan 2018 menjadi tahun beredarnya Civic baru dengan mesin diesel di pasar Eropa.


Sayangnya, di Indonesia belum populer mesin diesel yang ditanamkan pada mobil selain SUV. Padahal soal efisiensi, mobil non-SUV bermesin diesel bisa diadu keiritannya. Sementara itu, Indonesia masih menuju kebijakan soal bahan bakar minyak yang sesuai dengan standar baku EURO 4. Tapi konsumen lokal mendapat pilihan jenis bodi Civic antara sedan atau hatchback.


Baca Juga: Pilih Honda Civic Sedan atau Hatchback?


Sumber: Carscoops

Shares

Video Honda Civic

Lihat video terbaru Honda Civic untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer