Honda City Hatchback Hanya Dijual Satu Varian, Kenapa?

Honda City Hatchback Hanya Dijual Satu Varian, Kenapa?

PT Honda Prospect Motor baru saja merilis Honda City Hatcback di Indonesia. Model ini hanya tersedia dalam varian RS serta satu pilihan mesin. City Hatchback RS yang dijual di Indonesia menggendong mesin 4-silinder 1.5-liter i-VTEC dengan pilihan transmisi otomatis CVT (Continuous Variabel Transmission) dan manual 6-percepatan. Uniknya, hanya Indonesia yang mendapatkan pilihan transmisi manual 6-percepatan.

Pertanyaannya kenapa HPM hanya menyediakan satu varian saja? Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan pilihan tersebut sudah ditentukan sebelumnya.

"Honda City Hatchback RS yang dijual di Indonesia sudah melewati proses studi panjang dan penyesuaian dengan kondisi di Tanah Air. Sehingga yang ditawarkan pada Honda City hatchback RS sesuai dengan kebutuhan konsumen dan medan jalan di Indonesia," kata Yusak Billy dalam konferesin per virtual dengan media.

Sebenarnya Honda City Hatcback punya banyak varian lain selain Honda City Hatchback RS yang ada di Indonesia. Di Thailand, misalnya, Honda City Hatchback ditawarkan dengan tiga pilihan varian yakni S+, SV dan RS yang merupakan varian tertinggi. Ketiganya dibekali dengan mesin 3-silinder 1,0-liter Turbo dengan satu pilihan transmisi otomatis CVT. Paket mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 119 Hp dan torsi maksimal yang mencapai 173 Nm.

Baca juga: Honda City Hatchback RS Resmi Hadir, Model Anyar dengan Mesin Baru

Honda City Hatchback RS

Perbedaan antara ketiga varian tersebut terdapat pada tampilan eksterior, interior dan fitur. Misalnya pada varian S+ yang dilengkapi dengan headlamp projector, grille krom, dan jok yang dibungkus dengan material fabric berwarna hitam. Sedangkan pada varian SV hanya terdapat penambahan side mirror indicators, jok berlapis kulit serta pengaturan AC otomatis. Pada varian RS yang merupakan model tertinggi memiliki tampilan grille dengan kelir hitam, shark fin antenna, tailgate spoiler serta penggunaan velg berukuran 16-inci. Interiornya pun semakin variatif dengan jok berbungkus material suede, fabric dan kulit. Sedangkan lingkar kemudi sudah dibekali paddle shift dan cruise control.

Bagaimana dengan Indnesia? PT HPM akui tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan varian lain selain RS. Bahkan jika ada kebutuhan dan permintaan konsumen di Indonesia, HPM berniat melakukan penyesuaian untuk mendatangkan varian lain City Hatchback ke Tanah Air. Lebih lanjut Satoru Azumi, Large Project Leader Honda City Hatchback Honda Motor menyampaikan bahwa antara Thailand dan Indonesia memiliki perbedaan kondisi lingkungan dan kebutuhan yang berbeda. Sehingga mesin dan varian yang ditawarkan pun berbeda yakni 1.0-liter Turbo untuk pasar Thailand dan 1.5-liter i-VTEC untuk konsumen di Indonesia.

Baca juga: Insentif PPnBM, Kemenperin dan Gaikindo: Bisa Kerek Industri Otomotif Nasional

Honda City Hatchback RS

Di sini mendapat mesin 4-silinder 1,5-liter DOHC i-VTEC naturally aspirated. Tenaganya mencapai 120 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm. Tidak ada opsi mesin turbo 1.0L. Kalau cuma melihat sepintas, jantung pacunya sama seperti mesin Honda Jazz dan model lain berkapasitas sama. Tapi ternyata berbeda dan merupakan pengembangan enjin terbaru dari Honda. Istimewanya memakai konstruksi DOHC, berbeda dibanding lainnya yang SOHC. Diklaim tetap bertenaga dan efisiensi tetap tinggi.

Sayangnya, hingga berita ini dipublikasikan PT HPM belum merilis harga resmi Honda City Hatchback RS yang dijual di Indonesia. Padahal beberapa diler sudah mulai membuka pemesanan unit mulai hari ini dan akan didistribusikan mulai April 2021. “Kami masih mengkaji terkait harga untuk Honda City Hacthback RS, namun konsumen sudah dapat mulai memesan unitnya di diler-diler resmi di Indonesia,” kata Yusak pada peluncuran Honda City Hatchback RS. (Ndo/Raju)

Baca juga: Honda Brio RS Series Masuk Daftar PPnBM 0 Persen, Harga Beda Tipis dari Model LCGC

 

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda City Hatchback Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda City Hatchback

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang